≡ Menu
werno-werno.com

8 Sumber Protein Nabati Bagi Vegetarian

Protein sangatlah penting untuk pembentukan massa otot dan mengisi energi tubuh. Seperti sudah kita ketahui bersama, sumber utama protein meliputi daging, unggas, produk olahan susu, ikan dan telur. Namun bisa dibilang, itu semua merupakan makanan yang dihindari oleh orang yang menjalani pola makan vegetarian, alias hanya makan sayur-sayuran dan buah. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari tidak memakan daging. Misalnya saja, bisa membantu menghindari kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dalam sumber protein yang berbahan daging. Selain itu, juga bagus bagi lingkungan dan membantumu untuk menghemat biaya.

sumber protein nabati

Disamping itu, beberapa makanan tinggi kandungan protein yang bisa dikonsumsi oleh vegetarian juga masih banyak. Meski mungkin sedikit sulit untuk mendapatkan dosis protein penuh setiap harinya hanya dengan mengandalkan dari satu sumber saja, namun dengan menyertakan beberapa sumber makanan tinggi protein non-hewani ke dalam dietmu bisa membantumu meraih pemenuhan protein. Berikut ini akan kami ulas tentang 8 sumber protein nabati yang bisa disertakan oleh vegetarian kedalam dietnya :

Greek yogurt

Greek yogurt, yang bisa menghasilkan whey, merupakan sumber protein yang signifikan. Biasanya, satu cup greek yogurt seberat 6 ounce mengandung 15 hingga 20 gram protein, yang mana itu lebih tinggi daripada kandungan yogurt biasa yang hanya sekitar 9 gram protein. Makanan probiotik ini juga mengandung kalsium, potassium, dan beberapa vitamin dan mineral.

Greek yogurt juga sangat bagus untuk snack setelah melakukan olahraga. Kamu bisa menaburi diatasnya dengan buah, kacang-kacangan, atau madu. Karena greek yogurt bertekstur kental, dan creamy, kamu juga bisa menjadikannya sebagai pengganti dari lemak yang lain saat membuat makanan yang dipanggang. Greek yogurt juga bisa kamu jadikan bagian dari makanan penutup yang berasa asam, smoothies, dan celupan sayuran. Memakan makanan tinggi protein ini secara rutin bisa membantu mempertahankan kesehatan sisem pencernaan, meningkatkan system kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan, mencegah tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, dan melawan infeksi jamur.

Edamame

Edamame atau biasa disebut dengan kedelai Jepang merupakan makanan yang mengandung protein komplit, yang berarti edamame menyediakan semua 9 asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Satu mangkok edamame rebus mengandung 17 gram protein. Selin itu, kcang ini juga mengandung serat,zat besi, kalsium, seng, tembaga, potassium, magnesium, vitamin C dan K beserta juga lemak tak jenuh tunggal, terutama omega 3, asam alpha linoleat.

Selain itu, edamame juga bebas gluten secara alami dan rendh kalori. Kamu bisa membelinya dalam keadaan sudah dikupas, masih utuh dan segar, atau sudah dibekukan. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa mengolahnya dengan hanya merebusnya lalu ditaburi garam dan herbs kering diatasnya, atau dijadikan sup, salad, casserole, atau campuran pasta. Sumber protein nabati ini, bisa mengurangi resiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Edamame juga bisa meningkatkan kesehatan kulit dan rambutmu.

Kacang merah

Kacang merah adalah sumber protein yang hebat. Satu mangkok kacang merah rebus menyediakan 15 gram protein. Mereka juga mengandung kesembilan asam amino, namun sedikit rendah kandungan methionine-nya. Diasmping protein, kacang merah juga merupakan sumber serat, zat besi, asam folat, magnesium, potassium, seng, dan vitamin K serta B6. Kacang merah juga rendah lemak dan kolesterol.

Sebelum mengolahnya, sebaiknya rendam dulu kacang merah kedalam air selama beberapa jam. Lalu, sebelum dimasak saring dulu airnya bilas lagi dengan air bersih lalu rebus. Kamu bisa menggunakan rebusan kacang merah ini kedalam sup, salad, stew, atau caserol. Kacang yang menyehatkan ini bisa membantu menurunkan berat badan, mengatur kadara gula darh, menjaga system pencernaan agar tetap sehat, dan mencegah penyakit kardiovaskular dengan cara menurunkan kolesterol.

Tahu

Tahu adalah produk olahan kedelai yang menjadi sumber protein yang baik. Hanya dari ½ cup thu saja, sudah memberimu 10 grm protein. Tahu mengandung delpan asam lemak esensial begitu pula dengan jumlah zat besi dan kalsium yang baik. Tahu juga mengandung mangan, selenium, fosfor, magnesium, tembaga, seng, dan vitamin B1.

Kamu bisa menemukan tahu dengan mudah, baik dalam bentuk masih segar, tahu kering, atau sudah digoreng. Tahu bisa diolah menjadi makanan apa saja, bisa di tumis, digoreng, dijadikan sayur, dipanggang, dijadikan sup, salad, kue, bahkan smoothie seklipun. Dengan menambahkan tahu ke dalam dietmu, kamu bisa menurunkan resiko terkena penyakit obesitas, dibetes tipe 2, kolesterol tinggio, penyakit jantung, dan kanker.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment