≡ Menu
werno-werno.com

7 Ramuan Alami Untuk Mengobati Batuk

Batuk adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum diderita, terutama di musim pancaroba seperti sekarang ini. Saat ada penghalang atau hal yang mengiritasi di dalam tenggorokan atau saluran udara bagian atas, otakmu akan mengira ada elemen asing yang datang dan memberitahukan tubuhmu untuk batuk agar menghilangkan elemen tersebut. Batuk juga bisa terjadi akibat infeksi virus, flu, dan merokok atau masalah kesehatan lain seperti asma, TBC dan kanker paru-paru.

ramuan alami untuk obat batuk

Beberapa gejala batuk di antaranya adalah tenggorokan gatal, nyeri dada, dan hidung tersumbat. Daripada kamu harus membeli syrup obat batuk yang dijual di toko obat, lebih baik coba pengobatan alami untuk meredakan batuk yang bahannya sudah tersedia di dapurmu. Berikut adalah 7 ramuan alami untuk mengobati batuk :

• Kunyit
Kunyit memiliki efek Terapetik pada batuk, terutama pada jenis batuk kering. Cara membuat ramuan obat batuk dengan bahan kunyit adalah :
– Didihkan 1 ½ gelas air dalam panci. Tambahkan 1 sdt bubuk kunyit dan 1 sdt lada hitam. Kamu juga bisa menambahkan 2 cm batang kayu manis. Rebus selama 2-3 menit. Tambahkan 1 sdm madu. Minum ramuan ini setiap hari hingga kondisimu berangsur-angsur membaik.
– Alternatif lain, buatlah teh herbal kunyit dengan menambahkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalam segelas air, dan rebus hingga airnya berkurang separuh. Tambahkan madu dan minum teh herbal ini 2-3 kali sehari.
– Cara lain untuk menggunaan kunyit adalah dengan memanggang akar kunyit dan giling hingga berbentuk bubuk halus. Campurkan dengan air dan madu, lalu minum 2 kali sehari.

• Lemon
Lemon bisa digunakan dalam berbagai cara untuk menyembuhkan batuk. Lemon memiliki sifat yang bisa mengurangi peradangan dan juga menyediakan vit C pelawan infeksi.
– Syrup obat batuk sederhana ini bisa dibuat dengan menggabungkan 2 sdm jus lemon dan 1 sdm madu. Minum beberapa kali sehari.
– Cara lain adalah dengan mencampur jus lemon dengan sedikit madu dan sejumput bubuk cabai, lalu minum.

• Bawang putih
Bawang putih memiliki komponen anti bakteri dan anti mikroba yang bisa membantu mengataasi batuk. Cara membuatnya :
– Didihkan 2-3 siung bawang putih di dalam segelas air dan tambahkan 1 Sdt oregano. Dinginkan hingga pada suhu ruangan, tambahkan sedikit madu dan minum. Ramuan ini akan membantu pernafasanmu dan mengurangi gejala batuk.
– Cara lain dengan memakan 1 siung bawang putih yang dimemarkan, dicampur dengan beberapa tetes minyak cengkeh dan madu untuk meredakan sakit tenggorokan.

• Jahe
Jahe adalah salah satu obat alami paling populer untuk menyembuhkan batuk. Cara membuatnya :
– Potong jahe segar menjadi irisan yang tipis-tipis dan memarkan sedikit. Letakkan jahe di dalam semangkuk air dan didihkan . Minum ramuan herbal ini 3-4 kali sehari untuk meredakan sakit tenggorokan, batuk yang tak kunjung berhenti dan bahkan hidung tersumbat. Kamu juga bisa tambahkan perasan lemon dan madu untuk menambah rasa.
– Cara lain adalah dengan mengunyah jahe segar sepanjang hari untuk mengurangi batukmu.

• Bawang Bombay
Salah satu obat tradisonal tergampang untuk mengatasi batuk adalah dengan mengiris bawang Bombay. Menghirup aroma yang kuat bisa membantu menghilangkan batuk.
– Kamu juga bisa membuat sirup obat batuk dari jus bawang Bombay bakar dan madu. Minum tiap hari untuk meredakan batuk kering.
– Pilihan lain adalah mencampur 1 ½ sdt jus bawang Bombay dengan 1 sdt madu murni. Telan ramuan ini paling tidak 2 kali sehari untuk meredakan batuk dan tenggorokan.

• Jus Wortel
Wortel mengandung banyak vitamin dan gizi yang bisa membantu meredakan berbagai gejala batuk.
– Buatlah jus segar dari 4-5 buah wortel dan tambahkan sedikit air untuk mengencerkannya. Untuk tambahan rasa dan manfaat, tambahkan 1 sdt madu.
– Minum jus ini 3-4 kali sehari hingga gejalanya reda.

• Susu Panas dengan Madu
Susu panas dengan madu bisa membantu mengatasi batuk kering dan mengurangi nyeri dada yang mungkin kamu alami akibat batuk keras yang terus menerus. Untuk hasil terbaik, minum ramuan ini sebelum tidur. Untuk manfaat tambahan dari sifat analgesik madu, telanlah 1 sdt madu murni dalam kondisi perut kosong. Ini akan membantu membersihkan lendir dan meredakan tenggorokan.

0 comments… add one

Leave a Comment