8 Bahan Alami Terbaik Untuk Melembabkan Kulit

by Ummi on May 16, 2017

Seperti halnya tubuh membutuhkan bahan bakar dalam bentuk vitamin, mineral, dan suplemen lain agar bisa berfungsi dengan baik, kulit kita juga membutuhkan kelembaban untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan alaminya. Juga, ketika kulit terhidrasi dengan baik, maka garis-garis halus, kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya akan kurang begitu tampak kelihatan.

Bukan hanya orang dengan jenis kulit kering saja yang butuh pelembab untuk meremajakan dan menyegarkan kulit mereka, kulit normal, kombinasi, bahkan berminyak sekalipun juga membutuhkan pelembab.

Di pasaran, kamu bisa menemukan produk pelembab kulit yang tak terhitung jumlahnya, namun kebvanyakan dari mereka dipenuhi dengan bahan kimia keras yang bisa membahayakan kulitmu dalam jangka panjang. Meskipun begitu, masih ada banyak produk pelembab alami yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif untuk menjaga kulitmu tetap lembut dan lembab. Berikut adalah 8 Bahan Alami Terbaik Untuk Melembabkan Kulit :

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah pelembab alami efektif yang mungkin saja sudah tersedia di rak dapurmu. Minyak zaitun mengandung asam linoleat, yang akan menciptakan benteng penghalang air di kulit untuk mempertahankan kelembaban dan mempromosikan kelembutan dan menutrisi kulit. Plus, kandungan vitamin E di dalamnya akan menetralkan efek oksidan dari radikal bebas yang bisa merusak kolagen, salah satu alasan umum dibalik kerusakan dan kekeringan kulit.

  • Gosokkan minyak zaitun hangat pada tangan, kaki, dan area tubuh lain dari kulitmu.
  • Pijatkan secara lembut menggunakan gerakan memutar.
  • Biarkan minyakya meresap ke kulit selama 30 menit, lalu mandilah.
  • Lakukan ini setiap hari atau beberapa kali seminggu, sebanyak yang diperlukan.

Minyak kelapa

Seperti halnya minyak zaitun, minyak kelapa juga adalah pelembab alami yang bagus. Asam lemak di dalamnya memberikan hidrasi yang mendalam untuk menjaga kulit kering tetap kenyal dan terlembabkan. Selain mengunci kelembaban, minyak kelapa juga menyuplai kulit dengan nutrisi esensial untuk kesehatan kulit optimal.

Nilai tambah lain dari minyak kelapa adalah bahwa minyak ini tidak berminyak dan cocok untuk semua jenis kulit. Sebuah studi tahun 2004 yang terbit di Dermatitis melaporkan bahwa minyak kelapa adalah minyak yang sama efektif dan aman layaknya mineral oil saat digunakan sebagai pelembab.

  • Hangatkan sebagian minyak kelapa dalam microwave selama beberapa detik.
  • Oleskan minyak hangat ini ke kulitmu.
  • Pijatkan secara perlahan sehingga minyak bisa melakukan penetrasi ke dalam kulit.
  • Tunggu 10 menit, lalu mandilah. Lakukan ini satu kali sehari, atau sebanyak yang diperlukan.

Madu

Jika kamu sudah beralih ke madu untuk mempermanis teh atau kopi, maka kamu telah membuat keputusan yang bijak demi kesehatanmu. Dan tidak ada salahnya jika kamu juga menggunakan madu untuk kulitmu. Menjadi humektan alami, madu membantu mempertahankan kelembaban dalam kulitmu. Juga, emolien alami ini akan melakukan penetrasi ke lapisan terdalam kulit untuk menjaga kulitmu tetap terlembabkan.

  • Campur dua sendok makan dari masing-masing madu dan susu. Terapkan ramuan ini ke kulitmu, lalu tunggu selama 10 menit sebelum mandi. Ulangi setiap hari atau sesuai kebutuhan.
  • Untuk mengatasi kulit yang sangat kering, oleskan lapisan madu pada area yang terdampak, dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Ulangi 2 atau 3 kali seminggu.

Gliserin

Gliserin adalah humektan alami, yang berarti ia kan menarik air dan membantu mempertahankan kelembaban di kulit. Sebuah studi tahun 2002 yang terbit di Acta Dermato-Venereologica mnemukan bahwa krim yang mengandung gliserin tampaknya merupakan alternatif yang sesuai untuk krim yang mengandung urea dan sodium klorida dalam pengobatan kulit kering atopik.

  • Campur hingga merata bagian yang sama antara gliserin dan air mawar (atau air biasa juga bisa).
  • Oleskan larutan ini ke kulit sebelum tidur.
  • Keesokan paginya, mandilah air hangat untuk membilas bekasnya.
  • Lakukan setiap hari atau sesuai kebutuhan.

Lidah buaya

Saat berbicara soal menjaga kulit tetap terhidrasi, lidah buaya adalah bahan yang tepat yang mungkin saja sudah ada di halaman rumahmu. Lidah buaya kaya akan nutrisi seperti vitamin E dan A yang akan menjaga kulitmu tetap lembut dan cerah sepanjang tahun. Lidah buaya juga bisa meredakan rasa gatal dan mencegah kulit bersisik yang terkait dengan kulit kering.

  • Irislah daun lidah buaya dan kupas kulit luarnya. Ambil gel (lendirnya) menggunakan sendok. Oleskan gel lidah buaya pada kulit dan biarkan mengering selama 10-12 menit. Cuci dengan air hangat. Ulangi 2-3 kali sehari.
  • Pilihan lain adalah dengan menggabungkan gel dari 1 daun lidah buaya dengan ½ cangkir minyak kelapa (yang masih keras, belum diencerkan). Kocok dengan whisker selama 5 menit sampai kamu mendapatkan konsistensi yang lembut. Simpan dalam wadah kedap udara di kulkas. Gunakan sekali atau dua kali sehari, sesuai kebutuhan.

Krim susu

Krim susu adalah bahan alami hebat lain yang ajan membantumu menikmati kulit yang lembut, berkilau dan cemerlang. Krim susu adalah bahan efektif untuk menghidrasi semua jenis kulit. Ini akan diserap dengan cepat ke dalam pori-pori kulit dan menjaganya tetap lembab untuk waktu yang lebih lama.

Krim susu juga mengandung asam laktat, yang membantu proses eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati dan kering. Hal ini nantinya kan menampakkan kulit yang lebih muda, segar, dan bersinar.

  • Oleskan krim susu secara merata ke kulitmu.
  • Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat-hangat kuku.
  • Lakukan 2/3 kali seminggu.

Selain krim susu, kamu juga bisa menggunakan susu begitu juga buttermilk untuk melembabkan kulit.

Shea butter

Meski harganya agak mahal, namun shea butter adalah pilihan hebat untuk melembabkan kulitmu secara alami. Shea butter mengandung vitamin A dan E begitu pula asam lemak esensial yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Selain melembabkan kulit, shea butter juga bisa untuk meringankan eksim, dermatitis, sengatan matahari, dan masalah kulit lainnya. Saat menggunakan shea butter, pastikan kamu memilih shea butter yang murni 100 % untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Ambil sedikit shea butter di telapak tanganmu, dan gosokkan di antara kedua tanganmu untuk melumerkannya.
  • Oleskan ke seluruh kulit.
  • Pijat selama beberapa menit sehingga bisa terserap ke dalam kulit.
  • Biarkan selama semalaman.
  • Keesokan paginya, cuci hinnga bersih. Ulangi setiap hari atau seperlunya.

Alpukat

Alpukat bisa bekerja sebagai emolien, yang berarti akan melumasi kulit dan mengembalikan kelembaban alaminya. Alpukat juga kaya akan vitamin yang melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan stress oksidatif.

  • Lumatkan satu buah alpukat matang menggunakan garpu.
  • Oleskan langsung ke kulit.
  • Tunggu 10-15 menit, lalu bilas.
  • Tergantung dengan tingkat kekeringan kulit, kamu bisa menggunakannya setiap hari atau beberapa kali seminggu.