7 Bahan Kosmetik yang Ampuh Melembutkan Kulit

by Ummi on May 2, 2014

Saat ini, banyak sekali dijual berbagai macam jenis pelembab dengan beragam merek yang menawarkan dan menjanjikan kulit yang halus, lembut dan bercahaya. Akan tetapi, memilih bahan yang bisa melembutkan kulitmu sangatlah sulit. Karena banyak sekali bahan komposisi kosmetik yang tertera dilabelnya, sehingga membuat kamu bingung harus memilih yang mana. Ketika kamu membeli sebuah krim kulit, kamu pasti ingin salah satu yang bekerja paling baik tidak hanya dalam melembabkan, tapi juga melembutkan seluruh kulit tubuh. Simaklah 7 komposisi kosmetik berikut ini yang akan ampuh melembutkan kulitmu, yang bisa dijadikan panduan:

7 Bahan Kosmetik yang Ampuh Melembutkan Kulit

1. Hyaluronic acid

Dari namanya, terdengar bahwa bahan ini akan keras diterapkan pada kulitmu, tapi asam hyaluronic sebenarnya termasuk salah satu bahan terbaik yang akan melembutkan kulitmu. Asam ini memiliki efek yang sangat kuat dalam proses peremajaan sel kulit.  Selain itu, juga akan menguatkan jaringan ikat dan melembabkan kulit. Oleh karena itu, asam hyaluronic merupakan salah satu bahan yang harus kamu cari saat akan membeli krim kulit.

2. CoEnzyme Q-10

Kedengarannya nama ini cukup ilmiah, tapi CoEnzyme Q-10 sebenarnya juga merupakan bahan yang dibuat secara alami oleh tubuh. Namun, dengan menggunakan losion atau krim kulit yang mengandung itu, kamu bisa benar-benar meningkatkan apa yang sudah tersedia untuk melembutkan kulit disekujur tubuhmu. Bahan ajaib ini  adalah sebuah antioksidan, yang bisa berguna melawan kerusakan akibat radikal bebas dan bisa membuat kulitmu terasa halus, muda dan tetap cantik tidak peduli berapa usiamu.

3. Retinol

Sangat mudah sekali menemukan produk perawatan kulit yang mengandung Retinol, baik itu berupa losion ataupun krim. Retinol sebenarnya adalah bahan ajaib yang mampu melawan penuaan dini, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, serta memerangi bintik-bintik hitam yang muncul seiring bertambahnya usia. Retinol menempati urutan tertinggi dalam hal melembabkan kulit. Gunakanlah produk yang mengandung retinol untuk mengganti sel-sel kulit tua dan menampakkan bagian yang lembut, dan sehat yang ada dibawahnya.

4. Babassu

Babassu termasuk bahan yang jarang didengar, tapi ternyata menjadi bahan yang perlu juga untuk diperhatikan. Babassu adalah sejenis lilin yang terbentuk secara alami, dan jika dicampurkan kedalam losion atau krim, akan sangat berguna dalam melembabkan, sehingga dapat benar-benar melembutkan kulitmu. Yang terhebat dari babassu adalah bahwa ia tak akan membuat kulitmu seperti minyak yang licin. Selain itu, bahan ini juga aman digunakan pada eksim.

5. Ceramide

Permata kecil ini bekerja dengan cara membantu kulit kamu dalam mempertahankan kelembaban, yang bisa memberikan penampilan kulit yang lebih halus, dan muda. Ceramide sangat umum digunakan dalam produk perawatan kulit dan sangat berperan besar dalam menyamarkan garis-garis halus dan kerutan selain juga mengenyalkan kulit dan membuatmu tampil mempesona. Ceramide juga sangat efektif merawat dan mengurangi  gejala-gejala eksim.

6. Acai oil (minyak dari berri acai)

Kamu mungkin pernah mendengar jika berri jenis acai adalah sebuah makanan super karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Hasilnya, banyak produsen losion dan krim kulit yang menggabungkan minyak acai berries ke dalam produk mereka. Saat diterapkan pada kulit, minyak ini bekerja untuk menghaluskan keriput.

7. Polyphenols

Ada banyak jenis polifenol dan sebagian besar masuk ke kategori antioksidan. Kebanyakan Polifenol berasal dari tumbuh-tumbuhan dan sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulitmu. Polifenol juga terkait dengan pengurangan tampilan garis-garis halus dan kerutan pada wajah, yang bisa menghaluskan dan membuat wajah kamu tampak awet muda. Ekstrak teh hijau adalah salah satu polifenol yang paling populer yang bisa kamu temukan dalam produk perawatan kulit.

Baca juga ya, tips melembutkan kulit dengan daun salam..