≡ Menu
werno-werno.com

8 Cara Sederhana Agar Tampak & Menjadi Lebih Pintar

Apakah kamu sedang berjuang menjalani hari-hari penuh tugas dan skripsi selama semester akhir kuliah? Atau sedang pusing dengan setumpuk PR di sekolah? Atau kamu hanya ingin tampak kelihatan lebih cerdas di depan teman-temanmu? Apapun alasannya, kamu bisa melakukan banyak hal agar kamu bisa tampak dan menjadi lebih pintar dan cerdas. Berikut akan kami ulas 10 trik sederhana untuk meningkatkan kekuatan otakmu yang sebenarnya :

cara agar lebih pintar

Membacalah dengan lebih cepat dan baik

Sudah jelas sekali bahwa salah satu cara terbaik untuk meningkatkan intelejensimu (kecerdasan) adalah dengan lebih banyak membaca! Kamu bisa membaca dengan lebih cepat (sehingga akan mengkonsumsi lebih banyak pengetahuan) dengan cara membuat mulutmu sibuk dengan melakukan hal yang lain disaat kamu sedang membaca. Ketika kamu memberikan mulutmu sesuatu yang lain untuk dilakukan sementara kamu sedang membaca, kamu bisa melepaskan diri dari mekanisme pidato di otak, sehingga apa yang kamu baca bisa langsung menuju ke kesadaranmu, bukannya diperlambat oleh otakmu karena perlu terlebih dulu mencari tahu bagaimana mengatakan kata-kata tersebut.

Jadi, berikan mulutmu sesuatu untuk dilakukan, seperti makan, bersenandung, atau mengunyah permen karet untuk melalui hal-hal tersebut dengan cepat. Lalu, luangkan waktu untuk menyerap dan merefleksikan apa yang telah kamu baca untuk menjaganya tetap berada di memori ingatabmu. Entah itu bacaan ‘berat’ atau hanya sekedar informasi di Wikipedia, kamu akan terkejut akan betapa banyaknya hal yang bisa kamu pelajari saat kamu membaca dengan cepat dan baik.

Suarakan pendapatmu (dan lakukan dengan penuh ekspresi)

Semakin sering kamu bisa ikut andil dan terlibat dalam sebuah percakapan, rapat, atau diskusi, maka akan semakin tampak pintarlah kamu nanti jadinya. Bahkan jika itu berarti kamu hanya menyatakan ketidakfahaman atau mengajukan pertanyaan, kamu masih akan tetap terlihat lebih baik daripada jika kamu hanya diam saja, dan kamu mungkin benar-benar bisa belajar sesuatu dalam proses tersebut.

Perkataan yang ekspresif adalah kuncinya : kamu bisa dengan banyak meningkatkan kredibilitasmu hanya dengan cara memastikan bahwa kamu berbicara dengan nada yang menarik. Ubah pitch dan volume suaramu bila diperlukan, dan cobalah untuk meminimalkan jumlah jeda saat kamu berbicara. Dengan sedikit percaya diri kamu bisa tampil lebih baik.

Jangan berbicara omong kosong

Kamu tentu pernah mengalami, jika ada seseorang yang mencoba meyakinkan dirimu akan sesuatu, mereka sering menempuh cara-cara manis dengan mengumbar kata-kata yang besar untuk menarik perhatian dan emosimu. Dengan kamu bisa melacak dan mengetahui pembicaraan yang omong kosong dari seseorang, kamu akan bisa menghindari agar kamu juga tidak melakukan hal yang sama (bicara omong kosong) pada dirimu sendiri, yang mana itu bisa menjadi pukulan besar bagi kredibilitasmu jika seseorang mengetahuinya.

Fokuslah pada apa yang kamu ketahui

Saat terlibat dalam sebuah diskusi yang mulai memanas dengan temanmu, kamu bisa saja tersandung pada beberapa lubang (kekurangan) dalam pengetahuanmu. Itu tak masalah jika kamu memang benar-benar tidak tahu akan suatu hal, namun jika kamu merasa sangat sadar diri dan ingin tetap menjaga penampilan kecerdasanmu, maka kunci utamanya adalah : selalu menekankan pada apa yang kamu tahu saja.

Jika kamu terlibat dalam sebuah argumen, jangan terlalu menekan sebuah ketidak setujuan (perselisihaan) sebagai persetujuan (ngotot dengan pendapatmu). Dengan cara itu, kamu tidak akan terlalu menyimpang dari hal-hal yang kamu tahu. Kamu bisa menekankan bagian-bagian yang kamu tahu sambil tetap bisa ambil bagian dalam sebuah diskusi.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment