7 Teh Herbal Terbaik Untuk Kesehatan

by Ummi on April 5, 2017

Sekarang ini, penggunaan teh herbal semakin populer di kalangan masyarakat. Selain teh herbal bisa menjadi cara mudah untuk meningkatkan asupan cairan tubuh, mereka juga dikemas dengan ekstra nutrisi. Tidak seperti kopi, mereka tidak mengandung kafein yang mana sering dikaitkan dengan berbagai jenis masalah kesehatan.

khasiat teh herbal

Teh herbal tidak hanya diambil dari daun tanaman saja, tapi juga bisa dibikin dari berbagai bagian tanaman, seperti bunga, akar, biji, atau kulit pohonnya. Membuat teh herbal juga cukup mudah. Kamu hanya memerlukan teh herbal baik dalam bentuk segar atau kering, air panas, dan waktu yang kurang dari 15 menit untuk menyiapkan secangkir kopi. Ingin tahu teh herbal apa saja yang bermanfaat bagi kesehatan ? simak ulasannya berikut ini :

Teh hijau untuk membantu melangsingkan tubuh

Setiap daftar teh herbal yang menyehatkan pasti diawali dengan green tea. Salah satu manfaat utama dari green tea adalah mendukung program penurunan berat badan dan melawan obesitas. Obesitas adalah penyebab utama dari banyak penyakit, mulai masalah jantung hingga diabetes.

Teh hijau kaya akan katekin yang disebut dengan epigallocatechin gallate (EGCG), yang mampu membentuk metabolisme utuk membakar kalori dan mempromosikan penurunan berat badan. Sebuah studi 2014 yang dilakukan di Penn State menunjukkan bahwa EGCG dalam teh hijau membantu memperlambat kenaikan berat badan dengan cara membatasi penyerapan lemak dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak.

Menjadi kaya akan antioksidan, teh hijau juga memperkuat sel jaringan untuk membantu melindungi tubuh dari penuaan dini (dan penyakit yang terkait penuaan). Antioksidan juga mencegah terjadinya kerusakan sel akibat polutan. Teh hijau juga dapat melawan kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko diabetes, meningkatkan daya tahan tubuh dan masih banyak lagi.

Untuk membuat teh hijau :

Letakkan 1 hingga 2 sendok teh daun teh hijau berkualitas ke dalam cangkir. Tuangakan air panas di atasnya. Tutupi dan curamkan selama 2-3 menit. Saring, tambahkan sedikit madu dan minum. Kamu bisa meminum 3-4 cangkir teh hijau setiap hari.

Teh jahe untuk meringkankan nyeri sendi (arthritis)

Teh herbal ini merupakan teh favorit sepanjang masa bagi seseorang yang mengalami setiap jenis peradangan. Bagi orang yang menderita arthritis (nyeri sendi), khasiat anti inflamasi dari teh jahe sangatlah efektif dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain itu, teh jahe juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang juga bisa membantu melawan rasa sakit.

Menurut studi 2001 yang terbit di Arthritis and Rheumatism, ekstrak jahe terbukti efektif dalam mengurangi gejala yang terkait dengan osteoarthritis di lutut. Terlepas dari manfaat anti inflamasinya, jahe juga memiliki khasiat antioksidan, anti virus, anti kanker, anti mual, anti jamur, anti spasmodik, dan antitusif (penekan batuk).

Minum teh atau wedang jahe juga bisa meringankan sakit perut, mual, mengurangi stress, melawan pilek, mengurangi kram menstruasi, meningkatkan imunitas, menormalkan kadar gula darah, mengatur nafsu makan, dan melegakan heartburn dan perut kembung.

Untuk membuat teh jahe :

Letakkan 1 sendok makan irisan jahe dan 2 gelas air ke dalam teko kecil. Didihkan airnya, lalu biarkan selama 10 menit. Saring irisan jahenya. Tambahkan madu dan air perasan lemon atau jeruk nipis. Minum 2 atau 3 cangkir teh jahe setiap hari.

Teh chamomile untuk melawan insomnia

Teh chamomile merupakan salah satu teh herbal terbaik untuk melawan insomnia dan gangguan tidur yang lain. Chamomile secara luas dianggap sebagai obat penenang ringan dan penginduksi tidur. Efek sedatif dan menenangkannya mungkin karena kehadiran apigenin flavonoid, yang mengikat reseptor benzodiazepine di otak. Chamomile juga memiliki sifat antioksidan, anti-iritasi, anti-inflamasi, antimikroba, anti ansietas, antispasmodic, antidiare dan antikanker.

Minum teh chamomile secara teratur dapat meringankan sakit kepala, mengurangi nyeri otot, menjaga stres tetap terkendali, meringankan kram menstruasi, mengobati masalah perut, mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Baik bunga chamomile segar maupun kering dapat digunakan untuk membuat teh.

Untuk membuat teh chamomile :

Letakkan 1 sendok teh bunga chamomile kering (atau 2 sendok teh bunga yang segar) ke dalam secangkir air panas. Tutup dan biarkan curam selama 5 menit, lalu saring. Tambahkan sedikit madu dan minum selagi masih hangat.

Perhatian : hindari teh chamomile jika kamu sedang hamil atau merencanakan untuk hamil.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2