7 Prinsip Utama Demi Suksesnya Diet

by Ummi on June 28, 2015

Saat ini, banyak orang kebingungan saat berencana untuk diet alias menurunkan berat badan. Karena, ada banyak sekali ragam informasi tentang cara terbaik untuk menghilangkan lemak. Namun, mana yang akan bekerja dengan baik pada dirimu? Apakah kamu memilih diet rendah karbohidrat dan lemak? Atau dengan menghitung setiap jumlah kalori yang kamu konsumsi? Mungkinkah kamu harus ikut latihan fitness atau kardio dan memilih jenis yang mana? Atau bagaimana dengan melakukan diet Paleo atau diet South Beach?

prinsip utama diet

Semua hal itu mungkin akan sangat melelahkan bagi orang-orang yang bertujuan untuk menyaring semua informasi tersebut dan berusaha menerapkan pendekatan yang praktis, bisa dipertahankan dan berdasarkan fakta. Untuk memudahkanmu dalam menentukan cara terbaikm mana yang kamu gunakan demi suksesnya diet yang kamu jalani, berikut akan kami ulas 7 prinsip utama menghilangkan lemak yang biasa disarankan oleh para ahli terkemuka kepada para kliennya :

1. Susunlah kebutuhan kalori dietmu

Ada alasan mengapa prinsip ini menjadi yang pertama. Jika kamu keliru dalam membuatnya, kamu akan kurang begitu sukses dalam menerapkan 6 pronsip dan latihan yang lainnya. Ya, kalori mmemang berperan sangat besar. Ada banyak ragam peralatan dan formula yang berbeda yang bisa diguakan untuk melacak kalori. Untuk menentukan kebutuhan kalorimu untuk menurunkan berat badan, kamu bisa masukkan usia, berat badan terkini, tujuan penurunan berat badan, tinggi badan dan jenis kelamin ke dalam peralatan/ formula tadi, dan kebutuhan kalorimu bisa ditentukan dalam waktu sekejap. Jumlah yang akan keluar nanti, merupakan kebutuhan kalori dasarmu untuk menurunkan berat badan. Jika kamu aktif atau rajin berolahraga, maka factor ini bisa meningkatkankan kebutuhan kalorimu. Tujuan dari penentuan kalori ini adalah untuk melihat seberapa banyak kamu bisa makan dan masih bisa diet, bukan seberapa sedikit jumlah makananmu. Jika kamu mulai dengan mengurangi kalori yang terlalu besar, maka kamu tidak akan berhasil menjalankan dietmu.

2. Konsumsilah protein yang memadai

Makan cukup protein adalah komponen penting dari rencana penurunan berat badan yang efektif. Seorang pakar diet Kelly Plowe menyarankan untuk menyertakan protein pada makanan dan snack untuk meningkatkan rasa kenyang dan menjaga otot saat kamu mencoba diet. Cobalah menggabungkan telur ke dalam menu sarapanmu, dan menyertakan yogurt dan selai kacang sebagai camilanmu. Coba pula untuk menyertakan protein tanpa lemak seperti ayam, ikan dan kacang-kacangan pada saat makan siang dan makan malam. Cara terbaik adalah dengan tetap menyebarkan asupan proteinmu secara merata ke semua makanan yang kamu konsumsi, disamping juga harus segera mencerna cepat protein tersebut setelah melakukan olahraga.

3. Jangan takut dengan karbohidrat

Kamu tidak perlu takut akan karbohidrat karena mereka juga membantumu lebih berenergi saat berolahraga. Karbohidrat juga penting bagi individu yang terbiasa melakukan olahraga berat. Memakan karbo sebelum latihan bisa membantu melawan kelelahan, berlatih lebih keras, dan membakar lebih banyak lemak. Konsumsi karbohidrat setelah olahraga juga penting karena untuk mengisi energi kembali untuk latihan berikutnya.

4. Jangan mencoba diet yang tidak sehat

Melakukan diet tanpa diimbangi dengan olahraga bagaikan mengarahkan paku ke papan dengan sebuah obeng. Kamu mungkin hanya bisa memasukkan pakunya sedikit saja setelah waktu yang lama. Lain halnya jika kamu memukulnya dengan palu, tentu pakunya akan masuk jauh lebih dalam. Dalam kasus melangsingkan badan, nutrisi yang tepat merupakan palunya. Olahraga (gabungan dari latihan kekuatan dan latihan kardiovaskular) setiap hari selama satu jam bagi kebanyakan orang akan mampu membakar 3000 kalori . Di sisi lain, berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk tidak memakan tambahan 3000 kalori ini? Tidak ada. Maka dari itu, gunakanlah kombinasi olahraga dan diet yang baik untuk meningkatkan kebugaran dan mempertahankan otot selama diet.

5. Prioritaskan latihan kekuatan

Mempertahankan jaringan otot sangatlah penting saat dalam kondisi defisit kalori dan cara terbaik untuk memastikan hal ini terwujud adalah dengan memprioritaskan latihan kekuatan. Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat seseorang saat menjalani program diet adalah meremehkan nilai dari latihan kekuatan. Tujuan latihan ini adalah mempertahankan massa otot sebanyak mungkin. Menambah volume latihan yang lebih dan lebih lagi, terutama dalam berkurangnya kalori, sangat baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini tidak hanya menjagamu tetap kuat, tapi juga memberimu rangsangan untuk mempertahankan otot.

6. Variasi makanan bukanlah rekanmu

Variassi makanan bisa jadi bumbu kehidupan. Namun jika itu berkaitan dengan diet, terlalu banyak variasi bisa jadi kontra produktif. Pengoptimalan diet memerlukan kuantifikasi (penghitungan), terutama mengenai kalori. Melibatkan terlalu banyak makanan ke dalam dietmu bisa membuat penghitungan ini menjadi membosankan, tidak praktis, membuat frustasi dan memakan waktu. Sebaiknya, pilihlah hanya sekitar 4-5 sumber protein, lemak dan tepung untuk membangun diet penurunan berat badan. Ini akan membuat daftar belanja, penghitungan kalori dan persiapan makanan menjadi lebih sederhana.

7. Jangan membeli suplemen / pil pelangsing

Jangan tergoda untuk mempercayai pil ajaib, cairan, ramuan herbal, tanaman, atau obat-obatan lain yang diklaim akan menghancurkan lemak. Faktanya, suplemen makanan pelangsing ini kebanyakan justru tidak efektif. Kebanyakan suplemen pelangsing menggunakan model hewan seperti tikus untuk bahan percobaannya, namun bukan berarti juga akan berhasil pada manusia. Selain itu, suplemen pelangsing bisa menimbulkan efek samping seperti insomnia dan rasa gelisah.