≡ Menu
werno-werno.com

8 Makanan Penting Untuk Tulang Yang Kuat

Tulang adalah system penyangga tubuh selama masa hidupmu, jadi sangat penting untuk menjaganya tetap sehat dan kuat, tulangmu secara umum akan menopang tubuhmu, melindungi organ vitalmu, menyediakan penyangga bagi ototmu untuk melekat dan menyimpan mineral esensial saat tubuh sangat membutuhkannya.

makanan penguat tulang

Membangun kepadatan tulang

Sangat mudah untuk berpikir jika tulang sebagai inert (tidak bisa beraksi), tetapi tulang itu hidup, jaringannya tumbuh, yang terus menerus  akan rusak dan dibangun kembali. Sebelum kamu mencapai usia 30, penting untuk fokus pada pembentukan kepadatan tulang. Karena, setelah usia 30, tubuh akan cenderung lebih banyak mengalami pengeroposan tulang daripada pembentukan tulang. Wanita akan lebih rentan terkena dampaknya daripada pria, namun satu dari empat orang pria yang usianya diatas 50 tahun juga bisa menderita tulang keropos disebabkan tulang yang lemah.

Membangun struktur tulang yang kuat

Saat berbicara tentang membangun tulang yang kuat, ada dua nutrisi kunci yang dibutuhkan : kalsium dan vitamin D. Kalsium akan menopang struktur tulang dan gigimu, sementara vitamin D akan meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Selain itu, vitamin K, magnesium, fosfor, dan vitamin C juga sama pentingnya untuk memperkuat tulang. Jika kamu memiliki osteoporosis, mendapatkan banyak asupan kalsium dan vitamin D akan memperlambat penyakitnya dan mencegahnya patah tulang.

Di usia manapun, pria atau wanita, ada beberapa makanan yang harus dimakan untuk melindungi dan memperkuat tulang, diantaranya adalah :

1. Yogurt

Sebagian besar orang mendapatkan asupan vitamin D-nya dari berjemur dibawah sinar matahari pagi, namun ada beberapa jenis makanan tertentu, seperti yogurt yang juga diperkaya dengan vitamin D. Semangkuk yogurt bisa menjadi cara yang creamy untuk mendapatkan asupan kalsium harianmu.

2. Prune (buah plum kering)

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa plum kering bisa mencegah pengeroposan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang untuk mencegah kerapuhan tulang dan osteoporosis. Lauren Graff, seorang pakar diet menambahkan bahwa, “Prune juga tinggi antioksidan, terutama polifenol. Para peneliti berspekulasi bahwa kandungan antioksidan yang tinggi bisa melindungi tulang. Selain itu, Prune juga kaya vitamin K, yang bisa meningkatkan keseimbangan kalsium.”

Cobalah menambakan prune cincang dan almond diatas yogurt yang creamy dan kaya kalsium. Atau kamu bisa memanggang roti tawar menggunakan olive oil dan taburi atasnya dengan prune cincang, irisan tipis lemon dan keju feta.

3. Keju

Hanya karena keju penuh dengan kalsium, tidak berarti kamu perlu memakan keju secara berlebihan. Cukup dengan 1.5 ounce atau setara dengan selembar keju cheddar, mengandung lebih dari 30 % jumlah kalsium harianmu, jadi nikmati dengan sewajarnya saja.

Selain itu, sebagian besar jenis keju juga mengandung sejumlah kecil vitamin D, namun belumlah cukup untuk memberikan tambahan besar dalam kebutuhan vitamin D harianmu.

4. Ikan sarden

Penelitian menduga bahwa asam lemak Omega-3 yang biasanya terdapat pada jenis ikan sarden, tuna, dan salmon, dapat memperlambat pengeroposan tulang. Sarden juga kaya akan vitamin D, nutrisi pembangun tulang yang sangat sulit diperoleh dari makanan. Tulang-tulang ikan sarden yang tipis dan lembut  juga menjadi sumber kalsium yang mengejutkan. Selain itu, sarden juga sumber ynag baik dari fosfor, mineral yang bertugas untuk memperkuat struktur tulang.

Dan, masih ada bonus lagi, ikan sarden merupakan pilihan seafood yang selalu tersedia sepanjang waktu dan sumber protein dengan harga terjangkau. Kamu bisa mengolah ikan sarden kalengan kedalam berbagai menu makanan yang praktis dan menyehatkan sebagai sumber makanan untuk memperkuat tulang.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment