≡ Menu
werno-werno.com

8 Cara Efektif Memperpanjang Daya Tahan Baterai

Saat smartphone kini memiliki berbagai macam fungsi, tentu hal ini akan berdampak pada usia baterai. Tentu kita semua ingin performa yang tinggi saat menggunakan smartphone. Seperti membuat banyak panggilan saat kita membuka beragam aplikasi, streaming video atau berselancar di dunia maya, bermain game 3D, namun tetap menginginkan baterai tetap bertahan lama selama beberapa hari. Tentu itu tidaklah mungkin, karena paling tidak kamu harus men-charge baterai satu kali sehari. Untuk memperpanjang daya tahan baterai agar tidak terlalu sering di charge, ikuti tips-tipsnya berikut ini:

  1. Lebih telitilah

Pastikan kamu telah menutup semua aplikasi saat kamu tidak menggunakannya. Salah satu cara cerdas lain adalah menginstall sebuah aplikasi yang bisa memantau aplikasi apa saja yang kamu gunakan dan paling menguras baterai. Untuk pengguna iPhone, untuk informasi paling dasar, pergi ke Home screen > Setting > General > Usage, lalu perhatikan berapa banyak pemakaian smartphonemu, dan berapa lama waktu stand by yang kamu miliki. Untuk merek ponsel yang lain, memiliki pengaturan yang hamper sama untuk memonitor penggunaan daya.

  1. Upgrade software

Para pengembang selalu secara konstan mengoptimalkan software mereka. Dan dengan adanya up-date ini, sering ada peningkatan dalam perbaikan kualitas daya tahan baterai. Carilah notifikasi dari ponselmu untuk mendapatkan up-date sesuai pengaturannya atau saat kamu terhubung ke komputermu.

  1. Minimalkan penggunaan servis berbasis lokasi

Jika kamu memiliki aplikasi yang menggunakan servis lokasi dan membutuhkan sinyal GPS seperti Maps atau Places, maka kana lebih baik jika kamu hanya mengaktifkannya saat diperlukan saja. Untuk mematikannya, pergi ke menu Setting, lalu cari fungsi ‘Service location’ dan pindah ke posisi Off.

  1. Matikan push notification

Push notification berarti sebuah update yang akan secara konstan ditambahkan ke email atau aplikasi yang kamu miliki. Untuk mematikannya, pergi ke menu Setting area dan notifikasi, lalu pilih Off.

  1. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth saat kamu tidak membutuhkannya

Jika kamu tidak menggunakan WiFi  secara berkala, maka matikanlah. Namun, jika kamu selalu berada di web, maka akan lebih menguntungkan untuk tetap menyalakan WiFi karena akan lebih hemat daya daripada harus menggunakan jaringan seluler. Lakukan hal yang sama pada koneksi Bluetooth. Jika tidak diperlukan, maka matikan.

  1. Perhatikan tempat di mana kamu berada

Saat ponselmu sedang mencari sinyal, maka itu akan menguras daya tahan baterai. Jika kamu memiliki ponsel berteknologi 4G dan sedang berada pada area yang belum merata jaringan 4G-nya, maka matikan jaringan 4G. jika kamu berada di daerah yang lemah atau bahkan tidak terjangkau sinyal seluler, maka lebih baik pindah ke mode pesawat (Airplane mode). Hanya ingatlah untuk mematikan mode pesawat saat kamu ingin membuat atau menerima panggilan.

  1. Kurangi tingkat kecerahan

Mungkin akan menyenangkan jika layar ponselmu super cerah, namun kamu akan membayarnya dengan daya tahan bateraimu. Jika pada smartphonemu terdapat fitur auto brightness, maka aktifkan fitur tersebut dan layar akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan tergantung pada kondisi pencahayaan sekitarnya.

  1. Charge smartphone dengan tepat

Pastikan kamu men-charge baterai hingga penuh dan dalam kondisi mati. Dan ada baiknya jika kamu melepas casingnya saat di charge, sehinga tidak akan terlalu menyimpan panas berlebihan..

0 comments… add one

Leave a Comment