8 Cara Cerdas Menggunakan Bola-Bola Kapas

by Ummi on March 10, 2015

Kita biasanya menggunakan bola-bola kapas hanya untuk keperluan membersihkan sisa make up dan mengobati luka atau noda saja. Namun, sebenarnya bola kapas bisa berguna untuk berbagai macam hal. Berikut ini adalah beberapa penggunaan praktis dari bola kapas untuk seluruh keperluan rumah:

kegunaan bola kapas

  1. Menghilangkan noda bercak air yang membekas

Saat kran berbahan krom, berbagai kenop, atau peralatan aluminium lainnya mulai terlihat berpola bercak-bercak bulat, rendam bola kapas ke dalam larutan cuka dan air, lalu letakkan pada tempat yang bersinggungan selama beberapa menit untuk membuyarkan endapan mineral.

  1. Membuat kamar mandimu jauh lebih harum

Letakkan beberapa tetes minyak esensial yang beraroma manis seperti jeruk atau kayu manis ke beberapa bola kapas. Lalu, tumpuk bola kapas ke dalam sebuah mangkuk kecil dan atur di rak, di mana mereka akan memancarkan aroma yang lembut di kamar mandi.

  1. Meredakan sengatan sinar matahari

Bola kapas yang dicelupkan ke dalam cuka atau campuran baking soda dan air bisa menawarkan sedikit kelegaan untuk meringankan rasa perih akibat sengatan sinar matahari.

  1. Menghilangkan noda spidol yang permanent dari kulit

Jika anak-anak terlalu bersemangat selama waktu menggambar dan membuat tangan dan tubuh mereka penuh coretan spidol, maka cobalah tips untuk menghilangkannya dengan bola kapas. Caranya, celupkan bola kapas ke dalam air susu untuk melunturkan noda spidol yang sulit dihilangkan.

  1. Melakukan desinfektan pada tempat yang sensitif

Apakah kamu kesulitan untuk mencapai sudut atau celah yang sempit atau membersihkan barang-barang yang tidak boleh sembarangan dipegang seperti remote atau lampu? Maka gunakanlah cara berikut ini. Celupkan bola kapas ke dalam cairan spiritus, dan peras sisa kelebihannya. Lalu, gunakan untuk membersihkan daerah yang sulit dicapai tadi. Hal ini bisa dengan lembut menghilangkan kotoran dan membunuh kuman.

  1. Mengusir Semut

Untuk menjaga rumahmu dari gangguan semut, cobalah untuk mencampur bola kapas dengan sedikit air, boraks, dan gula. Letakkan campuran tersebut di piring kecil. Ramuan ini akan membuat semut tertarik dan emmbunuh serangga. Namun pastikan, jebakan ini jauh dari jangkauan binatang piaraan.

  1. Mengangkat noda tinta dari pakaian

Rendam bola kapas ke dalam spiritus dan gosokkan pada bekas tinta yang melekat di baju untuk merawat pakaian favoritmu.

  1. Membuat tangkai bunga segar bertahan lebih lama

Gunakan bola kapas untuk memasang batang bunga yang mekar saat kamu hendak mengganti air didalam vas. Mereka butuh hidrasi setiap saat, dan bola kapas akan menyimpan air dalam batang atau tangkai bunga.