7 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Tidur Nyenyakmu

by Ummi on June 19, 2015

Memang, penyebab kita susah tidur itu banyak sekali. Salah satunya kita sering melakukan kebiasaan yang bisa mengganggu pola tidur kita. Tidak cukup tidur, bisa berakibat buruk pada kesehatan kita, dan telah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis seperti darah tinggi, depresi, diabetes dan obesitas. Sebaliknya, tidur cukup yang berkualitas sangatlah penting untuk fungsi kognitif, fisik dan sosial kita. Tidur adalah perilaku kompleks yang melibatkan komponen psikis dan biologis. Apa kamu ingin mendapatkan tidur yang lebih baik dan berkualitas? Hindari kebiasaan buruk yang bisa merusak tidurmu berikut ini:

kebiasaan buruk yang merusak tidur

1. Terlalu banyak kerja

Bedasarkan studi di tahun 2014 oleh American Academy of Sleep Medicine, bekerja adalah biang kerok utama yang bisa membuat seseorang tidak mendapatkan cukup tidur. Tidur yang terlalu sebentar (kurang dari 5 jam) juga bisa menyebabkan masalah memori, dan bisa membuat seseorang lebih mudah bereaksi secara emosional saat menghadapi stress. Untuk mengatasinya, meski kamu tidak mungkin untuk berhenti bekerja, kamu bisa menyiasati dengan berangkat kerja lebih awal atau menjadwalkan program kerja yang lebih fleksibel.

2. Tetap berkutat dengan smartphone atau alat elektronik lain sebelum tidur

Banyak ahli yang menganjurkan untuk tidak menggunakan smartphone di kamar tidur, karena e-mail yang membuat anda stress serta dering dan vibrasi dari ponsel bisa saja menganggu tidurmu. Disamping itu, paparan elektronik saat mendekati waktu tidur bisa merangsang baik fisik atau psikismu. Hal itu bisa mengacaukan ritme circadian karena paparan sinar biru dari perangkat elektronik akan mengakibatkan waktu yang lebih lama untuk tidur, mengurangi melatonin dan mengurangi kewaspadaan di esok paginya. Untuk mengurangi dampak buruk paparan sinar biru dari perangkat elektronik, peneliti di Mayo Clinic menyarankan untuk meredupkan tingkat cahayanya dan meletakkannya dalam jarak ± 14 inchi dari wajahmu.

3. Sering terbangun dari tidur

Meski kamu berada di ranjang selama 8 jam, namun jika kamu sering terbangun, entah karena ada cahaya atau suara berisik sedikit, kamu mungkin merasa kalau kamu belum bisa beristirahat sama sekali. Jenis tidur yang seperti ini (sering terbangun) telah dikaitkan dengan kesulitan berpikir, perhatian dan fokus yang lebih pendek serta suasana hati yang buruk. Meski gangguan tidur ini cuma berlangsung 5 menit, mereka sudah memiliki konsekuensi yang serius. Untuk membatasi gangguan selama tidur, rubah mode ponselmu menjadi ‘sleep’ saat jam tidur, atau gunakan penutup mata dan telinga agar tidak terganggu saat tidur.

4. Kecanduan kafein

Meski kafein bisa membantu meningkatkan kewaspadaan di sepanjang hari, kafein akan berdampak negatif dengan tetap berada di tubuhmu selama beberapa jam setelah dikonsumsi, yang berarti membuatmu lebih susah untuk tidur. Sebagai sebuah stimulant, kafein juga bisa menyebabkan insomnia atau gangguan tidur. Memang banyak dari kita yang tidak bisa lepas dari kafein, namun minum lebih sedikit kafein, khususnya di jam-jam sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidurmu di malam hari.

5. Mengabaikan sakit kepala dan rasa nyeri

Rasa tidak nyaman pada tubuh bisa menghalangi kita untuk bisa tidur dengan nyenyak. Penyakit seperti sakit kepala, radang, sakit punggung dan asam urat bisa mempengaruhi tidur nyenyakmu. Untuk itu, disarankan untuk segera melakukan pengobatan terhadap gejala penyakit yang diderita, rajin olahraga, serta mempertahankan berat badan yang ideal.

6. Kurang olahraga

Banyak orang malas berolahraga karena merasa terlalu capek untuk melakukannya. Namun, olahraga teratur telah terbukti mampu meningkatkan kualitas tidurmu dan mengurangi perasaan mengantuk sepanjang hari. Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam Mental Health and Physical Activity menemukan bahwa melakukan 150 menit olahraga sedang hingga berat selama seminggu bisa menghasilkan 65% peningkatan dalam kualitas tidur. Untuk itu, pertimbangkan untuk meningkatkan olahragamu agar bisa tidur malam dengan lebih baik.

7. Melakukan aktivitas lain di tempat tidur

Apakah kamu merasa belum lelah dan mengantuk saat berada di tempat tidur? Tapi, dengan menggunakan lingkungan tempat tidur untuk mengerjakan tugas, mengobrol, nonton TV atau hal lain daripada digunakan untuk tidur, bisa menciptakan perasaan terjaga, bukannya malah mengantuk. Idealnya, kamar tidur seharusnya bisa 60-69 %  lebih gelap, tenang dan nyaman.