≡ Menu
werno-werno.com

8 Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Perut Kembung

perut kembung biasanya berasal dari kelebihan udara yang terperangkap dalam saluran pencernaan. Suatu saat perut kembung terasa seperti ada sebuah bola basket yang tersangkut di perutmu, atau seluruh bagian tengah tubuhmu seperti dipenuhi dengan air. Apapun sensasi yang kamu rasakan, satu hal yang pasti : perut kembung rasanya tidak nyaman. Dan meski jarang menjadi pertanda dari sesuatu yang serius, dan biasanya akan segera hilang setelah beberapa jam kemudian, namun perut yang membuncit bisa membuatmu merasa lesu, kagok, dan menduga jika kamu tidak akan pernah bisa mengancingkan celanamu.

Banyak hal yang bisa jadi alasan mengapa perut terasa kembung, diantaranya adalah melakukan beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan perutmu menjadi kembung, seperti yang akan diulas berikut ini beserta solusi untuk mengatasinya;

1. Kamu makan terlalu cepat

Memang, tuntutan hidup dizaman modern sekarang ini, mengharuskan kita untuk bergerak cepat dan serba singkat, namun jika hal tersebut juga mengakibatkanmu makan dengan tergesa-gesa, maka waspadalah : selain makanan, kamu juga akan menelan udara pemroduksi gas, yang bisa menggelembungkan perutmu. Udara yang terjebak bukanlah satu-satunya pemicu di sini. Saat kamu makan dengan tergesa, kamu tidak bisa mengunyah dengan baik, dan hal tersebut menyebabkan potongan-potongan makanan yang lebih besar menetap di lambungmu dalam waktu lama untuk menunggu agar dicerna dengan sepenuhnya.

Bahaya lain dari makan dengan cepat adalah : kamu kehilangan jejak dari berapa banyak jumlah kalori yang kamu makan, dan menjejali perutmu dengan makanan membuatmu perutmu terasa seperti boneka. Sebagai ganti dari makan dengan tergesa, makanlah dengan perlahan setidaknya selama 20 menit untuk duduk makan yang lebih lama. Dalam waktu tersebut, adalah waktu yang dibutuhkan otak untuk bisa merasakan kenyang, memberikan sinyal bahwa sudah waktunya untuk selesai makan, sehingga kamu tidak akan makan berlebihan.

2. Kamu terbiasa makan siang dengan roti sandwich

Meskipun produk makanan fast food yang tersehat sekalipun, masih tetap mengandung sodium. Studi terbaru menemukan bahwa kandungan sodium yang biasanya terdapat pada roti sandwich bisa menyumbang dari 20% asupan sodium harianmu. Roti dan daging asap yang kerap menjadi bahan baku dari sandwich menduduki peringkat teratas makanan yang paling banyak mengandung sodium. Disarankan, untuk membatasi asupan sodium dibawah 2.300 mg untuk mencegah asupan sodium berlebihan yang bisa memicu kembung. Sebagai alternatif, kamu bisa mengganti menu makan siangmu tanpa menggunakan roti dan menggantinya dengan salad misalnya.

3. Kamu biasa minum dengan sedotan

Saat ini, banyak sekali jenis minuman seperti jus buah, es kopi, smoothie, yang dirancang untuk diseruput melalui sedotan. Apalagi jika kamu membelinya di restoran atau kedai minuman, pasti disuguhkan dengan sedotan. Namun senyaman-nyamannya minum menggunakan sedotan, mereka akan memaksamu untuk memasukkan ekstra udara, dan hal itu membuatmu merasa seperti bola karet. Tak peduli seberapa pelan atau dalam caramu menyedotnya, udara akan tetap terperangkap di bagian ujung atas sedotan, dan itu sulit untuk dihindari. Sebisa mungkin, minumlah langsung dari tepi gelas sebagai ganti dari sedotan.

4. Kamu gemar mengkonsumsi makanan kemasan

Sekali lagi, yang menjadi biang keroknya disini adalah sodium. Sodium digunakan sebagai bahan pengawet dari begitu banyaknya makanan instan kemasan. Kamu tentu tahu biskuit kraker dan aneka keripik adalah bom sodium, namun bahkan makanan yang tampaknya mneyehatkan sekalipun seperti sup, salad dressing, sereal, dan saus tomat kemasan bisa juga mengandung jumlah sodium yang tinggi yang dengan mudah menyebabkanmu melewati batasan maksimal sodium harian sebesar 2.300 mg. Mengelaklah dari dampak perut kembung dengan cara membaca dengan benar kandungan gizi pada label makanan kemasan dan carilah yang kandungan sodiumnya kurang adri 500 mg per sajiannya. Dan tentu saja, kurangi pula mengkonsumsi makanan kemasan dan penuhi piringmu dengan makanan bebas atau rendah sodium yang alami seperti buah, sayuran, dan biji-bijian utuh.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment