7 Bahaya Terlalu Banyak Garam Dalam Makananmu

by Ummi on July 14, 2015

Memang benar kata pepatah untuk meenggambarkan sesuatu yang kurang lengkap tanpa adanya hal tertentu dengan menggunakan istilah “Bagai sayur tanpa garam”. Yap! Sebuah makanan akan terasa hambar dan kurang sempurna kalau tidak dibumbui garam. Namun waspadalah! Terlalu banyak mengkonsumsi garam dalam dietmu bisa memberikan efek negatif pada kesehatanmu. Berikut adalah 7 bahaya terlalu banyak garam (sodium) dalam pola makanan sehari-harimu :

bahaya terlalu banyak garam

1. Tekanan darah tinggi

Asupan makanan tinggi sodium atau garam adalah penyebab nomer 1 terkena penyakit Hipertensi. Sodium akan mengatur keseimbangan air dalam tubuh. Kadar darah yang tinggi sodium akan meningkatkan pengangkutan molekul air ke pembuluh darahmu, sehingga meningkatkan volume darah dan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengurangi asupan sodium melalui pola makan bisa menurunkan tekanan darah sebesar 25 % yang bisa secara signifikan mengurangi resikomu terkena penyakit cardiovascular.

2. Gagal jantung dan ventricular hyperthrophy

Pertumbuhan jantung yang abnormal adalah alasan lain mengapa asupan tinggi garam bisa merusak jantungmu. Volume darah yang terlampau tinggi bisa membuat jantungmu bekerja lebih keras, membuatnya membengkak dan melemah. Penelitian telah menunjukkan bahawa asupan garam yang tinggi bisa menjadi penyebab langsung ventricular hypertrophy, yang merupakan faktor kuat bagi gagal jantung dan penyakit kardiovaskular yang lain.

3. Osteoporosis dan pertumbuhan tulang yang lemah

Sodium akan menghambat penyerapan dan pengumpulan kalsium oleh tubuhmu. Studi telah menunjukkan bahwa diet tinggi garam bisa menyebabkan hilangnya kepadatan tulang, meningkatkan peluangmu terkena beberapa syndrome seperti tulang rapuh dan osteoporosis.

4. Batu ginjal dan gagal ginjal

Kelebihan kalsium dan sodium yang tidak digunakan oleh tubuhmu akan terkumpul dalam urinmu, meningkatkan muatan penyaringan ginjalmu. Banyak bukti menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi makanan asin akan lebih mungkin terkena batu ginjal dan secara umum memiliki fungsi ginjal yang lemah. Melonjaknya tekanan darah dan volume darah bisa lebih jauh mempercepat kerusakan pada ginjalmu dan dengan signifikan meningkatkkan potensimu terkena penyakit ginjal dan gagal ginjal.

5. Dehidrasi dan edema

Asupan garam yang berlebihan juga bisa menyebabkan cairan bocor keluar dari sel dan pembuluh darahmu dan menjadi terjebak dalam jaringanmu. Kamu bisa merasakan kehausan yang intens, dan meminum air dalam jumlah banyak, namun masih tetap dehidrasi juga. Kamu juga bisa mengalami kaki bengkak yang parah, begitu pula pada pergelangan sendi kaki dan bagian tubuh yang lain. Mengurangi asupan garam bisa dengan efektif mencegah dehidrasi dan edema.

6. Kesulitan bernafas

Terlalu banyak sodium juga bisa menyebabkan penumpukan cairan di paru-parumu, mengakibatkan nafas yang terengah-engah dan berat.

7. Ketidakseimbangan hormon dan elektrolit

Asupan garam berlebih bisa mempengaruhi pada keseimbangan elektrolit dan hormonmu. Hal itu sangat dapat menghambat konduksi impuls syaraf dan menimbulkan beberapa gejala seperti pusing, kram otot, dan gemetaran. Kamu juga bisa memiliki gangguan respon sensorik serta merasa linglung dan mual. Studi telah menunjukkan bahwa diet tinggi garam bisa cenderung mendorong kadar stress yang lebih tinggi serta makan terus, membuatmu lebih rentan terhadap depresi, kecemasan, dan obesitas.