9 Makanan Penghancur Lemak

by Ummi on March 14, 2015

Memiliki kelebihan lemak dalam tubuh memang sangat menyebalkan dan membuat kita tidak percaya diri. Selain berolahraga, ada cara mudah dan menyehatkan yang bisa ampuh untuk menghacurkan timbunan lemak dalam tubuh. Ingin tahu makanan apa saja yang bisa menghancurkan lemak? Simak ulasannya berikut ini:

daftar makanan pembakar lemak

  1. Minyak kelapa

Berdasarkan penuturan dari pakar kesehatan Dave Asprey, lemak adalah nutrisi makro yang paling penting selama kita memakan jenis lemak yang tepat. Itu berarti, kamu harus menghindari lemak jenuh dan lemak trans yang berbahaya seperti daging merah dan minyak goreng sawit. Sebaliknya, menambah lemak baik yang menyehatkan, bisa memungkinkan tubuhmu untuk membakar lemak dan mencerna makanan dengan lebih efisien. Jangan biarkan kandungan kalori yang tinggi dari minyak kelapa membuatmu merasa bersalah. Cobalah menggunakan versi minyak kelapa yang organik dan tidak diproses untuk memasak, sebagai alternatif pengganti dari mentega, dan usahakan mengkonsumsi 6-8 sendok makan minyak kelapa setiap hari.

  1. Bunga kol (kembang kol)

Mendapatkan serat yang cukup dalam dietmu adalah kunci untuk tetap langsing, karena hal itu bisa mendorong pencernaan yang sehat dan menjaga pergerakan ususmu tetap normal. Bunga kol adalah salah satu sayuran yang kaya serat, penuh dengan fitonutrien, antioksidan, dan vitamin C, yang mana telah dikaitkan dengan kemampuan membantu membakar lebih banyak lemak selama olahraga. Coba tambahkan bunga kol ke dalam salad segar, atau dimasak dengan cara dikukus atau dijadikan campuran sup.

  1. Yogurt

Yogurt tanpa pemanis dan tanpa lemak adalah sumber terbaik dari probiotik yang sehat bagi perut. Membudayakan yogurt bisa membantu pertumbuhan flora alami (bakteri baik) dalam ususmu. Dan semakin sehat ususmu, maka semakin banyak pula gizi penting yang akan kamu serap, dan semakin sedikit bakteri jahat dan kurangnya peradangan bisa membantumu tetap langsing.

  1. Salmon

Mendapatkan protein yang cukup juga merupakan kunci untuk membakar lemak dan tetap langsing. Salmon adalah sumber protein rendah lemak yang berkualitas tinggi yang akan memberi makan otot-ototmu dan mengisi bahan bakar metabolismemu. Mengapa hal itu bisa berhasil? Makanan tinggi protein membutuhkan energi yang lebih bagi tubuh untuk memprosesnya, yang berarti kamu akan membakar banyak lemak bahkan saat kamu sedang memakannya. Bonus lain, salmon juga kaya asam lemak Omega-3 yang bisa mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

  1. Bawang merah

Meski bawang merah akan memberikan rasa yang kuat pada setiap resep masakan apapun, namun bawang merah tidak akan menambah lebar pinggangmu. Bawang merah memiliki kandungan Anthoxanthins, yang akan mendorong mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan lain berupa mineral dan minyak membantu memecah lemak dan mempercepat metabolisme. Penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya bawang merah bahkan dapat meningkatkan mood, mengatur tidur, dan menurunkan resiko kanker.

  1. Alpukat

Jika kamu tidak memakan makanan yang bersahabat dengan usus, perutmu akan mengalami kerusakan dan stress oksidatif, yang pasti benar-benar membuatnya semakin sulit untuk membakar lemak. Selain juga menyebabkan alergi, mengganggu keseimbangan system imun, dan menciptakan peradangan yang bermasalah. Alpukat tinggi akan lemak baik, rendah gula, dan dipenuhi dengan antioksidan yang bisa membantu melindungi ususmu.

  1. Bayam

Penelitian menunjukkan bahwa sayuran berwarna hijau pekat ini, mengandung Thylakoids yang bisa membantu menurunkan berat badan dan mengurangi hasrat untuk terus makan. Bayam juga mengurangi keasaman dalam tubuh, sehingga membantu mempertahankan massa otot dan membuat metabolismemu tetap prima. Bayam juga bisa meningkatkan kesehatan tulangmu berkat tingginya kalsium dan zat besi yang dikandungnya.

  1. Raspberries

Raspberry memiliki kandungan kalori yang rendah, tinggi serat, dan mengandung Keton, senyawa yang telah dikaitkan dengan menurunkan berat badan pada hewan percobaan. Dan raspberry juga kaya antioksidan yang bisa menyingkirkan inflamasi yang dapat memperlambat proses pembakaran lemak.

  1. Teh hijau

Meminum banyak air akan menjaga reaksi kimia yang diandalkan metabolisme tetap berjalan lancar dan cepat. Dan telah terbukti memiliki kontribusi pada kemampuan tubuh untuk membakar kalori. Rutinlah minum teh hijau yang mampu menurunkan resiko berbagai penyakit dan melawan kelelahan.