8 Fakta Mengejutkan Seputar Jerawat

by Ummi on February 10, 2015

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki jenis kulit berjerawat? Kebingungan untuk menentukan solusi terbaik dalam mengatasi jerawat?  Jika iya, simak 8 fakta menarik mengenai jerawat berikut ini untuk lebih memperkaya pengetahuanmu:

fakta mengejutkan seputar jerawat

  1. Jerawat adalah jenis kondisi kulit yang paling umum di Amerika Serikat

Berdasarkan ‘Academy of Dermatology’, jerawat yang ringan hingga menengah dialami oleh 40-50 juta warga Amerika. Dan bisaanya jerawat akan mulai muncul saat masa pubertas, dan dialami oleh hampir 100% remaja. Jerawat juga tidak tertentu pada kelompok usia tertentu. Faktanya, jerawat juga dialami oleh 20 % orang dewasa dengan usia antara 25-44 tahun.

  1. Hanya ada satu penyebab utama munculnya jerawat

Saat kelenjar minyak di wajah kelebihan produksi, dan dikombinasikan dengan sel kulit mati, maka keduanya akan menyumbat pori-pori dan kantung (folikel) rambut. Lalu, bakteri akan berkembang biak pada pori-pori dan folikel yang tersumbat ini, sehingga menyebabkan sebuah tonjolan.

  1. Pemicu dari luar bisa membuat tonjolan jerawat semakin parah

Faktor keturunan, hormon, dan kondisi lingkungan juga bisa menentukan seberapa parah jerawat yang kamu derita. Begitu pula dengan stress, diet, olahraga dan bagaimana caramu merawat kulit, bisa juga berperan. Ingin tahu biang kerok yang lain? Handphone yang kotor, sarung bantal yang kumal, dan semua hal yang penuh dengan kotoran, minyak, dan bakteri.

  1. Ada 6 jenis jerawat

Komedo dan jerawat whiteheads, adalah tonjolan yang sedikit menyembul, yang disebabkan oleh penumpukan minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang menghalangi pori-porimu. Papula dan bisul adalah tonjolan yang lebih besar, yang disebabkan ketika pori-pori yang tersumbat menjadi teriritasi. Papula adalah tonjolan yang keras dan menyembul, yang mungkin akan sedikit empuk saat disentuh. Bisul yang biasa sering dikira jerawat adalah tonjolan dengan bagian atas berwarna putih / kuning berisi nanah, dan dasarnya berwarna merah. Sedangkan bintil dan kista yang berisi nanah adalah jenis jerawat yang paling parah yang harus diatngani oleh seorang dokter kulit. Mereka biasanya terlihat sangat besar, menyakitkan, dan berbentuk padat.

  1. Mencuci muka berulang kali tidak akan bisa membersihkan jerawat

Over eksfoliasi dan terlalu berlebihan dalam membersihkan wajah bisa benar-benar memperparah masalah jerawatmu. Hal tersebut bisa mengiritasi dan membuat kulitmu menjadi kering, sehingga membuatmu lebih banyak memproduksi minyak dan memperparah jerawat. Berlebihan dalam melakukan perawatan jerawat (acne treatment) juga bisa menimbulkan efek yang sama. Jadi, tetaplah konsisten membasuh wajah, mengobati, dan melembabkan wajah berjerawatmu hanya dua kali sehari saja, setiap pagi dan malam.

  1. Coklat tidaklah menyebabkan munculnya jerawat

Begitu pla dengan pizza , kacang tanah, atau kentang goreng. Sebenarnya, ada sedikit bukti bahwa beberapa makanan tertentu bisa benar-benar menyebabkan jerawat. Meskipun begitu, tetap terhidrasi dan makan makanan yang sehat bisa memperbaiki dan menyehatkan kulitmu.

  1. Make-up yang mengandung mineral minyak bisa memperburuk jerawat

Sebenarnya, apapun yang terbuat dari minyak bisa memperburuk jerawat, termasuk pelembab dan produk rambut yang mungkin tidak sengaja menyusup ke wajahmu. Sebagai gantinya, cari produk kosmetik yang bebas minyak (oil free) atau tertulis ‘non comedogenic’ pada label kemasannya.

  1. Paparan matahari bisa mengurangi tonjolan jerawat

Menghabiskan sedikit waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari, bisa bermanfaat untuk jerawat. Idealnya, 10-20 menit. Namun terlalu banyak paparan matahari bisa menjadi hal yang buruk, karena menyebabkan tonjolan yang lebih parah dan menggelapkan luka jerawat yang telah ada. Dan, berapa lamapum kamu berada di luar, memakai tabir surya dan pelembab bebas minyak dengan SPF adalah sebuah keharusan..