7 Cara Ampuh Untuk Mengobati Nyeri Otot / Pegal-pegal

by Ummi on July 30, 2015

Rasa tidak nyaman yang biasanya terjadi antara 24 dan 28 jam setelah aktivitas fisik disebut juga dengan nyeri otot. Hal ini sering terjadi jika kamu tidak biasa berolahraga atau kurang pemanasan sebelum olahraga. Ketegangan otot yang ringan akan menciptakan koyakan microscopic (super kecil) pada serat otot, sehingga akan mengakibatkan sedikit nyeri di otot. Rasa sakit dan nyeri ini mestinya cukup ringan dan hanyalah merupakan indikasi bahwa ototmu beradaptasi dengan rutinitas olahragamu. Agar rasa nyeri yang kamu alami bisa segera teratasi, simak 7 cara untuk meringankan nyeri otot berikut ini:

cara atasi nyeri otot

1. Gerakkan tubuhmu

Hal terakhir yang mungkin ingin kamu lakukan saat mengalami nyeri otot adalah lebih banyak bergerak. Namun, dengan melakukan jalan-jalan atau bangun dari kursi kerjamu akan membantu menghilangkan nyeri otot dan menjadi tidak terlalu kaku. Bergerak juga akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot yang pegal dan memudahkan pemecahan asam laktat (hasil alamiah yang menyebabkan sensasi terbakar pada otot saat tubuhmu sedang kelelahan).

2. Lakukan pemanasan

Saat berlatih, selalu awali dengan pemanasan yang memadai. Membuat otot dan urat tendonmu siap untuk aktivitas berat adalah kunci untuk mencegah terjadinya cidera.

3. Peregangan

Regangkan setiap otot dan pertahankan peregangannya selama 20 hingga 30 detik. Tapi, jangan pentalkan ototmu. Lebih baik, tahan posisinya dengan mantap.

4. Mandi air es

Saat ototmu sangat kaku dan kakimu benar-benar terasa pegal, maka melakukan mandi air es selama 10 menit akan melakukan keajaiban. Tambahkan 2 sendok garam ke dalam air hangat, lalu tambahkan 2 kantong es batu dan air dingin ke dalam bak mandimu. Hal ini mungkin pasti sangat dingin. Namun percayalah, kamu juga akan merasa lebih baik lagi saat kamu selesai berendam. Itulah mengapa para atlet professional biasanya segera berendam di tangki air dingin sesaat setelah latihan berat.

5. Siram bagian otot yang nyeri

Jika kamu tidak cukup tahan dengan mandi air es, maka coba teknik “flushing” yang populer. Caranya, alirkan air panas pada otot yang pegal selama 2 menit, lalu segera ganti dengan mengalirkan air dingin selama 30 detik. Ulangi hal ini selama 5 kali. Pergantian antara air panas dan dingin akan membuka dan menutup pembuluh darahmu, sehingga membantu menyiram keluar asam laktat dari ototmu yang nyeri.

6. Makan banyak protein

Salah satu cara membantu memulihkan otot lebih cepat adalah dengan mengisinya kembali dengan protein. Otot bagaikan spons yang menunggu untuk diisi ulang cadangan energinya yang telah habis selama olahraga. Protein memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh dan salah satu yang utama adalah membangun model otot dan memulihkan otot dengan cepat.

7. Minum banyak air

Tanpa air, tubuh kita tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Dehidrasi akan menyebabkan tubuh menjadi kram, menambah parah nyeri yang sudah ada. Jadi, pastikan kamu mendapatkan asupan cairan yang cukup.