7 Bahan Dapur Untuk Atasi Berbagai Penyakit

by Ummi on March 24, 2015

Pasti kamu semua pernah mengalami yang namanya sakit gigi, sakit kepala, hingga sakit telinga. Kebanyakan dari kita mengobati rasa sakit tersebut dengan meminum obat-obatan pereda nyeri atau anti radang yang biasa dijual bebas di pasaran. Namun, mengapa kamu harus repot membeli obat jika ada banyak pereda nyeri alami yang tersedia di rak dapur dan laci bumbumu yang juga sama-sama manjurnya?

bahan dapur yang berkhasiat obat

Beberapa penelitian menunjukkan adanya keefektifan berbagai pereda nyeri alami yang terkandung dalam beberapa bahan masakan. Tentu saja, jika sakit yang kamu derita bertambah parah, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Berikut ini adalah 7 bahan dapur yang bisa kamu jadikan solusi untuk mengatasi penyakit yang kamu derita :

  1. Tembakau untuk sakit gigi

Entah karena menderita sakit yang ringan atau akut pada gigi atau area sekitar rahang, itu bisa membuat sesorang menjadi gila. Penyebab umum dari sakit gigi adalah gigi berlubang, gigi patah, dan penyakit gusi. Tembakau adalah perawatan rumahan terbaik untuk mengobati sakit gigi. Kandungan Eugenol yang terdapat pada tembakau memiliki sifat anastesi (bius) yang alami. Caranya : kunyahlah tembakau secara perlahan untuk meredakan sakit gigi atau radang gusi. Pilihan lain adalah dengan meneteskan sedikit minyak temabakau di atas kapas, lalu letakkan pada bagian gigi yang sakit. Selain itu, sifat antisepteik dan anti bakteri dari temabakau bisa membantu mencegah infeksi. Bahkan kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung tembakau sebagai bahan utamanya untuk menggosok gigi dua kali sehari.

  1. Cuka sari apel untuk atasi asam urat / rematik (Arthritis)

Seiring usia, beberapa orang kerap menderita berbagai macam nyeri Arthritis, yang merupakan peradangan dari satu atau lebih sendi dalam tubuh. Arthritis dapat menyerang lutut, pinggul, tangan, jari-jari atau sendi lain di seluruh tubuh. Salah satu gejala utama adalah rasa nyeri yang bisa ringan hingga parah. Untuk nyeri arthritis jenis apapun, perawatan rumahan yang terbaik adalah cuka apel. Cuka apel membantu mengurangi nyeri dan kekakuan pada sendi, berkat sifat anti inflamasinya. Plus, bisa juga membantu menyingkirkan penumpukan racun dalam sendi dan jaringan ikat. Caranya : campur satu sendok teh cuka apel yang mentah dan tanpa disaring dengan madu ke dalam segelas air hangat. Minum 2 kali sehari, sebelum makan.

  1. Kunyit untuk nyeri sendi

Nyeri sendi di lutut, bahu, dan pinggul bisa membuatmu kesulitan untuk menjalani berbagai aktivitas dari hari ke hari. Untuk mengatasi nyeri sendi yang ringan, rak bumbumu menyimpan obat terbaik berupa kunyit. Bahan aktif Curcumin dalam kunyit, merupakan bahan anti inflamasi potensial yang setara dengan obat bebas seperti NSAID. Caranya : campur 1 sdt bubuk kunyit dan sedikit madu ke dalam segelas susu hangat. Minum dua kali sehari, setidaknya untuk beberapa hari.

  1. Minyak zaitun untuk sakit telinga

Sakit telinga adalah kondisi yang sangat tidak nyaman, yang lebih sering dialami oleh anak kecil daripada orang dewasa. Biasanya, sakit telinga terjadi akibat infeksi, penumpukan cairan di telinga bagian tengah, flu, atau adanya halangan di saluran nasal. Utnuk menangani sakit telinga, kamu bisa gunakan minyak zaitun yang memiliki sifat anti inflamasi dan juga anti microbial. Caranya : letakkan 3 atau 4 tetes minyak zaitun hangat ke dalam lubang telinga menggunakan alat penetes. Ini juga bisa membantu mencegah infeksi dan menghentikan sensasi mendengung di dalam telinga. Kamu juga bisa meletakkan kompres yang hangat dan lembab di sekitar telinga yang sakit selama beberapa menit untuk mendapatkan kelegaan dari rasa sakit yang kamu derita.

    *Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

    Page: 1 2