≡ Menu
werno-werno.com

8 Fakta Tentang Apel Yang Perlu Kamu Tahu

Apel merupakan salah satu buah favorit yang hampir disukai oleh setiap orang. Rasanya yang manis dan segar ternyata memiliki banyak fakta yang menarik. Ingin tahu segala sesuatu tentang buah yang satu ini ? simak 8 fakta tentang apel berikut ini:

fakta tentang apel

  1. Memakan apel bisa mencerahkan gigimu

Meski tidak bisa menggantikan posisi pasta gigi, namun kandungan asam dalam apel benar-benar mampu membersihkan dan mencerahkan gigi. Sensasi renyah (crunchy) saat mengunyah apel, juga bisa berperan seperti sikat gigi mini yang bisa merontokkan noda yang menempel di gigi.

  1. Apel adalah buah favorit nomor dua di Amerika

Penduduk Amerika rata-rata mengkonsumsi lebih dari 8,5 kilogram apel utuh dalam setiap tahunnya, dan lebih dari 20 kg gabungan dari buah apel segar dan produk dari apel seperti jus, selai, saus, dan lain-lain.

  1. Apel yang kamu beli di supermarket bisa jadi berusia satu tahun lebih

Tapi jangan khawatir, hal itu sepenuhnya aman bagi kita. Para petani apel menggunakan teknologi yang di namakan ‘Controlled Atmosphere Storage’ yang memungkinkan mereka untuk mengatur temperatur dan atmosfer di tempat di mana apel akan di simpan. Yang berarti, mereka akan mengantarkan apel kepada konsumen dalam kondisi yang tetap segar dan renyah.

  1. Apel mengandung sekitar 25% udara

Itulah mengapa, apel akan tetap mengambang saat di masukkan ke dalam air.

  1. Ada lebih dari 7500 varietas apel yang tumbuh di seluruh dunia

Lebih dari 2.500 jenis saja, tumbuh di Amerika Serikat. Namun, China lah yang memiliki jenis buah apel yang paling banyak di dunia. Salah satu apel yang menjadi ciri khas di Indonesia, adalah buah apel hijau Batu, yang berasal dari kota Malang, Jawa Timur.

  1. Jenis apel yang paling banyak dibudidayakan adalah apel merah (Red Delicious)

Disusul selanjutnya oleh apel jenis Gala, Golden Delicious, Granny Smith, dan apel Fuji.

  1. Apel terberat yang pernah di catat berbobot 1,7 kg

Apel ini ditemukan di Jepang pada bulan Oktober tahun 2005 silam.

  1. Apel bisa membantu mematangkan buah yang lain

Apel akan mengeluarkan gas etilen yang bisa mempercepat proses pematangan. Kamu bisa menempatkan alpukat, tomat, mangga ataubuah lain yang belum matang (mentah) ke dalam tas bersama dengan satu buah apel untuk mematangkan mereka lebih cepat..

2 comments… add one

Leave a Comment