7 Penyebab Umum Hidung Meler

by Ummi on November 10, 2015

Memang hidung meler adalah gejala penyakit yang cukup umum, namun sangat mengganggu. Hidungmu akan meler saat jaringan hidung dan pembuluh darah memproduksi cairan atau lendir berlebih. Kelebihan cairan ini juga bisa berjalan di belakang tenggorokan dan biasa disebut dengan dahak. Terkadang kamu akan mengalami hidung tersumbat sekaligus hidung meler, namun tidak selalu.

penyebab hidung meler

Ada banyak hal yang menyebabkan hidungmu menjadi meler, mulai dari berbagai macam alergi dan penyakit hingga kondisi yang lebih serius seperti septum yang menyimpang. Obat-obatan tertentu, stress, dan bahkan kehamilan juga bisa menyebabkan hidungmu meler. Terkadang kondisi ini bisa mengindikasikan masalah yang mengancam jiwa, terutama jika kamu mengalami cidera kepala atau trauma di otak.

Jadi, bagimana caranya kamu tahu jika hidung melermu bisa berarti suatu hal yang serius? Pada jaman dulu, konon jika lendirmya encer dan tidak berwarna (bening) berarti kamu tidak sakit, sementara jika lendirnya kental, dan berwarna hijau kekuningan maka berarti kamu seharusnya menemui dokter. Namun tidak semua hal tersebut benar adanya. Ingin tahu apa saja penyebab dari hidung melermu? Simak ulasannya berikut ini :

Pilek biasa

Ini merupakan penyakit yang biasa kita alami dan sangat mengganggu karena tidak ada obatnya. Pilek biasa sejauh ini merupakan penyebab utama dari hidung meler. Tak heran, jika ada lebih dari 1 miliar kasus pilek di setiap tahunnya di Amerika Serikat menurut info dari U.S. National Library of Medicine. Gejala paling umum dari pilek, selain hidung meler, adalah hidung tersumbat, tenggorokan gatal, bersin-bersin, dan sedikit demam.

Secara teknis, pilek merupakan infeksi saluran pernafasan, yang berarti hanya dengan minum antibiotik saja tidak akan bisa menyingkirkannya. Untuk menghilangkan gejalanya, beristirahatlah yang cukup, dan minum banyak air putih. Kamu juga bisa memakan sup ayam hangat untuk meredakan gejalanya. Sementara vitamin C tidak akan bisa mencegah pilek secara total, hanya bisa meringankan dan mempercepat penyembuhan pilek.

Cuaca dingin

Hidung siapa coba yang tidak langsung meler saat berada di luar ruangan dengan cuaca yang dingin? Situasi yang umum ini terjadi ketika udara yang kering dan dingin mengiritasi dinding hidung. Kelenjar hidungmu akan meresponnya dengan memompa lebih banyak lendir daripada normalnya untuk menjaga kelembabannya agar dinding hidung tidak mengering.

Namun jangan berasumsi bahwa suhu udara yang dingin adalah satu-satunya alasan dari hidung melermu. Pilek dan infeksi saluran pernafasan atas juga umum terjadi di musim penghujan. Jadi, ada kemungkinan juga disebabkan oleh pilek, atau kedua-duanya (pilek dan cuaca dingin).

Influenza (Flu)

Influenza atau disebut juga flu, juga bisa menjadi penyakit yang serius, terutama di kalangan anak-anak, orang yang lanjut usia, dan seseorang yang memiliki sistem imun yang lemah. Hidung meler bisa saja tidak menghawatirkan, namun juga bisa jadi pertanda awal jika kamu sakit.

Flu adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan, yang meliputi hidung, tenggorokan dan paru-paru. Seringkali, gejala awal dari flu adalah hidung meler, sering bersin, dan radang tenggorokan. Perbedaan flu dengan pilek biasa adalah, gejala pilek akan berkembang dengan lambat selama beberapa hari, dan tidak pernah mencapai tingkat yang lebih parah. Dengan flu, gejalanya umumnya akan mulai muncul tiba-tiba dan cepat meningkat dengan menyertakan demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan dan kelemahan. Untuk mengatasi flu, kamu bisa meminum obat flu yang banyak tersedia di toko atau dokter akan meresepkan obat antivirus yang bisa mempercepat penyembuhannya dalam waktu satu atau dua hari.

Sinusitis

Sinusitis adalah sebuah iritasi, pembengkakan, atau infeksi dari jaringan dinding sinus. Penyakit ini biasanya menyebabkan nyeri di wajah dan tekanan, hidung tersumbat, seringkali juga dibarengi dengan hidung meler, kehilangan indra penciuman, dan batuk. Terkadang beberapa pasien juga mengalami demam dan giginya sakit, akibat adanya tekanan di rongga sinus atas.

Ketika infeksinya muncul, kamu seringkali akan memiliki lendir hidung yang kental, berwarna hijau atau kuning disertai dengan gejala lain yang sudah disebutkan diatas. Segera temui dokter, karena kamu akan butuh antibiotik untuk menyingkirkan infeksinya.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2