7 Kegunaan Tak Terduga dari Gula

by Ummi on June 15, 2015

Sugar! Siapa yang tidak suka dengan bahan pemanis ini. Selain rasa manisnya bisa menjadikan berbagai jenis makanan dan minuman semakin enak dan lezat, tekstur berpasir halusnya juga ampuh untuk beragam perawatan wajah dan tubuh. Jika kamu termasuk orang yang gemar menggunakan bahan perawatan alami, kamu mungkin sudah paham jika baking soda dan garam memiliki banyak kegunaan dalam perawatan kulit. Tapi tunggu dulu! Gula ternyata juga bermanfaat untuk kecantikanmu, mulai dari wajah hingga kaki. Ingin tahu apa saja kegunaan tak terduga dari gula? Simak ulasannya berikut ini.

manfaat gula untuk kecantikan

1. Melembutkan bibir
Jika bibirmu terasa kering bahkan pecah-pecah, kamu bisa gunakan gula untuk mengatasinya. Caranya : ambil sedikit air dan letakkan di jari-jari tanganmu, lalu celupkan ke dalam butiran gula pasir. Terapkan secara perlahan dengan gerakan memutar ke bagian bibir untuk mengelupas sel kulit mati.

2. Menghaluskan kulit saat eksfoliasi
Gula juga bisa dijadikan bahan ampuh untuk mengelupas sel kulit mati di wajah atau tubuh. Caranya : campur secangkir gula aren dengan sediklit pisang yang telah dihaluskan untuk membentuk body scrub yang bisa melembabkan serta menghaluskan kulit dengan bau yang harum.

3. Mencokelatkan tubuh
Apakah kamu biasa berjemur di pantai untuk mencokelatkan tubuh? Kini, kamu tidak perlu repot-repot mengunjungi pantai untuk mendapatkan kulit cokelat eksotis. Cukup campur gula dengan minyak untuk membentuk bocy scrub yang akan bekerja dengan brilian pada punggung kaki dan bahumu dalam mendapatkan kilau cokelat yang sempurna tanpa perlu bantuan matahari.

4. Membuat kakimu tidak terlalu kasar
Agar kakimu terasa lembut dan tidak kasar serta kaki menjadi mulus dan indah, campur gula dan minyak esensial peppermint, lalu gosokkan campuran ini ke telapak kaki saat mandi untuk perawatan scrub pedicure rumahan yang akan mengelupas sel kulit mati dan kering. Minyak peppermint memiliki efek mendinginkan pada kulitmu. Sangat pas untuk cuaca yang sedang panas.

5. Membersihkan Tangan Berminyak
Apakah kamu baru saja memasak atau makan makanan yang berlemak dan berminyak? Tentu tanganmu akan terasa lengket dan licin penuh minyak. Untuk mengatasinya, cucilah tanganmu menggunakan gula. Gula bisa berperan sebagai bahan abrasif (pengikis) yang lembut, yang akan memungkinkanmu menyingkirkan lapisan minyak yang tebal tanpa menggunakan bahan kimia yang keras.

6. Menghaluskan Cukuran Kaki
Ingin mendapatkan hasil cukuran yang lebih halus? Kelupaslah sel kulit mati dari kakimu dengan menerapkan butiran halus gula aren yang dibasahidalam gerakan memutar, lalu bilas. Hal ini akan membantu alat cukurmu untuk bisa memotong lebih dekat ke akar rambut sehngga cukurannya akan tampak halus.

7. Membuat tanganmu terlihat muda
Jika kamu menginginkan tampilan tangan yang muda dan segar, campurlah secangkir gula aren dengan 1/3 cangkir minyak zaitun plus kapsul vitamin E. ini akan menjadi ramuan scrub manicure yang ampuh untuk mencerahkan tangan. Setelah dioleskan ke seluruh tangan, bilas dan keringkan tanganmu. Dan kamu siap untuk menerapkan beberapa motif lukisan kuku yang cantik.