8 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

by Ummi on January 27, 2015

Metabolisme adalah proses kimia di mana tubuh akan mengolah makanan yang kamu makan dan minum menjadi energi. Tubuhmu membutuhkan energi ini agar berfungsi optimal dan memungkinkanmu kuat melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari. Metabolisme juga diperlukan meski tubuh sedang beristirahat, untuk melakukan tugas seperti bernafas, mengalirkan darah ke seluruh tubuh, dan memperbaiki sel. Metabolisme tubuh bergantung pada beberapa faktor, seperti genetik, usia, level hormon, seks, ukuran tubuh dan komposisinya, serta tingkat aktivitas.

Metabolisme yang lambat atau rendah, bisa memberi dampak besar pada tingkat energi, berat badan, dan kesehatan secara keseluruhan. Beberapa penyebab rendahnya metabolisme adalah pola makan kurang gizi, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, berpuasa, ngemil makanan/ minuman yang mengandung gula tinggi, kadar lemak tubuh yang tinggi, dan sering terkena demam. Pria biasanya memiliki level metabolisme yang lebih tinggi daripada wanita. Jika kamu merasa metabolismemu rendah atau lambat, ikuti 8 perubahan gaya hidup dan pola diet berikut ini untuk meningkatkannya :

  1. Teh hijau

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1999 silam oleh Universitas Jenewa Swiss, menemukan bahwa teh hijau bisa menaikkan tingkat metabolisme dan mempercepat oksidasi (penguapan) lemak. Hal ini berkat adanya Flavonoid dan antioksidan kuat dalam teh hijau.

  • tambahkan 1 sdm daun teh hijau ke dalam segelas air panas.
  • tutupi dan biarkan terendam hingga selama 5-10 menit.
  • saring dan tambahkan sedikit madu.
  • minum 2-3 cangkir seduhan teh hijau ini setiap hari.

Kamu juga bisa mengonsumsi 300-400 mg kapsul ekstrak teh hijau setelah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Cabe rawit

Cabe rawit memiliki kandungan Capsaisin yang memiliki efek positif pada Thermogenesis, proses di mana sel tubuh akan mengolah energi menjadi panas. Berdasarkan studi yang dilakukan di Aurhus University Denmark pada tahun 2008, konsumsi capsaisin terbukti mampu meningkatkan thermogenesis, yang pada gilirannya akan membangkitkan temperatur/ suhu tubuh dan metabolisme. Untuk itu, kamu bisa menambahkan cabe rawit atau bubuk cabe ke dalam makanan favoritmu.

  1. Cuka apel

Cuka apel adalah ramuan lain yang bagus untuk meingkatkan tingkat metabolisme, membuatmu mampu membakar kalori dengan lebih efisien. Cuka apel akan membantu menambah basa tubuh, sehingga mencegah tubuhmu menjadi terlalu asam. Campurkan 1-2 sdt cuka apel yang murni dan tidak disaring ke dalam segelas air. Minum ramuan ini setiap pagi sebelum makan setiap harinya.

  1. Air lemon hangat

Jika kamu ingin meningkatkan metabolismemu, meminum segelas air lemon hangat akan banyak membantu. Air lemon juga bisa membuatmu terhidarsi dan membantu melawan hasrat untuk selalu makan. Caranya, tambahkan air perasan dari ½ sdt lemon ke dalam air hangat. Campur dengan 1 sdt madu dan ½ sdt lada hitam bubuk. Minum di pagi hari dalam kondisi perut masih kosong.

  1. Jahe

Jahe memiliki kualitas Thermagonik, yang berarti saat kamu mengkonsumsinya maka dengan cepat akan meningkatkan temperatur tubuh. Ini akan membantu meningkatkan metabolismemu, plus jahe juga bisa menambah perasaan puas (kenyang), sehingga kamu akan makan dalam porsi sedikit dan lebih cepat membakar kalori. Tambahkan 1 sdt jahe cincang segar ke dalam 1 gelas air menididh. Tutup dan biarkan hingga tercampur selama 10-15 menit. Saring dan tambahkan madu. Seruput wedang jahe ini dengan perlahan 2-3 kali sehari. Kamu juga bahkan bisa mengunyah langsung 1 ruas kecil dari jahe segar.

  1. Tingkatkan asupan cairan

Minum air putih atau cairan lain yang menyehatkan, bisa meningkatkan metabolisme dan menolong tubuhmu membakar lemak dengan cepat. Menurut studi yang dipublikasikan di dalam Journal of Clinical Endrocinology and Metabolism, meminum 500 ml air bisa meningkatkan metabolisme sebesar 30%. Di sisi lain, bahkan dehidrasi (kekurangan cairan) ringan sekalipun akan memperlambat metabolisme. Maka dari itu, minumlah 8-10 gelas air putih sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan harianmu. Kamu juga bisa menyelinginya dengan teh hijau, cammomile, atau peppermint. Sertakan pula buah dan sayuran yang berair ke dalam dietmu.

  1. Dapatkan vitamin D

Vitamin D bisa mempercepat metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Ditambah lagi, vitamin D juga bisa meningkatkan penyerapan usus akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfat, dan seng yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Jemur tubuhmu di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit setiap hari. Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin D seperti ikan berlemak, susu yang diperkaya, hati, dan telur.

  1. Rajin berolahraga

Olahraga rutin adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan metabolisme. Saat kamu berolahraga, tingkat metabolisme akan naik. Di waktu yang sama, olahraga juga akan menjaga pengeluaran energi saat istirahat agar tetap tinggi selama masa pemulihan. Lakukan 2 kali sesi latihan anaerobik selama 30 menit seperti push up, pull up, dan sprint setiap hari. Lakukan dua kali sesi latihan kekuatan setiap minggu. Lakukan latihan aerobik seperti berjalan, lari, renang, dan bersepeda selama 30 menit setiap hari..