Alasan Mengapa Kamu Memiliki Terlalu Banyak Pakaian

by Ummi on September 18, 2016

Pernahkah kamu menyadari? Ternyata lemari pakaianmu terasa sangat penuh sesak namun kamu masih merasa seperti kamu tidak punya apa-apa untuk dipakai, maka kamu mungkin memiliki terlalu banyak baju di lemari sehingga kamu bngung mau memakai yang mana. Ada banyak sekali alasannya mengapa, berikut akan kami ulas beberapa alasan mengapa kamu memiliki terlalu banyak pakaian:

Kamu suka sekali belanja

Salah satu alasan utama mengapa lemari terlalu penuh, karena kamu suka sekali belanja baju dan menikmati menciptakan pakaian yang indah dan masalah terbesar yang kamu hadapi adalah bahwa kamu tidak memiliki banyak waktu di akhir pekan untuk memakai semuanya sesering yang kamu mau.

Memang, ada sebagian wanita yang tipikal seperti itu, namun kecuali mereka sudah kehabisan ruang di almari, mereka biasanya sudah cukup senang dengan apa yang mereka punya. Nah, jika kamu termasuk salah satu diantaranya (penggila belanja), maka masih dapat membantu untuk mengurangi segalanya secara berkala dan menyisakan pakaian mana yang paling  menjadi favoritmu. Mengapa tidak melakukan ini setiap empat bulan sekali? Kamu bisa melakukan donasi pakaian, memberikannya ke orang lain, saling tukar pakaian dengan teman-teman, atau setidaknya pack item yang jarang dipakai untuk melihat apakah kamu benar-benar merindukan mereka.

Kamu mungkin masih membutuhkannya suatu hari nanti

Kamu memiliki banyak pakaian yang jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali dipakai. Kamu bahkan mungkin tidak yakin apakah kamu menyukainya atau pakaian itu pas untukmu, namun yang kamu butuh adalah jika suatu saat itu bisa dipakai. Tidak! Jika kamu tidak bisa mengenakannnya saat ini, (dan terutama kamu tidak menyukainya), maka keluarkan baju itu dari lemari, (masukkan dalam kardus jika kamu tidak bisa menyingkirkannya sama sekali). Dan jika kamu belum yakin apakah baju itu pantas disimpan, maka minta pendapat orang lain. Kamu tidak akan percaya perasaan lega yang akan kamu rasakan jika kamu melakukannya. Ingat, tidak ada ruangan di lemarimu untuk sesuatu yang tidak kamu suka.

Itu adalah baju pemberian orang lain

Ada orang-orang yang merasa senang tentang baju pemberian orang lain, namun selama itu masih cocok untukmu. Maksudnya, benar-benar bekerja untukmu! Pakaian gratis dan nyaman bukanlah termasuk  kriteria yang paling penting untuk dipertimbangkan. Sebelum kamu memutuskan untuk menyimpannya dan memakainya, maka kamu harus bertanya dulu pada dirimu sendiri pertanyaan-pertanyaan ini untuk sebagai permulaan : Apakah warnanya bagus? Apakah baju itu sesuai atau pantas (dan akan kamu) permak? Apa kamu dapat membuat pakaian lengkap dari itu? Jika tidak dapat lulus tes, maka lebih baik singkirkan!

Berat badanmu naik turun (fluktuatif)

95% wanita (terutama yang berusia di atas 40) biasanya memiliki pakaian dengan lebih dari 1 ukuran karena berat badan yang turun naik. Memang itu tidak apa-apa, tapi yang bermasalah adalah bagaimana kamu menyimpan semua ukuran dalam satu lemari yang sama. Isi lemari utamamu dengan sebatas pakaian yang pas untukmu saat ini saja untuk penggunaan harian. Sedangkan yang lainnya, simpan di lemari lain atau kemas dulu sampai mereka pas untuk kamu kenakan.

Mengenang masa lalu

Apakah kamu masih memiliki baju-baju lama di lemarimu mulai dari tahun 90 an, atau bahkan 80 an?lemari pakaian adalah untuk menyimpan baju-baju yang lebih modern. Menilai apakah lemari pakaianmu bertujuan untuk menangani kebutuhan gaya hidup saat ini sangat penting. Bergantung ke hal-hal yang dulu pernah digunakan akan membuatmu terjebak dalam liang dan tidak akan membantumu merasa seperti dirimu apa adanya lagi. (Dan, kata khusus tentang energi pakaian : Jika beberapa pakaian masa lalumu berasal dari momen yang menyakitkan atau tidak menyenangkan di masa lalu, maka ada lebih banyak alasan untuk segera menghapusnya. Kamu tidak perlu untuk menjaga energi tersebut tetap hidup di lemari – itu hanya akan mengurasmu).