7 Manfaat Minyak Kelapa Yang Sangat Istimewa

by Ummi on August 31, 2014

Manfaat dan khasiat minyak kelapa sudah tidak diragukan lagi, karena minyak kelapa memiliki antioksidan, antimikroba, antibakteri, antivirus dan antijamur. Semua komponen ini sangat membantu dalam penyerapan mineral lainnya .

Bahkan ada yang mengatakan bahwa minyak kelapa tergolong “minyak super” yang bermanfaat bagi kesehatan & kecantikan dari dalam. Berikut ini adalah 7 manfaat dari minyak kelapa,

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan adanya kompenen dari minyak kelapa seperti di sebutkan di atas, jelas minyak kelapa bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang baik tentunya akan dapat melawan berbagai penyakit seperti herpes, influenza, batuk, bakteri dan infeksi jamur.

2. Menurunkan Kolesterol

Menurut beberapa penelitian, minyak kelapa bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau yang biasa dikenal dengan istilah HDL sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Sehingga kadar kolesterol akan menjadi normal.

3. Kontrol Gula Darah

Minyak kelapa dapat meningkatkan produksi insulin sehingga mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Sebuah studi di Gravan Riset Medis mengemukakan bahwa kandungan asam lemak dalam minyak kelapa mampu mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2.

Jadi, bagi penederita diabetes bisa mengkonsumsi minyak kelapa tanpa rasa takut dibayangi lemak yang terdapat di dalamnya.

4. Menghilangkan Stretch Marks

Minyak kelapa dapat secara efektif mengurangi munculnya stretch mark karena pelembab dan antioksidan. Lemak jenuh sehat dalam minyak kelapa akan membantu memperkuat dinding sel kulit dan sifat antioksidan membantu melawan radikal bebas dan memberi nutrisi pada kulit yang rusak. Minyak ini diserap ke dalam kulit sangat cepat ketika memijat ke daerah yang terkena dengan stretch mark.

5. Memelihara rambut

Minyak kelapa juga memiliki manfaat seperti lidah buaya bagi rambut. Minyak kelapa secara efektif dapat membantu menjaga keindahan rambut, rambut menjadi sehat dan berkilau. Minyak kelapa salah satu nutrisi alami terbaik untuk rambut Anda. Selain itu, minyak kelapa bermanfaat untuk menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari ketombe dan kutu.

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Minyak kelapa membantu penyerapan kalsium tubuh, magnesium, vitamin D, dan mineral penting lainnya. Kalsium dan magnesium sangat penting untuk menjaga tulang agar kuat.

Telah ditemukan bahwa wanita paruh baya yang rentan terhadap osteoporosis secara signifikan dapat mengurangi risiko dengan asupan rutin minyak kelapa.

7. Mengobati Penyakit Alzheimer

Ada hubungan yang kuat antara konsumsi secara teratur minyak kelapa dan pencegahan Alzheimer dan masalah otak lainnya.

Seorang dokter anak, studi kasus Dr Mary Newport juga menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat berguna dalam mengobati penyakit Alzheimer.

Hal ini diyakini bahwa trigliserida yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat meningkatkan kadar badan keton, yang bekerja sebagai bahan bakar otak alternatif. Penelitian lebih lanjut dalam hal ini sekarang berlangsung.

Satu porsi harian minyak kelapa akan meningkatkan fungsi kognitif dan memori bagi orang-orang dari semua kelompok usia, termasuk para manula..