8 Penyebab & Cara Ampuh Mencegah Kerutan

by Ummi on February 14, 2015

Seperti halnya kematian dan pajak, kerutan tidak mungkin bisa untuk kita hindari. Setiap orang pasti lambat laun akan mengalaminya. Yang bisa kita lakukan hanyalah mencegahnya sedini mungkin dan meminimalkan tampilan kerutan agar tidak terlalu mencolok.

cara ampuh mencegah dan mengatasi kerutan

Saat kamu berjalan melewati toko kosmetik atau toko obat dimanapun berada, pasti akan dibombardir dengan serentetan krim, losion, dan serum yang semuanya menjanjikan mampu menghapus atau mencegahnya dari kekurangan kulit yang paling ditakuti ini. Meski kamu sudah mengetahui cukup banyak hal yang diperlukan untuk menghindari momok menakutkan yang satu ini, namun masih banyak hal yang masih harus kamu pelajari lebih lanjut. Untuk itu, simak 8 hal yang menjadi penyebab kerutan berikut cara mencegahnya berikut ini:

  1. Meski di dalam mobil, kamu masih tetap beresiko dengan kerutan

Kaca mobil bisa menjadi target berjalan bagi sinar matahari yang membahanyakan. Jika kamu menghabiskan waktu berjam-jam di dalam kendaraan setiap hari, sinar UV yang menjadi penyebab utama dari kerutan yang muncul di kulit, masih memiliki cukup waktu untuk menembus kaca jendela mobil tidak peduli apakah cuacanya sedang cerah atau tidak. Cara terbaik untuk memastikan bhahwa kamu terlindungi selama berada di jalan, adalah dengan menggunakan tabir surya berspektrum luas setiap hari. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli kaca jendela yang gelap (riben), yang bisa membantu menghalangi paparan sinar UV.

  1. Silsilah keluarga juga berperan besar

Kerutan memiliki komponen genetis. Kemungkinan dari perkembangan kerutan serta awal kemunculan, kadar, dan kedalaman dari garis kerutan bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Melihat pada orangtuamu dan juga kakek nenek, adalah salah satu cara untuk memprediksi potensi munculnya kerutan dan tanda penuaan lain seperti kulit yang kendur di area wajah, leher dan dada. Cara terbaik untuk mencegah kerutan dan kulit kendur di area tadi adalah dengan meminimalkan paparan matahari serta menggunakan tabir surya berspektrum luas yang mengandung zinc atau titanium dioxide.

  1. Mengganti makanan yang kamu konsumsi mungkin juga bisa  mencegah kerutan

Buah dan sayuran seperti halnya ruspberry, blueberry, paprika merah dan bayam yang mengandung banyak antioksidan, bisa membuat kulitmu lebih baik dalam menangkis kerusakan lingkungan sehingga kulit menjadi tetap kenyal dan bercahaya lebih lama. Semakin kulitmu sehat dan berisi, maka semakin sedikit pula muncul garis-garis halus karena kulitmu tidak punya kesempatan untuk mengendur. Sebagai aturan umum, makanan apapun yang bisa meningkatkan kesehatan jantung termasuk makanan yang tinggi vitamin C dan E speperti susu kedelai, dan teh hijau, maka hal itu juga sangat bermanfaat bagi kulitmu.

  1. Suka tidur hanya dengan satu posisi tertentu, bisa saja meningkatkan garis kerutan

Seiring bertambahnya usia, jaringan ikat dan kolagen pada wajah tidak akan sekuat dan sekokoh seperti dulu. Jadi, saat kamu tidur pada posisi yang sama dari wajahmu dari malam ke malam, kulit akan secara berulang berbenturan langsung dengan bantal, dan tidak bisa menjadi mulus atau halus kembali dengan cepat seperti ketika kamu masih muda. Kabar baiknya, jika kamu menggonta-ganti (memvariasikan) gerakan tidurmu, maka kamu bisa membalikkan jenis kerutan seperti ini. Untuk mencegah kemungkinan munculnya garis halus dan lipatan sama sekali, maka cobalah untuk membiasakan diri tidur dengan posisi telentang.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2