8 makanan terburuk bagi kesehatan

by Ummi on November 13, 2014

Saat ini, banyak sekali beredar berbagai jenis makanan dengan aneka rasa dan penampilan yang menggugah selera. Mulai dari pizza, burger, fried chicken, france fries, hingga hot dogs. Namun, tahukah kamu? Dibalik rasanya yang enak dan bikin lidah bergoyang, ada beberapa makanan yang justru bisa membahayakan dan buruk bagi kesehatan kita. Ingin tahu makanan apa sajakah itu? Berikut adalah makanan terburuk bagi kesehatan tubuh kita yang perlu kamu waspadai:

Makanan yang tidak baik buat kesehatan

  1. Es krim

Hmmm.. siapa yang tidak suka es krim? Rasanya yang manis dan memiliki aneka rasa, membuat hampir setiap orang menyukai makanan yang satu ini. Tapi sayang, berbagai jenis es krim yang beredar saat ini tidak hanya penuh dengan kandungan gula, namun juga mengandung lemak trans, pewarna dan perasa buatan yang kebanyakan dikenal sebagai Neurotoxin (bahan kimia berbahaya bagi otak dan sistem saraf tubuh). Walaupun masih ada beberapa jenis es krim yang berbahan lebih sehat, namun kebanyakan produk es krim yang beredar sangat berbahaya bagi kesehatan.

  1. Tortilla & Corn Chips (keripik jagung)

Semenjak makanan rekayasa genetik muncul, sebagian besar keripik jagung yang kita konsumsi sangat merusak kesehatan, karena tidak alami. Jagung bisa menyebabkan fluktuasi gula darah yang cepat, yang erat kaitannya dengan perubahan mood, masalah berat badan, mudah marah, dan masih banyak gejala yang lainnya. Kebanyakan jagung, telah digoreng dalam minyak yang telah menjadi tengik dan bisa memicu peradangan.

  1. Daging asap

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh jurnal ‘Circulation’, konsumsi harian akan daging olahan seperti daging asap bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung sebesar 42 %, dan penyakit diabetes sebesar 19 %. Sebuah studi lain dari University of Columbia juga menyatakan bahwa dengan memakan daging asap bisa menyebabkan kerusakan fungsi paru-paru dan meningkatkan resiko terkena penyakit paru-paru.

  1. Hot Dogs

Sebuah studi dari University of Hawaai menemukan bahwa dengan mengonsumsi hot dogs dan daging olahan lainnya bisa meningkatkan resiko terkena kanker pancreas sebesar 67 %. Salah satu bahan yang ditemukan baik dalam daging asap ataupun hot dog adalah Sodium Nitrat. Ini merupakan sel pemicu kanker yang berkaitan dengan Leukimia pada anak-anak dan tumor otak pada bayi.

  1. Pizza

Meski tidak semua pizza buruk bagi kesehatan, namun sebagian besar pizza beku dan dijual secara komersial di supermarket penuh dengan pengembang adonan buatan dan pengawet makanan. Pizza tersebut terbuat dari tepung terigu putih yang sudah di bleaching (di campur pemutih), dan akan bereaksi didalam tubuh yang menyebabkan kenaikan berat badan dan akdar gula yang tidak seimbang.

  1. Kentang goreng / france fries

Tidak hanya ciri khas kentang goreng yang mengandung lemak jenuh saja yang terkait dengan daftar panjang berbagai penyakit, namun kentang goreng juga mengandung salah satu pemicu kanker yang paling potensial yang terkandung dalam sebuah makanan, yaitu Acrylamide. Acrylamide akan terbentuk saat kentang putih dipanaskan dalam suhu yang tinggi. Disamping itu, sebagian besar minyak yang digunakan untuk menggoreng akan berubah menjadi tengik pada suhu yang tinggi atau saat terkena oksigen. Sehingga, makanan tadi menyebabkan peradangan dalam tubuh dimana berdasarkan banyak penelitian, sudah terbukti bahwa peradangan merupakan faktor utama pemicu masalah kondisi kesehatan yang serius sepereti serangan jantung , kanker, dan asam urat.

  1. Soda

Menurut penelitian yang dialkukan oleh Dr. Joseph Mercola, mengatakan bahwa dalam satu kaleng soft drink ataupun minuman bersoda terdapat sekitar 10 sendok teh gula, 150 kalori, 30-55 mg Caffeine, dan dipenuhi pula dengan peawarna makanan buatan. Selain itu, soda juga sangat asam. Dibutuhkan lebih dari 30 gelas air dengan pH Balance untuk dapat mentralkan keasaman pada satu kaleng cola. Residu asam ini akan memperberat kerja ginjal karena harus menyaringnya. Mineral alkali seperti kalsium juga akan disebarkan kedalam darah guna membantu menetralkan keasaman, sehingga dapat melemahkan tulang dari waktu ke waktu.

  1. Donat

Kebanyakan donat mengandung 35-40% lemak trans yang sangat berkaitan dengan penyakit otak dan jantung, begitu pula dengan kanker. Itu semua belum ditambah dengan kandungan gula, pengembang adonan buatan,dan bahan makanan lain yang terdapat pada donat. Donat juga mengandung sekitar 300 kalori..