8 Makanan Untuk Mengobati Perut Kembung

by Ummi on March 13, 2015

Mengalami perut kembung memang terasa merepotkan. Sensasi penuh dan begah dalam perut membuat kita tidak nyaman saat melakukan berbagai aktifitas. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang ampuh untuk mengatasi kembung. Diantaranya adalah:

makanan untuk mengobati kembung

  1. Air

Minum air putih adalahhal nomer satu yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa kembung. Orang sering merasa kembung saat mereka mengalami sembelit atau susah BAB. Sementara air, bisa menjaga semuanya tetap berjalan lancar. Air juga dapat mengeluarkan kelebihan dorongan sodium akibat kembung.

  1. Yogurt

Kandungan prebiotik alias bakteri baik dalam yogurt bisa melakukan kehebatan untuk menjaga system usus besarmu berjalan normal, dan membuat perutmu tetap datar. Bakteri ini juga sangat baik untuk mengurangi kelebihan gas yang bisa terus menumpuk dari dalam perutmu sepanjang waktu.

  1. Semangka

Buah dan sayur yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti semangka, nanas, tomat, dan mentimun bisa membantu mengeluarkan sodium saat perut kembung dan mengatasi sembelit, seperti halnya meminum segelas air.

  1. Aneka buah berries

Buah yang biasa dikonsumsi utuh beserta kulitnya seperti raspberrie, blueberrie, strawberrie, pear, dan apel menawarkan ekstra serat yang menjadi pelawan kembung paling manjur.

  1. Pisang

Potassium yang terdapat pada pisang telah terbukti mampu meringankan kembung dengan cara membantu mengatur tingkat sodium pada tubuh. Begitu pula dengan buah yang kaya potassium lainnya seperti alpukat, pistachio, dan jus jeruk.

  1. Sup sayuran rendah sodium

Buatlah sayuran yang penuh dengan sayuran dan berkuah banyak untuk menyiram system pencernaanmu sekaligus memberikan ekstra serat. Namun, pastikan untuk menghindari sup kalengan yang tinggi sodium.

  1. Pepaya

Papaya, nanas, dan anggur memiliki enzim pencernaan yang bisa menghancurkan protein dalam usus besarmu, sehingga membuat pencernaanmu berjalan lebih mudah. Sediakan selalu papaya untuk mendampingi makanan tinggi protein seperti daging atau ayam.

  1. Salmon

Disamping memiliki berbagai manfaat kesehatan yang lain, asam lemak Omega -3 yang terdapat pada salmon bisa mengurangi peradangan dalam tubuh dan membantu mengurangi rasa kembung yang berkaitan dengan masalah usus besar.