8 Makanan Yang Bisa Membantumu Tidur Nyenyak

by Ummi on July 29, 2015

Tidur nyenyak, sangatlah penting bagi keseluruhan kesehatan kita. Banyak sekali masalah kesehatan yang muncul terkait dengan kurangnya waktu tidur, seperti tekanan darah tinggi, stress, kelelahan dan yang lain. Sayangnya, ada banyak kebiasaan buruk yang bisa merusak tidur nyenyakmu. Agar bisa menciptakan suasana yang nyaman untuk bisa membuatmu segera terlelap dan tidur dengan nyenyak, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya melalui makanan. Berikut adalah daftar 6 makanan yang akan membuatmu tidur dengan nyenyak :

makanan untuk tidur yang nyenyak

1. Cherry

Cherry adalah sumber persediaan Melatonin alami yang sangat bagus. Melatonin adalah hormon yang akan membantu mengatur siklus tidurmu. Faktanya, salah satu studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang meminum dua gelas jus cherry setiap hari bisa tidur dengan rata-rata waktu 40 menit lebih lama dengan efisiensi tidur yang lebih besar. Jus ini juga terbukti mampu membantu insomnia yang parah bagi beberapa penderita. Kamu bisa tambahkan buah cherry kering sebagai camilanmu sepanjang hari atau minumlah 1 hingga 2 gelas jus ceri asam untuk melihat manfaatnya pada dirimu.

2. Pisang

Pisang akan menawarkan keuntungan ganda terkait dengan manfaat perangsangan tidur yang baik. Buah pisang bisa membantu mempercepat tidur karena kandungan magnesium dan potasiumnya. Kedua mineral tersebut adalah relaksan otot yang alami. Jadikan buah pisang sebagai pendamping sarapanmu untuk menambah kesehatan sepanjang hari dan membantu tidur yang lebih lelap di malam hari.

3. Kacang kenari

Kenari adalah camilan hebat lain untuk tidur yang lebih baik. Kandungan melatonin pada kenari bisa membantumu meraih tidur malam yang lebih nyenyak, ditambah lagi kenari juga termasuk makanan yang menyehatkan jantung dan fungsi kognitif. Tambahkan kenari dalam toples camilanmu dan kamu bisa mengemilnya sepanjang hari. Kamu juga bisa memasangkannya dengan cherry kering agar lebih enak dan semakin meningkatkan kesehatan tidurmu.

4. Karbohidrat kompleks

Sumber karbohidrat kompleks seperti sereal, nasi, kentang atau roti tawar bisa dicerna tubuh dengan mudah dan akan membuat tubuhmu prima untuk istirahat malam yang nyenyak menurut sebuah studi di The American Journal of Clinical Nutrition.

5. Protein rendah lemak

Ada beberapa kebenaran dalam mitos Thanksgiving bahwa makan kalkun bisa membuatmu mengantuk. Asam amino Tryptophan yang terdapat pada kalkun dan daging rendah lemak lainnya seperti ikan dan ayam bisa meningkatkan kadar serotonin dalam tubuhmu untuk membantumu merasa mengantuk jika dimakan dalam porsi yang banyak.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2