Alasan Kakimu Terasa Sakit & Cara Mengatasinya

by Ummi on May 5, 2016

Kaki adalah anggota tubuh terpenting bagi manusia. Kaki berfungsi untuk menopang tulang kerangka dan membantu kita untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Berjalan dianggap sebagai bentuk suatu olahrga yang paling ringan dan efektif. Itu memang benar, selama kamu tidak bermasalah dengan nyeri kaki yang akan membuat setiap langkah kakimu akan sangat menyakitkan.

penyebab nyeri kaki

Nyeri kaki merupakan suatu masalah yang umum terjadi. Hampir setiap satu dari lima orang dewasa dalam sebuah studi masyarakat untuk menilai prevalensi masalah dilaporkan mengalami nyeri kaki. Studi 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Foot and Ankle Research menemukan bahwa itu lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria dan sebagian besar berhubungan dengan peningkatan usia, obesitas dan nyeri di daerah lain dari tubuh.

Studi tersebut juga mencatat bahwa nyeri kaki memiliki dampak merugikan yang signifikan terhadap kualitas hidup terkait kesehatan. Sebagian besar dari kita tidak mencurahkan banyak perawatan untuk kaki sampai terlambat dan kita menderita sakit. Kaki kita menopang berat tubuh kita ketika kita berdiri dan membantu kita bergerak dengan mudah. Tulang kaki jumlahnya juga hampir sama banyak dengan tulang tangan dan pergelangan tangan.

Rasa sakit atau ketidaknyamanan dapat terjadi pada jari-jari kaki, tumit, lengkungan kaki, telapak kaki atau bagian lain dari kaki. Hal ini dapat berkisar mulai dari sakit yang ringan sampai yang  parah dan dapat berlangsung sebentar atau menjadi masalah yang terus beralrut-larut. Tidak peduli apapun itu, kaki yang sakit bisa mengambil kesenangan dari sebagian besar kegiatan kita sehari-hari. Nyeri pada kaki dapat disebabkan oleh beberapa alasan, baik faktor gaya hidup dan masalah kesehatan yang serius. Kamu dapat mengatasi sendiri nyeri kaki ringan di rumah. Namun, untuk sakit kaki yang serius, kamu perlu menemui ahli penyakit kaki. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kakimu sakit sepanjang waktu dan bagaimana cara mengatasinya ;

Memakai sepatu berhak super tinggi

Salah satu penyebab utama dari nyeri kaki adalah memakai sepatu hak tinggi, karena mereka menaruh banyak tekanan pada jari-jari kaki. Setiap hak sepatu yang tingginya lebih dari 2,5 inci (6,3 cm) dapat menempatkan banyak tekanan pada bola kaki dan menyempitkan bentuk alami kaki, sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Terlepas dari menyebabkan rasa sakit, sepatu hak tinggi juga dapat berkontribusi untuk sejumlah isu, seperti stres patah tulang, bursitis, pergelangan kaki terkilir dan neuroma. Untuk memperbaiki masalah ini, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

• Pilih sepatu dengan hak tebal (tidak meruncing) untuk keseimbangan yang lebih baik dan mengurangi tekanan.
• Pilih alternatif memakai hak yang tidak terlalu pendek tapi juga tidak terlalu tinggi untuk mengistirahatkan kaki dari rasa sakit.
• Lebih baik pilih untuk model sepatu hak tinggi jenis open-toe (jari-jari kaki terbuka), karena sepatu jenis ini bisa membatasi tekanan dan ketidaknyamanan.
• Jika kamu mengalami melepuh, maka gunakan padding dan bantalan untuk lecet, yang dapat dengan mudah kamu temukan di pasar.
• Setelah hari yang panjang dan sibuk, rendam kakimu dalam air hangat dengan campuran sedikit garam selama 15 menit.
• Lakukan pemijatan kaki sebelum tidur yang sangat bermanfaat. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi rasa sakit.

Memakai sepatu yang ukurannya tidak pas

Memakai sepatu yang ukurannya kurang pas juga dapat menyebabkan nyeri kaki. Ketika memakai sepatu yang terlalu ketat atau terlalu sempit, jari-jari kaki harus menanggung banyak tekanan. Jari-jari kaki mulai bergesekan dengan sepatu, sehingga menyebabkan iritasi dan rasa sakit. Ketika kamu mengandalkan kaki di sebagian besar waktu, berjalan-jalan di atas sepatu yang tidak cocok juga berbahaya untuk otot, sendi dan ligamen di kaki, betis, pinggul dan punggung. Jadi sangat penting untuk memeriksa ukuran sepatumu dari waktu ke waktu. Kaki terus berubah seiring dengan bertambahnya usia. Maka itu, ukur kakimu setidaknya setahun sekali ketika kamu sedang ingin berbelanja sepatu.

Untuk memperbaiki masalah ini:
• Berinvestasilah dalam sepadang sepatu yang berkualitas baik, solid dengan sol sepatu yang bertekstur dan penopang pergelangan kaki. Belilah pula sepatu baru secara teratur, setiap 6 sampai 8 bulan sekali.
• Usahakan untuk membeli sepatu di sore hari. Karena kaki cenderung membengkak sedikit setelah kamu sudah berjalan-jalan di sebagian besar hari, kamu tentu ingin membeli sepatu yang terasa nyaman mulai dari pagi sampai malam.
• Ketika belanja untuk sepasang sepatu, pastikan untuk mencoba di kedua sepatu dan berjalan beberapa langkah.
• Bersamaan dengan sepatu, cari pula kaus kaki yang datang dengan bantalan khusus di daerah tertentu, seperti daerah jari kaki dan tumit.
• Jika diperlukan, konsultasikan ke ahli penyakit kaki untuk membantu memilih jenis alas kaki yang tepat.

Kehamilan

Sakit kaki adalah salah satu gangguan ringan selama kehamilan yang sering dikeluhkan, seperti halnya morning sickness, pinggang kaku, kelelahan dan kecapekan. kaki dan betis cenderung untuk lebih merasa lelah karena meningkatnya berat badan. Seiring berat badan yang naik terus, pusat gravitasi wanita hamil benar-benar berubah. Hal ini menyebabkan adanya tekanan tambahan pada lutut dan kaki. Nyeri kaki juga sering bertambah buruk seiring bertambahnya masa kehamilan, terutama selama trimester kedua dan ketiga.

Hal yang baik tentang nyeri kaki dan pembengkakan selama kehamilan adalah bahwa mereka akhirnya bisa hilang setelah melahirkan. Sementara itu, untuk memperbaiki masalah ini solusinya adalah:
• Jaga agar kakimu tetap terangkat sesering yang kamu bisa.
• Minum banyak cairan, karena dehidrasi dapat memperburuk pembengkakan serta rasa sakit.
• Tingkatkan sirkulasi di pergelangan kaki dengan latihan rotasi.
• Dengan kaki terangkat naik, tempatkan kompres dingin pada kaki Anda selama 15 sampai 20 menit, 2 atau 3 kali sehari.

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam bisa menyebabkan sensasi berdenyut yang menyakitkan, dan biasanya menyerang bagian jempol jari kaki. Sebuah kuku yang tumbuh ke dalam terjadi ketika tepi sisi kuku melengkung ke bawah dan masuk ke dalam kulit kaki, menyebabkan rasa sakit yang membuatmu menyadari bahwa kondisi kaki tidak sepeti biasanya. Memakai sepatu yang terlalu sesak atau terlalu sempit dapat memperburuk kuku yang tumbuh ke dalam.

Untuk memperbaiki masalah ini:
• Nikmati rendaman kaki dengan air hangat beberapa kali sehari untuk mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan nyeri. Untuk meningkatkan efektivitas, tambahkan sedikit garam Epsom atau cuka sari apel ke dalam air.
• Setelah direndam, kamu dapat menggunakan kapas atau benang untuk mengangkat tepi kuku dengan lembut sehingga tidak tumbuh lebih lanjut ke dalam kulit.
• Kamu juga dapat memotong kukunya sendiri jika tidak terjadi infeksi.
• Jika terjadi kasus infeksi, selalu temui dokter atau ahli penyakit kaki.
• Untuk mencegah masalah ini terjadi di kemudian hari, selalu potong kuku kaki secara lurus dan jangan menyudut ke bawah.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2