≡ Menu
werno-werno.com

Tips Membersihkan Kompor Gas

Tidak hanya kulkas saja yang harus rajin kita bersihkan secara teratur, namun kompor gas juga. Meskipun kamu hanya memasak makanan beberapa kali dalam seminggu, permukaan kompor gasmu tetap bisa menyimpan sisa-sisa makanan yang kamu buat. Ibu rumah tangga sudah pasti bisa menjadi bingung untuk tugas yang tampaknya tak ada henti-hentinya untuk menjaga agar kompor gas tetap selalu bersih, bahkan dengan pengelapan harian. Tumpahan panci yang meluap atau kumpulan minyak bisa menimbulkan kekacauan yang rumit yang sulit untuk dihilangkan.

Membersihkan permukaan kompor secara teratur bisa menghemat uangmu karena biasanya akan membantu kompor ini bertahan lebih lama. Namun, kita tidak perlu menggunakan bahan kimia keras yang bisa merusak permukaan dan membuatmu sakit. Banyak orang sekarang beralih ke metode alami untuk membersihkan permukaan kompor gas mereka. Berikut adalah Cara mudah untuk membuat permukaan kompormu bisa berkilau seperti baru lagi tanpa kamu harus capek-capek berkeringat ;

Ammonia

Meskipun ammonia tidak ideal untuk membersihkan segala sesuatu, namun tidak ada yang bisa menangani kotoran pada burner kompor gas dengan lebih baik selain ammonia. Dengan metode ini, maka pekerjaan yang harus kamu lakukan menjadi lebih sedikit. Letakkan saja burner yang bisa dilepas ke dalam tas dengan ritsleting, tambahkan amonia dan tutup. Tinggalkan semuanya di terasmu semalaman. Keesokan harinya, bilas mereka dan lihat bagaimana mereka menjadi berkilau.

Hydrogen peroksida dan baking soda

Hanya sedikit pembersih yang memiliki kekuatan membersihkan sebesar hydrogen peroksida dan baking soda. Sikat dan buang sisa kotoran yang menempel di kompormu. Taburi seluruh permukaannya dengan baking soda lalu perciki dengan peroksida. Perhatikan saat mereka berbuih dan merontokkan kotoran yang gosong. Cukup bilas dan keringkan saat noda sudah terangkat.

Air mendidih

Jika kamu tidak memiliki pilihan produk pembersih tambahan di sekitar rumahmu namun butuh untuk membersihkan permukaan kompor gasmu dengan cepat, maka cobalah menggunakan air panas. Secara pelan dan hati-hati, tuangkan air mendidih di atas permukaan yang kotor. Jika kamu membiarkannya sampai airnya dingin, maka kotoran yang sulit dibersihkan akan dengan mudah di hapus. Jika diperlukan, gosok area yang membandel dengan sedikit spons yang diberi sabun. Ini merupakan solusi yang mudah dan ramah lingkungan karena menggunakan elemen yang benar-benar alami dan bebas bahan kimia.

Baking soda dan garam

Campur satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan garam. Kemudian, tambahkan satu sendok makan air dan campur semua bahan hingga menjadi pasta. Celupkan lap ke dalam campuran dan gosok kotorannya pergi. Tuangkan campuran ini juga di atas tumpahan makanan yang menempel di kompor. Solusi ini akan menyerap cairan dan akan membuat tugas bersih-bersih menjadi ringan.

Minyak zaitun atau minyak sayur

Caranya tuang sedikit minyak zaitun di atas kompor gasmu. Dengan menggunakan kain bersih, gosokkan minyak ke kotoran yang menempel. Lalu semproti semuanya dengan produk pembersih serba guna.

Air dan sabun

Untuk metode ini, pindahkan dulu burner elektrik dari permukaan kompor. Dengan menggunakan kain dan sedikit sabun cuci piring dan air, bilas setiap residu dari koil. Untuk kotoran makanan gosong yang sulit hilang, campurlah pasta kental dari bagian yang sama antara baking soda dan air., lalu terapkan ke noda yang membandel. Setelah sekitar 20 menit, gosok dan bilas burnernya. Kembalikan kembali burnernya setelah benar-benar kering.

Cuka putih

Cuka putih merupakan agen pembersih andalan. Ia digunakan untuk membersihkan permukaan kompor gas dengan cara merenggangkan kotoran dan noda membandel. Cukup campur antara satu bagian cuka putih dengan dua bagian air di dalam botol semprot yang sudah tidak digunakan. Lalu, semprotkan soulusi ini ke permukaan kompormu lalu usap. Keasaman dari cuka akan membantu menghilangkan kotoran. Kamu juga bisa menggunakan campuran ini untuk kegiatan bersih-bersih dapur dan mendesinfektan benda-benda yang ada di sekitar dapurmu.

Lemon dan baking soda

Lemon memiliki karakteristik pengurang minyak alami, dan baking soda memiliki khasiat antibacterial juga. Baking soda mengandung partikel yang sangat halus yang membantu menghilangkan noda yang gosong namun cukup lembut untuk tidak sampai menggores kaca. Cukup taburi segenggam baking soda di atas permukaan kompor. Kemudian gosok permukaan dengan menggunakan irisan lemon. Usap daerah dengan kain lembab untuk menghilangkan sisa-sisa partikel baking soda dan lemon.

Baking soda dan sabun cuci piring

Campurkan bagian yang sama dari sabun cuci piring dan baking soda dalam mangkuk kecil. Campur bersama sampai menciptakan konsistensi yang seperti frosting dengan tekstur sedikit berbusa. Selanjutnya, oleskan campuran ini ke drip pan (bagian melingkar di permukaan kompor gas) secara merata. Gosok drip pan untuk melonggarkan kotoran. Pindahkan drip pan ke tas dengan ritsleting selama sekitar satu jam, lalu keluarkan drip pan dari tas dan gosok kotorannya.

Pembersih oven komersial

Pembersih oven juga bekerja baik untuk membersihkan kompor gas. Tempatkan bagian kompor yang bisa dibongkar pasang di atas Koran di luar ruangan atau di tempat dengan ventilasi udara yang baik, lalu semprot dengan pembersih oven komersial. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Lalu, gosok burner di air sabun yang panas. Gunakan bagian yang keras dari spons untuk menggosok. Biarkan semua bagian kering sepenuhnya sebelum kamu memasangnya kembali.

Sebelum mencoba salah satu dari metode yang disebutkan di atas, pastikan permukaan kompor dalam kondisi dingin. Dengan tisu yang lembab, bersihkan remah-remah yang mudah dihilangkan. Ingatlah untuk membersihkan kompor gas setelah setiap pemakaian agar kamu tidak harus melakukan pembersihan menyeluruh. Dengan menggosok permukaan kompor secara teratur dapat membantu membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Pastikan untuk terus membersihkan burner secara teratur untuk mencegah agar minyak tidak menumpuk dan merusak kompormu.

Comments on this entry are closed.