≡ Menu
werno-werno.com

8 Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Bagi wanita hamil, memperhatikan asupan makanan yang mereka konsumsi setiap hari sangatlah utama untuk mencukupi nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan janinnya. Ditambah lagi, akan muncul berbagai gangguan ringan selama hamil seperti muntah dan tubuh yang mudah lelah. Selain itu, perubahan hormonal dalam tubuh selama masa kehamilan juga menyebabkan ibu sering menginginkan alias ngidam makanan tertentu.

makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Meskipun begitu, sebelum kamu memutuskan untuk makan sesuatu, kamu perlu memikirkan dulu tentang keamanan makanan tersebut bagi calon si jabang bayi. Jangan hanya karena menuruti ngidam , atau hanya menyukai makanan jenis tertentu, malah mengabaikan dampak makanan tersebut bagi janin. Kamu sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter tentang diet makanan yang sehat selama masa kehamilan dan makanan apa saja yang harus dihindari. Berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang harus dihindari oleh wanita hamil :

Telur mentah atau telur setengah matang

Jika kamu sudah terbiasa memakan langsung telur mentah atau mencampurkan telur mentah ke dalam resep smoothie untuk menambah protein dan agar lebih bertenaga, maka lewatkan bahan ini selama masa kehamilanmu. Wanita hamil sebaiknya menghindari memakan telur mentah atau telur setengah matang. Mereka menimbulkan resiko besar untuk terpapar infeksi bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare dan muntah-muntah. Hal ini pada gilirannya akan mempengaruhi pada kesehatan janin. Memang, telur adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik. Jadi, jika kamu ingin makan telur saat hamil, maka pastikan bahwa telurnya dimasak hingga matang.

Masak telur hingga kuning dan putih telurnya menjadi padat (tidak lembek) untuk mengurangi resiko keracunan salmonella. Juga, cuci tanganmu setelah memegang telur karena salmonella juga sering terdapat pada cangkang telur. Selain itu, hindari pula makanan yang terbuat dari telur mentah atau setengah matang seperti mayyonaise buatan sendiri, salad dressing, atau roti sandwich isi telur.

Alkohol

Wanita hamil sebaiknya juga absen dulu meminum alkohol karena efeknya yang merugikan pada hasil akhir kehamilan. Alkohol secara signifikan bisa meningkatkan resiko untuk sindrom alkohol janin, gangguan perkembangan janin, dan keguguran. Selama trimester pertama, alkohol bisa meningkatkan resiko keguguran, sementara pada trimester kedua dan trimester akhir hal ini bisa sangat berbahaya bagi calon bayi. Tak ada jumlah yang aman dikonsumsi untuk alkohol selama kamu hamil. Bahkan saat kamu sudah melahirkan sekalipun, alkohol harus dihindari bagi ibu menyusui.

Kopi

Batasi jumlah asupan kopi yang kamu minum selama masa hamil. Kandungan kafein yang tinggi pada kopi bisa bekerja sebagai stimulan yang bisa mempengaruhi detak jantung janin. Efek negatif dari kafein juga meningkatkan resiko keguguran dan berat badan bayi rendah. Selain itu, kafein yang berlebihan juga bisa menyebabkan dehidrasi. Hindari konsumsi kafein selama trimester pertama untuk mengurangi kemingkinan keguguran. Meminum kopi dalam jumlah yang wajar diperbolehkan jika sudah melalui trimester pertama.

Hindari pula minuman yang mengandung kafein lainnya seperti teh hijau, energy drink, coklat pekat, dan yang lainnya. Wanita hamil sebaiknya tidak meminum lebih dari 200 mg kafein per hari. Rata-rata, satu cangkir kopi mengandung kurang lebih 95 mg kafein.

Ikan tinggi merkuri

Ikan memang menjadi sumber menyehatkan dari asam lemak Omega-3, namun hindari ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi selama kehamilan. Kandungan merkuri yang tinggi bisa mengganggu perkembangan otak dan sistem syaraf janin yang normal. Beberapa jenis ikan yang tinggi merkuri adalah king makarel, marlin, hiu, dan ikan pedang.

Jika kamu suka makan ikan, maka kamu bisa memakan hingga 2 sajian ikan per minggunya dengan menu ikan salmon liar, tilapia, tuna atau udang. Jangan makan ikan mentah atau setengah matang, begitu pula dengan ikan yang diasinkan atau diasapi serta kerang-kerangan.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment