≡ Menu
werno-werno.com

7 Teknik Pemusatan Pikiran (Meditasi) Yang Mudah Dilakukan

Berdasarkan Greater Good Science Center di Barkeley University, aksi memusatkan perhatian bisa didefinisikan sebagai mempertahankan setiap momen demi momen kewaspadaan dari pikiran, perasaan, sensasi tubuh, dan lingkungan di sekitar kita. Dengan melatih teknik memusatkan perhatian secara konsisten, bisa mengurangi dampak stress pada otak, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan konsentrasi, bahkan meningkatkan rasa emosional dan kesehatan fisik. Ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk mengakses kebijaksanaan yang melekat pada diri manusia dan membangkitkannya ke dalam esensi kehidupan kita sendiri, tanpa harus melakukan gerakan meditasi yang rumit layaknya seorang master Zen. Berikut ini adalah 7 teknik mudah & sederhana yang bisa kamu ikuti untuk melatih kita dalam memusatkan perhatian :

  1. Genggam, lalu lepaskan

Kepalkan tanganmu dengan erat membentuk tinju, hitung sampai 20 detik, lalu lepaskan. Pusatkan semua kesadaranmu untuk sensasi yang terjadi di tanganmu. Lalu, lanjutkan membawa perhatianmu untuk sensasi ini selama yang kamu mampu. Ulangi beberapa kali dan perhatikan bagaiamana kini pikiranmu menjadi terfokus, dan betapa kamu mulai merasa tenang. Hal ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Semua yang kamu butuhkan hanyalah tangan dan pikiranmu.

  1. Fokus pada 1 objek

Pilih salah satu objek apapun yang ada dalam jangkauan penglihatanmu untuk memfokuskan perhatianmu. Tanpa harus menilai, duduk dan perhatikan objek tersebut dengan rasa ingi tahu. Hal termudah yang bisa dilihat adalah hewan, anak-anak, ombak, pepohonan, dan awan. Jika kamu tidak sedang berada di pemandangan alam, melihat cahaya lilin bisa menjadi cara cepat dan menghipnotis untuk hilang dalam sementara waktu. Alih-alih menggunakan pikiranmu untuk melabeli, lebih baik nilai dan kategorikan objek tadi hanya dengan memusatkan perhatianmu padanya.

  1. Mendengarkan musik dengan sepenuh hati

Putar sebuah lagu, dan dengarkan secara seksama pada alunan suara yang muncul. Bukukan tentang bagian dimana lagu itu bisa membawamu secara emosional, bagaimana itu membuatmu merasakan sesuatu, warna yang muncul dalam pikiranmu, serta kenangan apa yang muncul. Mendengarkan hanya alunan musik tanpa kata-kata (instrumental) akan sangat membantu karena hal itu bisa menutup bagian otak yang sedang mencoba untuk menguraikan, mengidentifikasi, dan menerjemahkan makna dari hal yang lain. Hal ini pada gilirannya akan membantu memfokuskan pikiranmu hanya pada musik, bukan pada daftar belanjaanmu, tagihanmu, atau jadwal pekerjaanmu.

  1. Libatkan rasa dan penciumanmu

Ciumlah aroma sesuatu yang kuat sepeti biji kopi, lavender, atau bawang putih, dan perhatikan pada apa pengaruhnya untuk hidungmu. Dimana kamu pernah merasakannya? Apakah ini bisa membawa suatu kenangan? Emosi? Hal ini bisa membantu pikiranmu fokus pada aromanya. Para peneliti di Taiwan menemukan bahwa menggunakan aromaterapi bisa menuruknkan perasaan stress dalam tubuh. Pilih aroma yang menyenangkan bagimu. Kamu tentu tidak ingin bukan, bau telur busuk akan melemparmu ke dalam suasana hati yang buruk bukan ?

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment