≡ Menu
werno-werno.com

7 Alasan Perutmu Terasa Kembung

Apakah kamu pernah mengalami perutmu terasa kembung dan penuh secara tiba-tiba? Hal-hal berikut ini bisa jadi salah satu sumber penyebab dari penyakit perut yang konstan tersebut:

penyebab perut kembung

  1. Makan makanan dengan gula buatan

Saat tubuh kita tidak bisa menghancurkan gula buatan, dan begitu juga dengan bakteri di usus mencoba melakukan hal yang sama, gas akan terbentuk dan menyebabkan perut kembung. Bukan hanya gula buatan bisa meningkatkan hasrat untuk terus makan, mereka juga termasuk bahan kimia yang tidak bisa diserap dan dapat memperburuk sindrom iritasi usus besar.

  1. Berlebihan dalam mengkonsumsi serat

Walaupun mengkonsumsi banyak serat dalam dietmu itu penting, namun perut kembung bisa menjadi hasil dari serat larut (yang biasa ditemukan dalam oatmeal dan kacang-kacangan) yang membengkak dan menarik air ke dalam usus. Serat larut tidak akan hancur hingga mencapai usus besar, tempat di mana pencernaan menimbulkan gas. Sedangkan untuk serat tidak larut, yang tidak bisa dicerna, berfungsi meningkatkan waktu transit gastrointestinal dengan membantu makanan bergerak melalui tubuh dengan cepat. Jadi, awasilah asupan dari buncis, kangkung, kacang polong, sekam gandum dan buah-buahan yang kamu makan.

  1. Meminum antibiotik

Perubahan kecil dalam flora ususmu (istilah untuk mikroorganisme yang hidup di saluran pencernaan) akibat dari konsumsi antibiotik, bisa mengubah cara bergerak ususmu dan jumlah serta jenis gas yang dihasilkan. Obat penghilang rasa sakit dan zat besi juga bisa menimbulkan efek yang sama. Produksi gas Methana yang tinggi bisa dikaitkan dengan sembelit (susah BAB) dan perut kembung. Jika kamu khawatir bahwa obat-obatan yang kamu konsumsi bisa menyebabkan masalah perut, bicaralah ke doktermu tentang kemungkinan alternatif lain.

  1. Perjalanan di pesawat terbang

Baik tekanan udara yang meningkat atau tidak adanya aktivitas saat duduk selama penerbangan yang panjang, bisa menyebabkan gas semakin bertambah. Sebelum kamu naik pesawat penerbangan selanjutnya, coba makanlah makanan rendah fermentasi seperti kreker beras, stik keju, atau pisang dengan selai kacang dan minuman yang tidak berkarbonasi untuk mengurangi kemungkinan produksi gas yang berlebih.

  1. Memiliki otot perut yang lemah

Tambahkan hal ini ke dalam daftar alasan mengapa kamu harus melakukan gerakan plank selama 2 menit setiap harinya. Lemahnya otot perut bisa jadi biang kerok, terutama bagi orang yang memiliki perut yang membuncit dengan jelas. Jika otot perutmu lebih sering rileks daripada berkontraksi selama seharian, kamu akan berakhir dengan lebih banyak simpanan gas dalam ususmu. Untuk menghentikan pembengkakan pada perutmu, dianjurkan untuk bekerja sama dengan terapis fisik atau pelatih professional dalam melatih kekuatan perutmu.

  1. Sensitif terhadap karbohidrat

Apakah kamu pernah merasa seperti ada balon air di perutmu? Itu mngkin disebabkan oleh FODMAP, rantai kecil karbohidrat yang terdapat dalam maknan seperti gandum, bawang merah, bawang putih, pir, dan apel. Jika kamu sensitif terhadap FODMAP, mereka akan segera menarik air ke dalam ususmu, dan terfermentasi dengan cepat, jadi kamu dijamin hanya akan merasa kembung saat memakannya saja.

  1. Ketidakmampuan mencerna makanan tinggi fruktosa

Jika tubuhmu, terutama usus kecilmu, tidak bisa menyerap fruktosa dengan baik, kamu mungkin akan mengalami perut kembung, diare, dan masalah perut umum yang lain. Jika kamu menduga inilah penyebab perutmu kembung, maka batasilah makanan tinggi fruktosa seperti apel, madu, mangga, pir, dan segala hal yang dibuat dengan sirup jagung tinggi fruktosa.

0 comments… add one

Leave a Comment