7 Antibiotik Alami Terbaik

by Ummi on April 27, 2015

Antibiotik adalah salah satu jenis obat yang paling sering digunakan untuk merawat dan mencegah infeksi bakteri. Saat digunakan secara tepat, antibiotik mampu membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri yang biasanya menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti infeksi telinga, masalah perut dan beberapa masalah kulit.

7 antibiotik alami

Antibiotik dengan jenis berbeda bekerja untuk melawan jenis bakteri dan beberapa parasit yang berbeda pula. Dokter akan meresepkan sebuah antibiotik tergantung dari jenis kuman tertentu yang menyebabkan infeksi. Namun, penggunaan antibiotik sintetis secara berlebihan justru bisa berbahaya, karena bisa membunuh bakteri pertahanan normal tubuh yang hidup di usus dan bisa memberikan efek samping seperti diare dan muntah-muntah.

Untuk meminimalisir efek samping dan penggunaan berlebihan dari antibiotik sintetis yang dijual bebas, lebih baik gunakanlah antibiotik alami. Selain bisa membunuh bakteri, antibiotik alami juga bisa melawan infeksi virus dan jamur yang tidak bisa dilakukan oleh antibiotik sintetis. Ditambah lagi, mereka juga tudak akan membunuh bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini adalah daftar beberapa antibiotik alami :

  1. Bawang putih

Selain antibiotik, bawang putih juga bisa bertugas sebagai anti jamur dan virus. Menurut sebuah studi di tahun 1999 yang terbit di jurnal Microbes and Infections, menemukan bahwa senyawa sulfur yang disebut dengan Allicin yang terdapat pada bawang putih, bisa bertindak sebagai antibiotik. Untuk hasil yang optimal, makanlah 2-3 siung bawang putih mentah setiap hari. Sertakan pula bawang putih ke dalam setiap bumbu masakanmu.

  1. Madu

Para pakar herbal mengakui madu sebagai salah satu antibiotik alami yang terbaik. Madu juga memiliki sifat anti mikroba, anti radang,  dan antiseptik. Sebuah studi di tahun 2014 yang dipersembahkan pada pertemuan American Chemicle Society menemukan bahwa madu memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dalam beberapa tingkatan, membuat bakteri lebih sulit untuk kebal terhadapnya. Jenis madu yang paling ampuh untuk antibiotik alami adalah madu Manuka. Untuk menguatkan system kekebalan tubuh, campur 1 bagian madu murni dan organik dengan 1 bagian kayu manis bubuk, dan minum 1 kali sehari. Tambahkan pula madu ke dalam teh, jus, smoothies, atau jenis minuman lainnya ntuk menikmati manfaat kesehatannya.

  1. Kunyit

Dalam pengobatan tradisional Cina, sifat antibiotik pada kunyit telah digunakan untuk membantu menghancurkan bakteri penyebab penyakit dan meningkatkan pertahanan alami tubuh. Menurut sebuah studi di tahun 2009 menemukan bahwa aktivitas antimikroba dari bahan aktif Curcumin yang terdapat pada kunyit dalam melawan Heliobacter Pylori, menunjukkan hasil yang positif. Untuk hasil optimal, campurkan 1 sdm bubuk kunyit dengan 5-6 sdm madu. Simpan dalam termos kedap udara. Minum ramuan ini sebanyak ½ sdm, dua kali sehari.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2