≡ Menu
werno-werno.com

8 Minyak Esensial Terpopuler Beserta Manfaatnya

Minyak esensial bisa menjadi senjata rahasiamu untuk kehidupan emosional yang sehat dan seimbang. Minyak ini diekstrak dari sumber alami dengan menggunakan metode penyulingan uap dan proses lainnya, seperti ekspresi atau ekstraksi pelarutan. Selain itu, minyak esensial juga populer digunakan dalam ranah parfum, kosmetik, dan aromaterapi. Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk difusi kamar, mandi yang menenangkan, pemijatan, dihirup aromanya, atau sebagai minyak oles. Tak hanya itu, minyak esensial juga digunakan sebagai agen penyedap rasa makanan dan minuman begitu juga untuk menambah aroma untuk dupa, penyegar udara dan produk pembersih rumah tangga.

manfaat minyak esensial

Meski begitu, sebelum kamu menggunakannya sebagai minyak oles, terlebih dulu lakukan tes patch pada sedikit area kulitmu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya alergi dan iritasi kulit. Dan yang patut diperhatikan adalah, menggunakan minyak esensial tertentu seperti tea tree oil, rosemary, dan yang lain bisa saja tidak cocok untuk wanita hamil dan menyusui.

Ingin tahu minyak esensial apa saja yang paling terkenal dan apa manfaatnya bagi kita, simak ulasan lengkapnya berikut ini :

1. Tea tree oil

Minyak Tea tree, terbuat dari daun tanaman Alternifolia Melaleuca dan memiliki aroma yang segar seperti kamper. Para pakar kesehatan menyebut minyak esensial ini sebagai ‘lemari obat yang terdapat dalam botol’. Mengapa? Karena minyak ini memiliki sifat antijamur, antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, antiseptik, ekspektoran, insektisida dan stimulan.

Kamu bisa menggunakan minyak esensial ini untuk mengobati hampir semua penyakit dan infeksi topikal (berada di permukaan kulit). Hanya dengan menggunakan sedikit tetesan minyak tea tree dicampur dengan carrier oil (minyak untuk melarutkan minyak esensial seperti minyak zaitun, jojoba, alpukat atau castor), bisa digunakan untuk mengobati jamur kuku, ketombe, bisul, kutil, gigitan serangga, dan kutu kepala.

Jika kamu tidak memiliki kulit yang sensitif, maka kamu hanya tinggal membasahi kapas, tambahkan setetes minyak tea tree, dan oleskan langsung pada daerah yang terkena. Minyak tea tree bahkan bisa membantu melawan infeksi vagina, membersihkan lendir di dada, menghilangkan bau badan, dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai pengusir serangga yang efektif.

Perhatian : jangan pernah menelan tea tree oil, karena bisa menyebabkan efek samping meliputi bingung, halusinasi, mengantuk, kegoyangan, ruam parah, muntah, diare dan kelemahan umum lainnya. Minyak esensial ini juga tidak cocok untuk bayi atau wanita hamil dan menyusui.

2. Minyak esensial  Rosemary

Minyak esensial ini memiliki aroma yang kuat, segar, dan seperti kamper. Minyak ini biasanya digunakan dalam produk kosmetik dan pembersih rumah. Kamu bisa menggunakannya sebagai bagian dari aromaterapi untuk meningkatkan memori dan mengobati perubahan mood (mood swing) dan masalah psikologis lainnya.

Disamping itu, minyak rosemary juga memiliki khasiat antioksidan, antiseptik, anti-kanker, dan anti inflamasi yang bisa membantu meredakan masalah pernafasan, mengurangi nyeri otot, melawan infeksi vagina, mengurangi sakit kepala, mengobati batuk dan lain-lain. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemary dan dicampur dengan minyak carrier, lalu pijatkan ke rambut dan kulit kepalamu untuk menstimulasi dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sebagai desinfektan, minyak rosemary juga mendukung kesehatan mulut dan gigi. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ini ke segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur untuk melawan bau nafas tak sedap, mencegah karang gigi, penumpukan plak, dan masalah gigi yang lain.

Perhatian : hindari minyak esensial ini selama masa kehamilan dan jika kamu menderita epilepsi atau tekanan darah tinggi.  Juga, jangan gunakan minyak ini jika kamu sedang menggunakan obat-obatan homeopatik.

3. Minyak esensial peppermint

Minyak esensial peppermint, memiliki aroma menthol yang kuat dan melakukan penetrasi dengan nuansa yang manis. Karena aroma mint alaminya, minyak ini sering digunakan dalam produk pearawatan tubuh pribadi dan pengharum udara. Minyak esensial ini juga digunakan sebagai bahan penyedap untuk pasta gigi, permen karet, teh, dan es krim. Berkat khasiat anti inflamasi, antispasmodiak, astringent, anti jamur, anti mikroba, dan ekspektorannya, minyak peppermint memiliki banyak manfaat kesehatan.

Minyak ini membantu meredakan sakit perut, mengobati masalah pencernaan dan maag, mengatasi sakit kepala, meningkatkan kesehatan mental, dan mengobati masalah pernafasan. Dari segi emosional, minyak peppermint bisa membantu mengurangi rasa marah, meringankan depresi, dan melawan stress, kecemasan dan kelelahan.

Gosokkan satu atau dua tetes minyak peppermint ke tengkuk dan dahi untuk mengobati sakit kepala. Taruh beberapa tetes minyak esensial peppermint ke saputanganmu dan hirup secara teratur untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecapekan. Kamu bahkan dapat menggunakan minyak ini untuk menangkal tikus, semut dan kecoak dengan menempatkan beberapa tetes minyak pada bola kapas dan menempatkannya di alur jalan atau tempat masuk mereka.

Perhatian : hindari menggunakan terlalu banyak minyak peppermint, karena itu bisa menimbulkan efek samping seperti perut kembung dan sakit kepala.

4. Minyak esensial lavender

Minyak lavender adalah salah satu jenis minyak esensial yang paling menentramkan, memiliki aroma wangi yang disukai banyak orang. Minyak ini juga memiliki baik manfaat fisik atau psikologi.

Manfaat kesehatannya bersangkutan dengan khasiat anti bakteri, anti inflamasi, antiseptik, dan anti depresannya. Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk mengobati kecemasan, masalah pernafasan, luka bakar ringan, luka goresan, sengatan dan gigitan serangga, jerawat, rambut rontok, sakit telinga, dan beberapa masalah kesehatan wanita.

Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam  minyak carrier dan oleskan ke tubuhmu untuk mengusir nyamuk. Masukkan beberapa tetes minyak di humidifier untuk melegakan hidung tersumbat atau dada sesak. Kamu bahkan dapat menempatkan beberapa tetes di bantal atau saputangan untuk memerangi insomnia, stres, dan sakit kepala.

5. Minyak esensial Eucalyptus

Minyak esensial ini memiliki aroma yang manis, lembut, dan menyegarkan. Sering digunakan sebagai bahan baku dalam inhaler, krim penghilang ruam, vapor rub, dan obat kumur, minyak eucalyptus juga digunakan sebagai aromaterapi. Penggunaan obat ini terutama disebabkan karena ia memiliki sifat anti-inflamasi, sntispasmodiak, dekongestan, deodoran, desinfektan, antiseptik, antibakteri, analgesik, stimulan, dan kualitas obat lainnya.

Minyak ini bahkan dipercaya bisa meningkatkan sistem imun dan meredakan sakit otot. Kamu bisa mengoleskannya di permukaan kulit untuk mengobati luka gores, terbakar, nyeri otot, gigitan serangga, dan bisul. Menghirup aromanya juga membantu mengobati infeksi saluran pernafasan, asthma, bronkitis, dan sakit sinus. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak ini ke dalam teko atau mangkok berisi air panas dan hirup uapnya.

Eucalyptus juga bisa digunakan untuk meredakan congestan, mempertajam kewaspadaan, meredakan stress, dan membantumu berkonsentrasi dengan lebih baik. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai ramuan alami pengusir serangga dan bio-pestisida. Tambahkan beberapa tetes minyak Eucalyptus ke dalam botol spray berisi air untuk digunakan di dapur dan kamar mandi untuk menghilangkan kuman dan bau. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menambah rasa ke dalam berbagai jenis makanan seperti makanan panggang, produk daging, permen, dan minuman.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment