7 Manfaat Cuka Sari Apel (Apple Cider Vinegar) Untuk Kecantikan

by Ummi on June 29, 2015

Cuka sari apel adalah salah satu bahan alami yang paling powerful yang menawarkan beragam manfaat baik bagi kesehatan atau kecantikan. Meski cuka apel masih kurang begitu populer di Indonesia, namun bahan ini sudah digunakan sejak 400 tahun sebelum masehi. Hippocrates, Bapak Pengobatan, telah menggunakan cuka apel alami untuk merawat para pasiennya.

manfaat cuka apel

Cuka apel merupakan sumber dari asam asetat, malat dan sitrat. Mengandung pula vitamin, enzim, garam mineral dan asam amino. Sebagai bahan anti bakteri, anti virus, anti inflamasi dan anti jamur, cuka apel bisa digunakan sebagai obat flu, nyeri otot, asam urat, diabetes, kolesterol tinggi dan bahan alami pengganti produk kosmetik. Ada beberapa atribut kunci yang membuatnya bisa membantu mempertahankan kecantikan kulit dan rambut, begitu juga dengan masalah kecantikan lain. Berikut adalah beberapa manfaat cuka apel bagi kecantikan :

1. Mencegah jerawat dan bisul

Jika kamu menderita jerawat dan bisul, menyimpan selalu botol cuka sari apel sebagai bahan dapur untuk mengobati jerawat akan sangat berguna. Ia memiliki sifat antiseptik dan anti bakteri yang mencegah munculnya jerawat dan bisul dengan cara menjaga pori-pori kulit tetap terbebas dari bakteri, minyak dan partikel debu. Selain itu, juga membantu mengembalikan dan menyeimbangkan pH kulit, yang penting untuk mencegah munculnya tonjolan di kulit.

– Campur 1 bagian cuka sari apel murni dan 2 bagian air ke dalam mangkuk
– Rendam bola kapas ke dalam larutan ini dan terapkan pada area yang terdampak
– Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat
– Ulangi beberapa kali sehari selama beberapa hari

2. Sebagai penyegar wajah (toner)

Jika kulitmu normal, tambahkan 1 bagian cuka apel dan 2 bagian air untuk membuat penyegar. Jika kulitmu sangat sensitif, coba tambahkan lebih banyak air ke dalam larutan tadi (sekitar 1:4), dan jangan terlalu sering menggunakan toner ini.

Perhatian : saat kamu menerapkan toner ini, bau kurang sedap dari cuka apel mungkin akan sedikit mengganggu, namun akan menguap saat cairan ini mengering.

3. Penghilang ketombe

Ketombe bisa menyebabkan kulit kepala dan rambutmu menjadi berminyak dan mengelupas. Butiran-butiran putih kecilnya yang berjatuhan ke baju membuatmu malu dan tidak percaya diri. Cuka apel memiliki sifat anti jamur alami untuk melawan dan mengatasi ketombe. Selain itu, juga membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala dan membersihkan pori-pori dan folikel rambut yang tersumbat.

– Campur masing-masing 1 sdm cuka apel dan air
– Tambahkan 10-15 tetes minyak tea tree
– Terapkan ramuan ini ke kulit kepala dan pijat-pijat selama 5 menit. Biarkan selama 5 menit.
– Bilas rambut dengan air, lalu gunakan shampoo seperti biasa.
– Gunakan ramuan alami ini 2/3 kali seminggu

4. Menghilangkan bau kaki

Bau kaki tak sedap adalah masalah umum yang bisa memalukan dan tidak menyenangkan bagimu dan juga orang-orangn di sekitarmu. Sifat anti mikroba yang dimiliki cuka apel bisa membantu membersihkan kakimu dengan menghilangkan bau yang disebabkan bakteri .

– Siapkan larutan perendam dengan 1 cup cuka apel dan 5 cup air hangat
– Rendam kakimu dalam larutan ini selama 10-15 menit
– Lalu basuh kakimu dengan sabun anti bakteri dan air

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2