≡ Menu
werno-werno.com

8 cara mudah & cepat untuk menghentikan cegukan

Pernahkah kamu mengalami cegukan?cegukan tidak hanya sekedar reflex biasa. Cegukan bias terjadi saat saraf Vagus atau salah satu cabangnya yang membentang dari otak ke perut teriritasi. Cegukan juga berkaitan dengan kontraksi tiba-tiba otot difragma yang terganggu oleh suatu hal. Para ahli mengatakan cegukan yang biasanya terjadi merupakan reaksi terhadap gangguan pencernaan. Dan cegukan tidak lebih dari sekedar gangguan biasa, bukan merupakan gejala yang lain.

8 cara mudah & cepat untuk menghentikan cegukan secara alami

Penyebab dari cegukan sendiri ada banyak, diantaranya adalah, makan dan minum terlalu cepat atau terlalu banyak, langsung minum air dingin setelah makan makanan yang panas, batuk dan tertawa terlalu keras, dan lain-lain. Ramuan alami yang biasa digunakan untuk menghentikan cegukan dipercaya bekerja dengan dua cara. Pertama, menahan cegukan dengan memenuhi saraf vagus dengan sensasi lain. Otot vagus akan memberi sinyal ke otak bahwa ada sesuatu yang lebih penting telah muncul, jadi saatnya untuk menghentikan cegukan. Metode yang lain adalah dengan cara mengganggu system pernafasan, dan meningkatkan jumlah karbondioksida dalam darah yang mungkin akan menyebabkan tubuh menjadi lebih berkonsentrasi untuk menyingkirkan karbondioksida daripada membuat cegukan. Jika kamu mengalami cegukan yang cukup parah dan terus berlanjut, maka ada baiknya kamu mempraktekkan ramuan alami berikut ini untuk segera mengehentikannya:

  • Telan sesuatau yang manis

Menelan sesendok makan gula pasir, sangat popular digunakan sebagai cara menghentikan cegukan. Ini disebabkan karena butiran-butiran halusnya sedikit bisa mengiritasi kerongkongan, dan menyebabkan saraf Frenikus untuk  ‘mereset’ dirinya sendiri sehingga bisa kembali normal.

  • Makan sesuatu yang asam

Ambil satu sendok teh cuka, lalu makanlah. Rasa asamnya konon bisa menghentikan cegukan.

  • Gunakan selai kacang

Ini merupakan salah satu ramuan klasik untuk meredakan cegukan. Selama proses menelan dan memasukkan selai kacang ke dalam lidah dan gigi, maka pola menelan dan bernafasmu akan terganggu, dan akan segera menghentikan cegukan.

  • Saos sambal pedas

Ramuan ini mungkin saja akan bekerja dengan baik, karena rasa panas dan terbakar yang ditimbulkan sambal cukup mengganggu untuk mengalihkan fokus tubuhmu pada rasa terbakar dibandingkan harus cegukan.

  • Kunyahlah biji Dill

Ini merupakan salah satu cara yang paling simpel dan menyenangkan. Kunyahlah satu sendok teh biji Dill secara perlahan-lahan. Bahan tradisional ini mungkin akan berhasil karena dengan menelan biji-bijian tersebut, bisa menstimulasi saraf Vagus untuk membuat cegukan berhenti.

  • Sesendok madu

Ambillah satu sendok makan madu, dan campur dengan sedikit air hangat, lalu letakkan di bagian belakang lidah, dan telan. Sperti halnya biji Dill, madu juga akan berpotensi menggelitik saraf vagus agar cegukan berhenti.

  • Ramuan cokelat

Makanlah satu sendok teh coklat bubuk yang siap minum. Menelan sesendok teh coklat bubuk tidaklah mudah, dan bisa menghentikan cegukan.

  • Gunakan kantong kertas

Bernafaslah secara perlahan dan tarik nafas dalam-dalam di kantong kertask kecil. Hal ini akan meningkatkan kadar karbondioksid dalam darah dan membuat otot diafragma berkontraksi lebih dalam untuk membawa oksigen yang lebih banyak, dan akan segera menghentikan cegukan..

0 comments… add one

Leave a Comment