≡ Menu
werno-werno.com

8 Pemicu Sakit Punggung

Kamu mungkin akan menderita sakit punggung setelah melakukan aktivitas padat atau mengangkat barang-barang berat. Namun, terkadang penyebab dari sakit punggung tidak terlalu jelas. Faktanya, kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari dan bahkan situasi psikologismu juga bisa mempengaruhi punggungmu. Cek beberapa pemicu sakit punggung di bawah ini yang mungkin belum kamu tahu sebelumnya:

pemicu sakit punggung

  1. Suka bermalas-malasan di sofa

Asyik menonton acara TV favorit sambil rebahan di sofa, bisa memicu timbulnya sakit punggung. Membiarkan ototmu tidak dilatih dan diperkuat, tidak akan menguntungkan bagi punggung bagian bawahmu. Apalagi jika punggungmu sedang kambuh, tetap dalam posisi yang sama (tidak beranjak dari sofa) malah dapat memperparah atau memperpanjang rasa sakitnya. Untuk itu, bangunlah dari sofa setiap setengah jam sekali atau jika kamu sedang menikmati menonton film di TV, selingilah dengan latihan seperti plank (tahan selama 30 detik atau lebih untuk setiap2 hingga 3 set latihan), untuk memperkuat punggung dan perutmu.

  1. Merokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok akan mengurangi aliran darah yang sehat ke seluruh bagian tubuh, dan itu juga termasuk ke bagian tulang punggung dan tulang belakang. Hal itu bisa menyebabkan aliran darah sehat menjadi rusak, sehingga menimbulkan peradangan dan rasa nyeri. Sebuah studi yang dipublikasikan di Human Brain Mapping, menunjukkan bahwa merokok bisa membuatmu cenderung untuk lebih merasakan pemicu sakit punggung yang lain pula. Berhentilah merokok untuk mengurangi resikomu terkena sakit punggung.

  1. Ada bagian tubuh lain yang cidera

Hal ini diebut juga dengan ‘Referred pain’ (nyeri alih), yakni rasa tidak nyaman yang merembet dari salah satu area dan terasa jika itu berasal dari area yang lain, yang mungkin dirasakan di punggung bagian bawah. Cidera panggul atau pinggul seperti karena patah tulang atau otot memar bisa menyebabkan rasa sakit yang merembet di punggung bawah. Radang usus buntu dan masalah perut mungkin juga bisa menimbulkan referred pain. Jika kamu merasakan demam, mati rasa, kesemutan, atau lemah otot di bagian punggungmu atau tungkai kaki, maka segeralah lakukan pemeriksaan medis yang lebih mendalam.

  1. Depresi

Studi terbaru yang dipublikasikan di PAIN, menunjukkan adanya keterkaitan antara sakit di punggung bawah dengan depresi. Peluang memiliki sakit punggung, 1.6 kali lebih tinggi bagi seseorang yang memiliki gejala depresi dan gelisah. Stress bisa menyebabkan tekanan otot yang luar biasa pada punggung bagian bawah. Sebuah studi di tahun 2009 menunjukkan bahwa melakukan meditasi dengan penuh konsntrasi bisa mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan otot. Agar bisa mencobanya sendiri di rumah, cukup dengan focus pada pernafasanmu saat kamu akan menghirup atau membuang nafas, tanpa membiarkan gangguan dari luar untuk memasuki pikiranmu.

  1. Berlebihan dalam olahraga

Terlalu banyaknya pengulangan atau menggunakan beban yang berat saat olahraga bisa memicu sakit punggung dan kekakuan otot. Ketahui jika kamu terlalu banyak melakukan gerakan yang menyita perhatian punggungmu, tidak hanya selama latihan saja, namun juga dalam beberapa jam setelah itu. Nyerio otot yang normal biasanya akan hilang pada keesokan harinya. Namun jika kamu merasakan sakit saat membungkuk, memutar, atau meluruskan punggung yang terus berlanjut selama beberapa hari setelah latihan, maka harus dievaluasi oleh tenaga professional.

  1. Kamu punya penyakit batu ginjal atau infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing bisa menyebabkan peradangan kandung kemih, yang bisa menyebabkan sakit perut yang merembet ke punggung. Batu ginjal juga bisa menyebabkan sakit punggung, saat batu ginjal tersebut menghalangi saluran kencing atau ginjal.

  1. Kamu punya masalah kesehatan yang belum terdiagnosa

Sakit punggung juga bisa menjadi pertanda dari Osteoporosis, kanker ovarium atau uterus, dan bahkan kanker paru-paru. Kita tidak mungkin selalu bisa mengenali alasan yang spesifik untuk sakit punggung bagian bawah. Namu, penggunaan teknik yang dikembangkan untuk mendiagnosa penyebab sebenarnya, seperti Xrays, MRI atau CAT scan atau tes lainnya bisa memberikan kemajuan dalam menyembuhkan sakit punggung.

  1. Mengenakan aksesoris yang tidak tepat

Dari waktu ke waktu, berat yang tidak seimbang akibat membawa tas bahu yang berat, bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada punggung bawah. Untuk mencegahnya, gunakan bahu secara bergantian untuk membawa tas, atau kurangi beban tasmu..

0 comments… add one

Leave a Comment