7 Makanan Yang Justru Membuatmu Semakin Lapar

by Ummi on February 1, 2015

Memakan makanan ringan dengan rasa yang gurih, atau minuman diet soda memang akan terasa mengasyikkan dan menggoyang lidah kita. Namun, kamu perlu waspada! Beberapa makanan ternyata malah justru akan membuatmu semakin merasa bertambah lapar dan pada akhirnya membuatmu tidak bisa mengendalikan nafsu makan yang berujung pada kenaikan berat badan & obesitas. Ketahui makanan aoa saja yang sebenarnya malah membuatmu bertambah berikut ini:

daftar makanan yang membuatmu semakin lapar

  1. Aneka keripik

Makanan ringan (snack) yang asin, bisa membuatmu lebih merasa lapar karena mereka penuh dengan garam, yang lumayan membuatmu dehidrasi (kekurangan cairan) dan mengacaukan tubuhmu sehingga semakin merasa lapar karena kamu sangat kehausan. Dan camilan yang rasanya asin biasanya rendah protein dan serat, sehingga dengan cepat akan menambah kalori tanpa menambahkan nilai gizi yang banyak.

Solusinya : ganti camilan asinmu dengan camilan buatan sendiri yang lebih sehat, seperti kentang goring, keripik bayam, atau keripik sukun yang mengandung serat dan kamu bisa mengatur sendiri jumlah takaran garamnya.

  1. Minuman diet soda

Beberapa studi mengaitkan makanan/ minuman yang banyak mengandung gula buatan, bisa membuatmu bertambah lapar. Bagaimana bisa? Pemanis buatan yang terkandung dalam minuman diet soda, akan mengaktifkan rasa dan sistem ‘hadiah’ Anda. Namun, saat kamu tidak makan sesuatui yang nyata, kamu hanya akan mendapatkan rasanya saja,  dan tidak ada ‘hadiah’ yang nyata (hanya rasa manis buatan, bukan gula asli). Sehingga pada akhirnya, saat tubuhmu mempersiapkan diri menerima kepuasan, tapi tidak mendapatkannya, kamu masih akan terus berhasrat akan sesuatu yang manis.

Solusinya : minumlah diet soda hanya 1 kaleng saja sehari, idealnya setelah makan siang. Sehingga kamu akan merasa sudah cukup makan dan tidak ngidam untuk minum soda yang lebih banyak lagi.

  1. Snack Bar (cemilan batangan)

Seperti halnya diet soda, apapun yang penuh dengan gula buatan/ pengganti, dapat memicu rasa lapar karena kamu hanya merasakan sesuatu yang manis, tapi tidak mendapatkan manfaat dari gula yang sebenarnya.

Solusinya : berhubung snack bar mengandung pemanis buatan, maka yang terbaik adalah memilih snack bar yang menjadikan biji-bijian utuh sebagai bahan utamanya, seperti gandum utuh, kismis, atau almond. Pastikan pula kamu memilih snack dengan kandungan minimal 3 gram serat dan 3 gram protein yang berarti snack tersebut mengandung 200 kalori per sajiannya.

  1. Jus buah

Meski dalam kemasan jus buah tertera ‘No sugar added’ alias tidak ada tambahan gula, atau di peras dalam kondisi masih segar, namun jus buah itu sendiri memang sudah terasa manis karena mengandung gula. Dan jika kamu terlalu banyak minum jus buah, akan menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat, menimbulkan perasaan lapar sebelum kamu mencapai dasar gelas.

Soulsinya : lebih baik makan buah yang masih utuh sebagai gantinya. Kamu bisa memperoleh manfaat dari serat dan air, yang keduanya akan membantumu merasa kenyang. Atau kamu bisa kombinasikan buah segar dengan sedikit protein seperti apel dengan keju atau pir dengan selai kacang untuk menyetabilkan kadar gula dan mengontrolmu untuk tidak makan berlebihan.

  1. Pasta

Khususnya pasta yang memiliki penampilan yang lebih putih. Tak seperti pasta dari biji-bijian utuh, pasta reguler alias pasta yang terbuat dari tepung olahan telah dilucuti gizinya. Dan tanpa adanya serat untuk membuatmu merasa kenyang, semakin banyak kamu makan, maka semakin ingin pula kamu nambah.

Solusinya : pilih pasta yang terbuat dari biji utuh yang kaya fiber untuk membantumu merasa kenyang, seperti pasta dari jawawut, gandum hitam, bayam, atau quinoa.

  1. Sushi

Sushi dua kali lipat membuatmu bertambah lapar. Ini dikarenakan sushi berbahan nasi putih olahan yang tidak berserat, dan juga terdapat saus kedelai yang bisa menyebabkan dehidrasi, membuatmu merasa haus.

Solusinya : ganti menumu dengan salad jumbo yang berbasis kaldu sup miso.

  1. Sereal

Sereal ternyata menipu dengan dua hal. Pertama, banyak kandungan gula bautan rahasia, terutama jika kamu tidak berpegang pada takaran saji yang disarankan. Kedua, sereal manis terkadang rendah serat, sehingga membuatmu tetap merasa lapar saat jam makan siang sudah berlalu.

Solusinya : ganti sereal dengan oatmeal tawar yang kaya serat. Tambahkan ½ cangkir buah-buahan segar plus 1 sdm selai almond untuk tambahan serat dan protein..