7 cara mudah mengatasi dan menghilangkan stress

by Ummi on November 7, 2014

Stress merupakan suatu kondisi yang dinamis dan tidak menentu yang dialami seseorang saat dihadapkan pada suatu tantangan, peluang, atau sumber daya tertentu yang sangat diinginkan oleh orang tersebut. Stress bisa dialami oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Stress bisa menimbulkan berbagai efek buruk bagi kesehatan fisik ataupun psikologi. Orang yang mengalami stress, akan mudah sekali terkena tekanan darah tinggi, sakit kepala, sariawan, sering marah dan jengkel, susah tidur, selalu merasa cemas, dan masih banyak lagi. Agar stress yang kamu alami bisa segera teratasi dan tidak bertambah parah, maka simak 7 cara mudah mengatasi stress berikut ini:

7 cara mudah mengatasi dan menghilangkan stress

1. mendengarkan musik

Jika kamu merasa tertekan dan kewalahan dengan situasi yang membuat stress, cobalah untuk santai sejenak dan dengarkan musik klasik yang akan membuatmu rileks. Memainkan musik yang kalem bisa memberikan efek yang positif pada otak dan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi Cortisol, hormon yang berhubungan erat dengan stress. Jika kamu bukan tipe orang yang suka dengan musik klasik, kamu bisa menggantinya dengan mendengarkan bunyi-bunyian dari alam seperti deburan ombak, kicauan burung, gemericik air sungai, atau suara alam yang lain.

2. telepon teman atau orang terdekat

Jika kamu masih merasa resah dan gundah, cobalah untuk menelepon teman atau orang terdekat untuk membicarakan masalahmu. Curhat dengan teman atau orang terdekat sangatlah penting untuk membentuk gaya hidup yang sehat. Mendengar suara yang meyakinkan dan menguatkan kita, meskipun hanya satu menit bisa membantu membawa semua masalah dalam perspektif yang positif.

3. yakinkan dirimu bahwa kamu bisa melewatinya dengan baik

Terkadang, meminta bantuan orang lain bukanlah suatu solusi yang tepat. Jika hal ini terjadi, maka bicara pelan-pelan pada dirimu sendiri merupakan solusi terbaik. Jangan khawatir jika hal ini kelihatannya gila. Katakan pada dirimu sendiri, kenapa kamu harus stress, langkah apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas dan permasalahan yang kamu hadapi, dan yang terpenting, yakinkan dirimu bahwa semua akan baik-baik saja.

4. makan dengan benar

Tingkat stress dan diet yang tepat sangat erat kaitannya. Sayangnya, saat kita sedang terlalu sibuk kerja, kita akan lupa makan dengan baik dan lebih memilih makanan mengandung gula tinggi dan camilan berlemak sebagai menu makanan yang praktis. Cobalah untuk menghindari makanan olahan atau cepat saji, dan beralihlah mengonsumsi buah-buahan, sayur, atau ikan yang kaya Omega-3 yang terbukti ampuh untuk mengurangi gejala stress.

5. cobalah untuk tertawa

Saat kita tertawa, tubuh akan mengeluarkan zat Endorphin yang bisa meningkatkan mood, serta mengurangi produksi hormon Cortisol dan Adrenaline yang menjadi penyebab dari stress. Tontonlah acara komedi atau video lucu untuk bisa membuatmu merasa senang dan tertawa.

6. minum secangkir teh hijau

meminum minuman yang mengandung kadar caffeine tinggi bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah, dan memicu kenaikan adrenalin yang tak terkendali. Hindari minum kopi atau minuman berenergi, dan cobalah untuk meminum teh hijau yang mengandung banyak antioksidan dan asam amino Theanine yang bisa memberikan efek menenangkan dan perasaan nyaman pada system saraf. [Baca; Manfaat Teh Hijau]

7. tidur yang cukup

semua orang pasti tahu, jika dalam kondisi stress, kita akan susah untuk tidur. Namun, kurang tidur justru akan menjadi pemicu stress. Untuk itu, matikan TV atau gadget lain lebih awal, aturlah waktumu, dan lakukan cara terbaik agar bisa cepat tidur. Hal ini meruapakan cara paling efektif untuk meredakan stress..