7 Bahan Alami Yang Membuatmu Cantik & Sehat Luar Dalam

by Ummi on June 14, 2015

Selama ini, semua hal tentang perawatan diri telah menawarkan ratusan produk kosmetik dengan ribuan janji, yang hampir semuanya berkaitan dengan kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, ada gaya solusi yang lebih bermanfaat yang sebenarnya tersembunyi dibalik makanan yang biasanya sering kamu lihat. Disanalah kamu akan menemukan beragam nutrisi yang tidak hanya akan membuatmu tampil lebih cantik, namun juga memiliki manfaat kesehatan yang akan membuatmu merasa lebih baik. Jadi, simak daftar makanan yang akan membuatmu lebih sehat luar dan dalam berikut ini :

manfaat bahan alami

Yogurt tawar untuk kecantikan :
Untuk mengilaukan kulit : terapkan yogurt tawar ke wajah sebagai masker. Greek yogurt akan bekerja lebih maksimal karena bentuknya lebih tebal dan tidak cepat leleh. Diamkan selama 10 menit, lalu basuh dengan air hangat. Yogurt mengandung lactic acid yang akan secara lembut mengelupas sel kulit mati, melembutkan kulit dan mencerahkan warna kulit seiring berjalannya waktu.

Yogurt tawar untuk kesehatan :
Sumber probiotik : Yogurt sangat terkenal akan kandungan probiotik atau bakteri ‘baik’nya. Probiotik akan membantu menghancurkan makanan untuk mengaktifkan sIstem pencernaan yang lebih baik, serta membantu penyerapan vitamin dan mineral.

Teh hijau untuk kesehatan :
Menghilangkan mata bengkak (kantung mata) : Ambil dan seduh dua kantung teh hijau dan biarkan dingin, atau taruh mereka di kulkas hingga dingin. Terapkan masing-masing kantung untuk tiap mata, dan biarkan menutupi kelopak dan area di bawah mata selama 10 menit. Kandungan Tannin pada teh telah terbukti mampu memperbaiki perbedaan warna kulit dan antioksidan ECGC telah terkenal mampu mengurangi kebengkakan dan memar. Kafein juga bekerja untuk mengencangkan kulit sementara waktu agar penampilan wajah tampak lebih muda.

Teh hijau untuk kesehatan :
Pelawan radikal bebas. Memang manfaat meminum teh hijau banyak sekali. Diantaranya, teh hijau sangat tinggi kandungan antioksidannya yang akan melindungi tubuhmu dari kerusakan akibat radikal bebas yang bertanggung jawab atas munculnya tanda-tanda penuaan dini. Penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan mempercepat metabolisme dan oksidasi lemak.

Jus lemon untuk kecantikan  :
Mencerahkan dan mengkilapkan kuku, caranya : Peras 1 buah lemon ke dalam mangkuk kecil dan campur dengan air dalam jumlah yang sama. Rendam langsung jari-jari tangan atau jari kakimu ke larutan ini atau gosok-gosokkan larutan ini ke kuku-kuku menggunakan bola kapas. Setelah itu, pijatkan minyak zaitun ke kuku dan kutikula, untuk mencegah kekeringan. Asam alami akan membantu mengangkat noda di permukaan kuku dan bisa membunuh bakteri dan jamur.

Jus lemon untuk kesehatan :
Alat detoksifikasi : minumlah segelas air yang ditambahi perasan dari 1 buah lemon setiap hari. Ini merupakan ramuan penjernih dan pemurni darah yang baik dalam membantu tubuh melakukan detox dan menghilangkan racun. Air lemon juga bisa menyegarkan nafas.

Rumput laut untuk kecantikan :
Penyembuh dan pengencang kulit : penuhilah bak mandimu dengan rumput laut kering kemasan yang banyak tersedia di toko makanan. Kandungan mineral tinggi di rumput laut terbukti mampu membantu mengatasi beberapa kondisi seperti kulit ekstra kering, eksem dan jerawat. Lalu berendamlah selama 30-45 menit untuk meraup manfaat sepenuhnya. Dan karena rumput laut juga sangat efektif dalam mengusir keluar racun, ia dipercaya mampu mengencangkan kulit dan menghilangkan selulit.

Rumput laut untuk kesehatan
Pengusir penyakit. Rumput laut atau tumbuhan laut lainnya diduga mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dibanding dengan makanan yang lain. Beberapa manfaat rumput laut adalah meningkatkan kesehatan fungsi tyroid, menguatkan kuku, rambut dan kulit, serta pencegah kanker.

Cuka apel untuk kecantikan
Pembersih kulit dan ketombe. Campur 1 bagian apel dengan 4 bagian air. Bilas rambutmu dengan larutan ini di shower. Asam alaminya akan membantu menyingkirkan sisa produk rambut dan kelebihan minyak, dan mengembalikan kilau alami rambut. Sifat pembersihnya dipercaya banyak orang mampu membuka sumbatan folikel rambut dan mencegah kerontokan. Saat digunakan sebagai pembersih (toner), atau campuran saat mandi, cuka apel membantu mengembalikan pH alami kulit yang seimbang dan mencegah noda hitam dan jerawat.

Cuka apel untuk kesehatan :
Anti jerawat : saat digunakan sebagai pengobatan internal, ada banyak bukti yang mengklaim cuka apel bisa membersihkan jerawat dari dalam. Sehingga disarankan untuk meminum 1 Sdm cuka apel yang dicampur dengan segelas air setiap hari, menggunakan sedotan. Ramuan ini juga dipercaya mampu menyeimbangkan kembali pH tubuh dan meregulasi kadar gula dalam darah.

Stroberi untuk kecantikan :
Pemutih gigi. Caranya : hancurkan beberapa stroberi dan pijatkan ke gigi selama beberapa kali sehari. Kandungan Alpha Hydroxy Acid-nya lembut bagi gigi dan sangat efektif untuk mencerahkan noda sebab makanan dan minuman, dan akan memutihkan gigi.

Stroberi untuk kesehatan :
Stroberi adalah sumber vit C yang baik dan kaya antioksidan. Mereka juga rendah dalam indeks glikemiknya, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

Pisang untuk kecantikan :
Penghalus kulit : haluskan satu buah pisang matang dan pijatkan ke kaki serta ketiak saat mandi. Ia juga akan menghaluskan rambut dan kulit dan saat digunakan sebagai pelembab sebelum mencukur. Pisang akan mencegah luka akibat mesin pencukur. Emolien dalam pisang mengatasi kulit kering dan membuat kulit kenyal, lembut dan berkilau.

Pisang untuk kesehatan
Penambah energi. Pisang kaya akan vit B6, potassium dan asam folat. B6 dan potassium menyediakan energi dan mengirim oxygen ke otak. Asam triptofan juga menstimulasi produksi serotonin, hormon yang menimbulkan perasaan bahagia, dan juga meningkatkan mood dan mengurangi depresi.