≡ Menu
werno-werno.com

8 Makanan Yang Menyehatkan Mata

Bekerja di depan monitor? Mata kamu pasti terkadang lelah dan buram. Untuk menghindari gangguan mata kamu memang bisa menerapkan posisi bekerja komputer yang benar. Tetapi selain itu, kamu juga bisa melakukan tips menjaga kesehatan mata yang bisa kamu baca disini.

makanan baik untuk mataNah, selai melakukan langkah di atas, kamu bisa menjaga kesehatan mata dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Apa saja daftar makanan yang menyehatkan mata ?

Wortel

Sayuran berwarna orange ini menempati posisi pertama sebagai sayuran yang meneyhatkan mata. Orang memang sering memanfaatkan wortel untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin  A serta beta karotennya yang melimpah. Wortel menjaga retina serta bagian mata yang lain agar bekerja dengan baik. (baca : manfaat jus wortel)

Tomat

Buah yang rasanya sedikit asam ini juga bagus untuk mata karena 3 kandungannya yang bagus untuk mata yaitu vitamin A, vitamin C dan lycopene. Lycopene diketahui mampu mencegah kerusakan ringan pada retina serta bagian mata lainnya. (baca : manfaat tomat)

Telur

Telur memiliki banyak nutrisi yang bagus bagi kesehatan mata. Vitamin A yang sering dibutuhkan oleh mata terkandung dalam telur, juga zeaxanthin dan lutein (dua jenis antioksidan yang kuat) yang banyak terdapat pada telur berguna untuk pencegahan degenerasi macula karena usia dan mencegah katarak. (baca juga : membuat masker rambut dari telur)

Bayam

Selain bagus untuk mencegah anemia, bayam yang mengandung vitamin A ini juga bagus sebagai sayuran yang menyehatkan mata. Selain itu, sama seperti pada telur, bayam juga mengandung zeaxanthin dan lutein yang bisa disimpan dalam macula. Macula merupakan bagian kecil dari retina yang berfungsi layaknya tabir surya bagi mata untuk melindunginya dari sinar berbahaya. Antioksidan yang dimiliki bayam juga bisa menyerap cahaya biru yang bisa berbahaya bagi retina, mampu mendeteksi kontras yang lebih baik dan meningkatkan penglihatan mata kita. Selain bayam, kandungan yang telah disebutkan tadi juga tedapat pada beberapa sayuran hijau lainnya seperti sawi, lobak, kale dll. (baca : manfaat bayam)

Salmon

Salmon memang memiliki banyak manfaat karena kandungan omega 3 nya yang melebihi jenis ikan lainnya akan membuat matamu tetap lembab dan tidak kering. Salmon juga merupakan sumbe vitamin D yang bagus untuk kesehatan mata. Salmon juga bisa mencegah degenarasi mokula sebesar 38%.

Alpukat

Lutein yang terkandung dalam alpukat memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa lutein mampu mencegah katarak dan degenerasi mokula. Alfa dan betakaroten dalam alpukat juga bagus untuk membentuk vitamin A agar bisa lebih mudah diserap tubuh.

Biji Bunga Matahari (Kwaci)

Kwaci adalah jenis camilan yang membutuhkan ketlatenan serta kesabaran saat mengkonsumsinya karena susahnya mengelupas kulit kwaci. Tapi, vitamin E yang bagus untuk pencegahan katarak dan penyakit mata yang lain. Lalu ada juga vitamin B12 yang terkandung dalam camilan dengan rasa gurih ini yang berfungsi mengatasi pothophobia, yaitu mata yang sensitive terhadap cahaya. (baca : kandungan dan manfaat bunga matahari)

Bawang Putih

Iya, bawang putih ternyata bagus lo buat kesehatan mata. Itu karena bawang putih mengandung vitamin C, B1, selenium, quercetin dan glutathione yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas dari sinar ultra violet yang masuk ke lensa mata. Bawang putih juga membantu sirkulasi darah serta memperkuat sel-sel optic mata kita.

Itu dia tadi 8 bahan makanan yang menyehatkan mata dan menghindarkan mata kita dari gangguan-gangguan mata seperti katarak dan yang lainnya.

0 comments… add one

Leave a Comment