‚Č° Menu
werno-werno.com

Alasan Mengapa Kamu Selalu Merasa Lapar

Kelaparan adalah musuh terburuk bagi setiap pelaku diet atau orang yang sadar akan kesehatan. Kelaparan yang sehat adalah sinyal bahwa tubuh Anda membutuhkan beberapa jenis bahan bakar untuk bisa berfungsi dengan baik. Di sini, bahan bakar yang dimaksud berarti makanan. Jika Anda tidak makan, maka merasa lapar adalah hal yang normal. Tapi jika Anda sudah makan makanan dan Anda merasa terlalu merasa lapar sebelum jam makan berikutnya, maka jangan menganggap enteng masalah ini. Merasa lapar sepanjang waktu bukanlah pertanda baik.

penyebab lapar

Berbagai alasan medis bisa jadi berada di balik rasa lapar yang tidak perlu. Dalam kasus seperti itu, Anda perlu mengatasinya sesegera mungkin untuk mencegah konsekuensi kesehatan yang lebih serius. Berikut adalah beberapa alas an mengapa selalu merasa lapar sepanjang waktu ;

Kurang Tidur

Orang yang tidur dengan gelisah dan mereka yang mengalami kesulitan untuk tidur 7 sampai 8 jam setiap hari bisa merasa lapar sepanjang waktu. Suatu malam yang membuat kita susah tidur dapat mempengaruhi dua hormon yang terkait dengan nafsu makan. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan kadar ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan, serta tingkat penurunan leptin, hormon yang menyebabkan perasaan kenyang. Sebuah studi tahun 2013 yang dipublikasikan di Nature Communications menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan pemilihan makanan yang paling mampu memicu kenaikan berat badan.

Seiring dengan merasa lapar, gejala kekurangan tidur lainnya diantaranya  perubahan mood, kecanggungan, tidak awas, bertambahnya tingkat kecelakaan, dan kenaikan berat badan. Upayakan agar bias tidur selama 7 sampai 8 jam semalam. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan tingkat energi kembali dan hormon kelaparanmu bias kembali ke jalur semula.

Stress berlebihan

Selama mode pertarungan atau penerbangan, hormon kortisol tubuh akan meningkat. Hormon ini akan meyakinkan tubuh Anda untuk makan. Sebenarnya, kortisol membuat Anda mendambakan gula dan makanan berlemak tinggi. Makan lebih banyak selama stres tidak akan mengurangi emosi atau kecemasan yang negatif, namun justru memicu kebutuhan untuk makan lebih banyak dan menyebabkan kenaikan berat badan dan lebih banyak masalah kesehatan.

Sebuah penelitian tahun 2001 yang dipublikasikan di Psychoneuroendocrinology melaporkan bahwa respons psiko-fisiologis terhadap stres dapat mempengaruhi perilaku makan selanjutnya. Seiring waktu, perubahan ini bisa berdampak pada berat badan dan kesehatan. Sebuah studi tahun 2008 oleh UT Southwestern Medical Center melaporkan bahwa beberapa orang yang stres atau depresi makan berlebihan karena hormon kelaparan germelin meningkat di tubuh mereka. Untuk mengatasi stres, berolahragalah dan bermeditasi. Bahkan mendengarkan musik pun bisa membantu mengendalikan tingkat stres Anda.

Masalah Tyroid

Kelaparan berlebihan juga terkait dengan hipertiroidisme, penyakit umum yang mempengaruhi tiroid. Jika tiroid Anda terlalu aktif, itu berarti Anda menderita hipertiroidisme. Bila kadar hormon tiroid terlalu tinggi, fungsi vital tubuh akan meningkat dan Anda membakar energi lebih cepat dari yang diinginkan. Seiring perkembangan tubuh Anda secara metabolisme, ini akan meningkatkan rasa lapar sebagai hasilnya.

Saat menderita hipertiroidisme, Anda tidak akan bertambah gemuk bahkan setelah makan terlalu banyak. Sebaliknya, kamu mengalami penurunan berat badan akibat kamu membakar kalori pada tingkat yang jauh lebih cepat. Selain perubahan nafsu makan dan kelenjar tiroid yang membesar, tanda-tanda hipertiroid lainnya termasuk denyut nadi yang cepat, mata melotot, merasa gugup, berkeringat berlebihan, lemah otot dan merasa haus bahkan setelah minum air putih.

Gula darah rendah

Gula darah yang rendah, atau disebut hipoglikemia, berarti glukosa dalam tubuh Anda telah turun ke tingkat yang sangat rendah. Gula darah rendah bisa membuat Anda lapar. Otak membutuhkan energi agar berfungsi dan glukosa diterima oleh otak sebagai bahan bakar. Jadi saat gula di aliran darah Anda turun, begitu juga kekuatan otak Anda. Otak kemudian mulai memberi isyarat bahwa tubuh Anda membutuhkan bahan bakar, maka Anda mulai merasa lapar. Bagi orang yang menderita gula darah rendah, istilah baru “hangry” digunakan, yang berarti keadaan lapar yang membuat Anda marah.

Dalam sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, para periset menemukan bahwa pasangan suami istri semakin marah dan bertengkar terhadap satu sama lain saat tingkat gula darah mereka rendah. Selain kelaparan, gejala gula darah rendah lainnya termasuk kecemasan, kulit pucat, berkeringat, kesemutan di sekitar mulut dan perasaan umum tidak sehat. Gula darah rendah adalah masalah umum bagi penderita diabetes, namun orang dengan masalah kesehatan lainnya seperti hepatitis, gangguan ginjal, dan masalah dengan kelenjar adrenal atau kelenjar pituitari juga dapat mengalami masalah ini.

Diabetes

Baik Diabetes Tipe 1 maupun Tipe 2 dapat menyebabkan rasa lapar yang sering terjadi. Dalam keadaan normal, tubuh mengubah gula dalam makanan menjadi bahan bakar yang disebut glukosa. Tapi jika Anda menderita diabetes, gula dari makanan yang Anda makan mungkin tidak masuk ke jaringan Anda untuk memberi energi. Hal ini dapat menyebabkan otot dan jaringan lain membuat Anda menginginkan lebih banyak makanan.

Selain lonjakan nafsu makan Anda, gejala diabetes lainnya adalah haus yang ekstrem, sering buang air kecil, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, penglihatan kabur, luka dan memar yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh, sensasi kesemutan di tangan atau kaki, dan kelelahan konstan. Apakah Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, penting untuk menjaga tingkat gula darah tetap terkendali atau akan berdampak negatif terhadap organ tubuh yang berbeda.

Cacingan

Terkadang, kelaparan yang berlebihan bahkan setelah makan makanan tepat waktu bisa menjadi tanda awal adanya serangan cacing di usus. Cacing, terutama yang seperti cacing pita atau cacing kremi, dapat hidup dalam jangka waktu lama tanpa Anda memiliki pengetahuan tentang hal itu. Cacing akan merampok semua nutrisi penting tubuh, sehingga membuat Anda lapar lebih sering dari biasanya.

Karena mengalami cacingan, seseorang mungkin memiliki rasa lapar yang kuat terutama pada pagi hari dan mungkin juga tidak pernah merasa puas atau kenyang setelah makan. Jika Anda merasa lapar lebih sering dikombinasikan dengan penurunan berat badan, maka sudah saatnya menemui dokter Anda.

Sindrom Pra Menstruasi (PMS)

Wanita yang akan dating bulan juga dapat melihat adanya peningkatan nafsu makan. Perubahan hormonal yang terus berlanjut di tubuh yang terjadi selama paruh kedua siklus menstruasi dan akan hilang dalam waktu 1 sampai 2 hari setelah menstruasi dimulai ini dapat membuat Anda merasa lapar setiap saat.

Juga, suhu basal tubuh akan naik selama waktu ini, yang selanjutnya mempengaruhi nafsu makan Anda. Selain merasa lapar, wanita dengan sindrom pramenstruasi (PMS) juga cenderung merasa lelah dan mengalami dehidrasi. Gejala lainnya termasuk kembung, sakit kepala, nyeri payudara, perubahan mood, kelelahan dan masalah tidur. Untuk mengelola mengidam makanan sebelum menstruasi, makanlah makanan kaya protein di setiap makan dan minimalkan asupan karbohidrat olahan dan gula.

Kehamilan

Banyak calon ibu yang mengalami peningkatan nafsu makan, dan itu bukanlah hal yang buruk. Sebenarnya, peningkatan nafsu makan membantu memastikan bahwa bayi mendapat cukup nutrisi untuk tumbuh. Ini normal untuk mengalami kenaikan berat sekitar 4 sampai 6 kilogram selama trimester pertama, lalu 1 pon per minggu selama trimester kedua dan ketiga. Namun, nafsu makan meningkat selama kehamilan bukan berarti memberi Anda lampu hijau untuk makan apapun yang Anda inginkan. Kebutuhan kalori meningkat selama kehamilan, tapi Anda juga perlu makan sehat. Makanlah makanan sehat, sayuran hijau, buah segar dan kacang-kacangan. Hindari makanan olahan dan diperkaya dan terlalu banyak gula. Mengkonsumsi makanan utuh yang kaya nutrisi akan membuat Anda dan bayi Anda tumbuh sehat. Ini juga akan membuat Anda cenderung tidak makan berlebihan.

0 comments… add one

Leave a Comment