9 Ramuan Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Kusut

by Ummi on August 17, 2015

Bagi sebagian wanita, rambut kusut bisa menjadi hal yang selalu diperangi setiap hari. Bagi sebagian yang lain, hal itu bisa jadi masalah yang wajar dan gampang diatur. Dalam kasus lain, hal itu sangat membuat frustasi bagi seseorang yang sangat ingin rambut yang rapi, berkilau, dan selembut sutera. Penyebab utama dari rambut kusut adalah rambut kehilangan kelembabannya. Lapisan kutikula pada helai rambut perlu kelembaban untuk membuat rambut tetap lembut.

ramuan alami untuk rambut kusut

Penyebab rambut kusut yang lain seperti kelembaban udara yang ekstrem, terlalu sering menggunakan blow dryer, berenang di kolam renang yang berklorin, produk rambut yang tidak cocok, dan beberapa bahan kimia yang terdapat pada produk rambut. Kamu bisa menerapkan beberapa tips untuk menjinakkan rambut kusut. Seperti, memakai kain lembut untuk mengelap rambut seusai keramas, menggunakan minyak khusus rambut, dan memakai ramuan bahan alami. Nah, cara terakhur ini merupakan cara yang paling aman dan murah meriah, karena dengan menggunakan bahan alami yang sering tersedia di rak dapurmu, cenderung tidak menimbulkan efek samping dan membutuhkan biaya yang tidak mahal.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut kusut dan susah diatur ;

Air berkarbonasi

Air berkarbonasi (seperti halnya soda, atau club soda) adalah salah satu pilihan terbaik untuk merawat rambut kusut di rumah. Air berkarbonasi dibuat dengan menggunakan tekanan untuk melarutkan gas karbondioksida dalam air. Air ini memiliki kadar pH yang rendah, yang membantu melawan rambut kusut yang disebabkan oleh kelembaban. Cukup bilas rambutmu menggunakan air berkarbonasi setelah setiap kali keramas. Hal ini akan menjinakkan dan mengatasi kekusutan. Namun, kamu harus mengikuti ramuan ini untuk waktu yang cukup lama untuk bisa melihat hasilnya.

Cuka sari apel

Cuka apel adalah bahan efektif lain untuk melawan dan mencegah rambut kusut. Kandungan asam pada cuka apel akan memperhalus rambut yang kusut dan memberikan nyawa baru bagi rambut kusammu.

  • Campur air dan cuka sari apel dalam jumlah yang sama untuk mengurangi sifat keasamannya dan gunakan larutan ini sebagai bilasan terakhir setelah mencuci rambut dan memakai shampoo. Ramuan sederhana ini akan membuat rambut tidak begitu kusut dan juga menambah kilau pada rambutmu. Kamu bisa menggunakan ramuan ini setiap dua minggu sekali.
  • Sebagai alternatif lain, kamu bisa menerapkan cuka sari apel yang dilarutkan dengan sedikit air ke kulit kepala dengan menggunakan bola kapas. Lalu sisir rambutmu dengan perlahan untuk meratakan ramuan ini ke seluruh rambut. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan baik. Ulangi setiap satu minggu sekali.

Alpukat

Masker rambut yang berbahan dasar alpukat merupakan ramuan yang sangat efektif untuk menaklukkan rambut kusutmu. Kandungan vitamin E yang tinggi pada alpukat mampu menjinakkan kekusutan. Disamping bermanfaat untuk menghidrasi, alpukat juga memiliki kandungan asam lemak yang baik yang bisa membantu mengatasi rambut kusut dan susah diatur.

  • Hancurkan satu buah alpukat yang sudah matang, tambahkan sedikit minyak zaitun, dan campur hingga merata. Keramasilah rambut dengan shampoo, lalu terapkan ramuan ini ke seluruh rambut. Diamkan selama 30 menit hingga satu jam, lalu bilas dengan air dingin. Setelah itu kamu bisa menggunakan kondisioner untuk menghilangkan aroma alpukat.
  • Kamu juga bisa melupatkan alpukat dan ducampur dengan mayonnaise untuk membuat pasta yang lembut. Gunakan pasta ini sebagai masker rambut setiap satu atau dua minggu sekali untuk mencegah kekeringan dan melembutkan rambutmu.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2