≡ Menu
werno-werno.com

9 Penyebab Utama Rambut Rontok

Memiliki rambut yang mudah rontok memang bisa membuat frustasi. Rambut kita bisa berjatuhan di bantal, di baju, dan di sisir. Apalagi jika rambut kita rontok saat didepan banyak orang, tentu sangat memalukan bukan? Sebenarnya apa sih yang bisa menyebabkan rambut kita bisa rontok? Penasaran dengan penyebabnya, berikut ini akan kami ulas mengenai beberapa penyebab kerontokan rambut agar kita bisa mencegah terjadinya rambut rontok yang lebih parah :

penyebab rambut rontok

Faktor Genetik

Genetik adalah salah satu penyebab utama dari rambut rontok. Studi menunjukkan bahwa 60% dari orang-orang mewarisi masalah rambut rontok yang akut dari keluarganya. Dan sayangnya tidak ada perawatan untuk menyembuhkan rambut rontok yang disebabkan oleh faktor keturunan. Namun kamu bisa merawat rambutmu untuk menunda dan mengurangi proses kerontokan dan membuatnya sehat dan berkilau.

Diet yang tidak sehat

Pola makan yang sehat sangatlah penting tidak hanya untuk tubuh kita, namun juga untuk kulit dan rambut. Sel kulit kepala membutuhkan nutrisi dan makanan yang tepat bagi kesehatan rambut. Seseorang yang menjalankan diet rendah protein bisa menderita kekurangan protein yang menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Kekurangan vitamin, mineral dan nutrisi juga bisa menyebabkan rambut rontok dan penipisan rambut.

Penyakit

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh penyakit atau rasa sakit yang sebagian besar bersifat sementara. Hal ini bisa sembuh dan berhenti saat tubuh sudah kembali menjadi sehat. Penyakit seperti Typhoid, flu, dan infeksi jamur di kulit kepala bisa menyebabkan rambut rontok. Ketidakseimbangan hormon tyroid adalah kondisi lain yang bisa menyebabkan kerontokan rambut sementara waktu, baik karena kelenjar tyroid yang kurang aktif atau terlalu aktif, sama-sama bertanggung jawab atas rambut rontok. Jika kasusnya seperti ini, maka hal ini bias dengan mudah disembuhkan menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter.

Stress

Tidak hanya mempengaruhi pikiran, stress juga bisa berdampak buruk bagi kulit dan rambut. Gaya hidup masa kini yang memiliki jam kerja yang sangat lama dan jadwal yang padat, bisa menimbulkan efek samping berupa stress. Sel kulit kepala, begitu pula dengan sel tubuh yang lain, perlu relaksasi dan peremajaan. Maka dari itu, rajin melakukan yoga dan meditasi sangat efektif untuk mengurangi pengaruh stress sehingga juga akan mengurangi rambut rontok.

Produk rambut

Penggunaan produk kosmetik yang sarat bahan kimia bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Bahan kimia ini akan menyumbat pori-pori kulit kepala dengan membentuk lapisan diatasnya. Sebagian besar shampoo dan kondisioner mengandung bahan kimia keras yang memberikan pengaruh buruk pada rambutmu. Hindari penggunaan shampoo yang berbahan keras dan ganti dengan produk shampoo alami seperti urang aring dan lidah buaya, serta gunakan madu+telur sebagai kondisioner. Selain itu, rambut yang sering diproses dan ditata menggunakan bahan kimia seperti pewarna, bleaching, dan gel penata rambut juga rawan rontok dan menjadi rusak.

Obat-obatan

Segala obat mulai dari pil KB hingga stereoid, begitu juga dengan obat penurun tekanan darah tinggi, Diabetes, jantung, dan obat jerawat kesemuanya bisa menyebabkan rambut rontok sementara atau yang permanen.

Faktor lingkungan

Polusi lingkungan yang ada di udara dan air, begitu juga dengan paparan klorin, logam, dan mineral berat bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang bisa berkontribusi dalam rambut rontok. Paparan sinar UV dan radikal bebas juga bisa membuat sel kulit kepala menua sebelum waktunya dan merusak cabang rambut.

Perubahan hormon

Perubahan hormon selama kehamilan bisa menyebabkan rambut rontok temporer yang bisa bertahan mulai usia 6 bulan kehamilan hingga waktu satu tahun setelah melahirkan. Wanita yang memasuki usia menopause juga akan mengalami rambut rontok akibat pergantian hormon.

Faktor usia

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, folikel rambut kita akan semakin bertambah buruk dan bisa menyebabkan rambut rontok.

untuk mengatasi dan mengurangi kerontokan rambut, kamu bisa menggunakan berbagai ramuan alami untuk mencegah rambut  rontok dengan menggunakan bahan alami seperti madu, pisang, dan seledri yang tidak akan berbahaya bagi rambut dan tidak menimbulkan efek samping.

0 comments… add one

Leave a Comment