8 Bahan Perawatan Wajah Yang Harus Kamu Cari

by Ummi on September 6, 2016

Sebagian besar produk perawatan kecantikan mengandung sederet nama bahan-bahan yang panjang, dan sulit dilafalkan. Bagi orang awam, ini akan membingungkan untuk mencoba menguraikan mana yang benar-benar efektif dan mana yang baru saja terdengar mahal. Nah, jika kamu penasaran dengan bahan-bahan produk kecantikan mana yang bagus untukmu, berikut adalah delapan bahan perawatan kulit yang berbeda (dan menakjubkan), beserta manfaat dari masing-masing, dan-yang paling penting-apa saja yang dapat dilakukan bahan-bahan ini untuk kulitmu! Jadi, baca dan perhatikanlah terlebih dulu sebelum membeli :

Glycolic Acid

Merupakan sebuah bahan eksfoliasi powerful yang berasal dari tebu, asam glikolat adalah alpha hydroxy acid (asam hidroksi alfa) yang berfungsi menghilangkan sel-sel kulit mati dan meratakan perubahan warna. Asam glikolat juga seringkali menjadi bahan utama dalam chemical peel, bertugas sebagai resurfacer (membersihkan permukaan kulit).

Hyaluronic Acid

Meskipun kamu tidak pernah mengasosiasikan kata “asam” dengan sesuatu yang menghidrasi, namun justru itulah yang menjadi fungsi utama dari asam hyaluronic. Bahan ini membantu mengikat kelembaban pada kulit, menjaganya tetap di sana sepanjang hari. Untuk itu, carilah asam hyaluronic bila kamu ingin kulit selalu terlembabkan.

Asam laktat

Hampir mirip dengan asam glikolat, asam laktat juga merupakan Alpha hydroxy acid, atau exfoliant (bahan pengelupas sel kulit mati). Asam laktat akan melarutkan lapisan atas kulit yang mati dan mengelupaskan sel yang sudah tua dengan lembut.

Hydroquinone

Jika kamu memiliki bintik-bintik pasca jerawat, hiperpigmentasi, atau bintik-bintik akibat sinar matahari atau penuaan, maka hydroquinone adalah apa yang kamu butuhkan. Bahan pencerah yang sudah terbukti ini membantu menghancurkan area yang terkena kelebihan pigmentasi. Jadi carilah produk kecantikan berbahan hydroquinone untuk melenyapkan noda di wajah.

Retinol

Jika kamu seandainya hanya bisa menggunakan salah satu dari beberapa bahan perawatan kulit yang ada dalam daftar ini selama sisa hidupmu, maka lebih baik pilihlah retinol. Retinol adalah sebuah bentuk vitamin A dan pada dasarnya bertujuan untuk mengatasi setiap keprihatinan kulit yang utama. Karena retinol mempercepat pergantian sel, maka retinol mencegah pori-pori menjadi tersumbat dan membersihkan jerawat yang ada. Retinol membantu meringankan warna yang tidak merata dari waktu ke waktu, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, dan meningkatkan tekstur kulit dan kecerahannya.

Beta Glucan

Bahan yang berasal dari tanaman ini mendorong kulit untuk memproduksi sel-sel kekebalan tubuh. Dengan cukup memberikan kulitmu beta glucan, maka ia akan memberikan kulitmu penampilan yang lebih halus dengan kilau kemerahan yang hampir instan.

Antioksidan

Radikal bebas adalah momok besar yang mendatangkan malapetaka pada kulit kita. Mereka terbentuk dari berbagai hal seperti sinar matahari, polusi, stres, dan sejenisnya. Antioksidan adalah salah satu bek terbaik untuk melawan mereka. Beta karoten, likopen, dan vitamin C dan E adalah semua antioksidan yang membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Peptida

Peptida adalah rangkaian asam amino yang secara harfiah “menyemangati” kulit dan memberitahunya untuk memproduksi lebih banyak kolagen, membuat kulit terlihat dan terasa lebih kencang, kenyal, dan tidak terlalu berkerut. Neuropeptida benar-benar dapat mengendurkan otot-otot wajah.