≡ Menu
werno-werno.com

7 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Alis

Alis. Mungkin sebagian dari kita berpikir, apa fungsi dan alasan kita mempunyai bagian wajah yang satu ini ? bentuknya yang kecil, sering luput dari perhatian kita. Lalu, mengapa alis terletak di bagian paling atas dari wajah? Penasaran dengan jawabannya? Simak 7 fakta mengenai alis mata berikut ini:

7 fakta menarik tentang alis mata

  1. Alis berguna untuk melindungi organ mata

Berdasarkan sejarah kehidupan manusia, kebanyakan dari rambut yang ada di tubuh manusia telah banyak menghilang, namun tidak untuk rambut yang satu ini. Dan ada alasan bagus dibalik itu. Seperti halnya bulu mata, alis mata akan mengusir pergi keringat atau kotoran yang akan masuk ke mata, sehingga tidak akan menghalangi penglihatan kita. Alis juga akan menangkis hujan, dan memaksa tetesan air hujan turun ke bagian sisi dari wajah kita, bukannya langsung masuk ke mata.

  1. Alis sangat krusial bagi pengenalan wajah

Parapeneliti dari MIT menemukan bahwa wajah yang tanpa alis mata, bagaikan daratan tanpa batas penanda. Sehingga hampir tidak mungkin untuk mengenali mereka. Dalam penelitian mereka, para peserta dimintai untuk mengidentifikasi foto dari seleibritis dengan satu persyaratan : alis mata para selebriti tersebut ditiadakan. Yang menarik, para peserta hanya mengenali sekitar 46% dari wajah tersebut. Bahkan mereka kesulitan dalam mengenali wajah artis yang benar-benar terkenal sekalipun seperti Richard Nixon.

  1. Alis sangat kritis bagi komunikasi non-verbal

Disamping bibir, alis adalah bagian wajah yang paling ekspresif. Coba pikirkan! Kamu bisa mengungkapkan dengan tepat apa yang seseorang rasakan hanya berdasarkan pada gerakan wajah mereka. Jika alis seseorang berkerut, mungkin dia sedang marah. Jika orang tersebut menaikkan salah satu alisnya, itu bisa berarti mereka merasa ingin tahu / bingung. Jika sesorang merasa terkejut, kedua alisnya akan di angkat.

  1. Kebanyakan orang memiliki 250 helai rambut di tiap alisnya

Rambut tersebut bervariasi dari segi panjang, ketebalan, dan arahnya. Kamu mungkin telah menyadari bahwa rambut yang terdekat dengan hidung akan mengarah ke atas, sementara mereka akan mulai menuju ke luar setelah mencapai lengkungan.

  1. Alis akan rontok secara teratur

Rambut alis memiliki rentang hidup sekitar 4 bulan, yang berarti alis yang kamu miliki saat Tahun Baru yang lalu, bukanlah alis yang kamu punya di wajahmu sekarang ini. Perbandingannya : rambut kepala memiliki daur hidup yang lebih lama sekitar 3-7 tahun.

  1. Bentuk dari alismu mungkin bisa memprediksikan kepribadianmu

Berdasarkan buku ‘Amazing Face Reading’ karangan Marc Fuller, jika kamu mempunyai alis yang lurus, kamu mungkin termasuk orang yang lebih berorientasi kepada fakta dan langsung to the-point. Jika alismu sedikit melengkung, kamu cenderung lebih berorientasi pada pribadi seseorang.

  1. Alis akan mulai memutih seperti halnya rambut yang lain

Namun untungnya, alis akan membutuhkan waktu beberapa tahun lebih lama setelah kepalamu mulai beruban..

0 comments… add one

Leave a Comment