Alat Perawatan Kuku Yang Wajib Kamu Punya

by Ummi on August 25, 2016

Sebagai seorang cewek, tentu harus pintar-pintar dalam merawat serta memperhatikan kecantikan dan kesehatan seluruh anggota tubuh. Selain wajah, bagian tubuh yang penting untuk mendapatkan perhatian khusus adalah kuku-kuku baik di bagian tangan maupun kaki. Itulah mengapa, ritual manicure dan pedicure menjadi salah satu perawatan yang wajib dilakukan oleh sebagian besar wanita masa kini.

jenis alat perawatan kuku

Ada banyak sekali jenis peralatan, cat kuku, dan perawatan yang bisa kamu beli untuk ritual manicure, pedicure, dan perawatan kuku secara umum. Nah, agar lebih praktis, berikut akan kami ulas tentang peralatan kuku dasar yang harus kamu cari di setiap toko kebutuhan kecantikan :

Aseton

Ini adalah bentuk paling murni dari bahan utama dalam kebanyakan produk nail polish remover (penghilang cat kuku). Aseton adalah bahan kimia kuat yang yang diencerkan bila digunakan untuk cat kuku biasa, tapi harus digunakan dengan kekuatan penuh untuk melarutkan cat kuku bentuk gel.

Base coat (lapisan dasar)

Base coat digunakan untuk melindungi dan mempersiapkan kuku. Jika kamu memiliki kuku yang mudah terkelupas, kamu bia menggunakan base coat untuk menguatkan mereka. Jika kamu memiliki kuku yang bergerigi, kamu dapat menggunakan base coat untuk menghaluskan mereka dan mengisi permukaan sebelum diberi cat kuku. Jika kamu memiliki kuku yang kering, kamu dapat menggunakan base coat yang melembabkan, dan jika kamu memiliki kuku yang ┬ámudah retak, kamu dapat menggunakan base coat yang “lengket” untuk membantu cat kuku agar merekat kuat.

Buffer (pengikir)

Buffer adalah layaknya pengikir kuku yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian atas kuku (permukaan) bukan di sepanjang ujung kuku. Buffer biasanya memiliki grit yang lebih lembut daripada pengikir kuku tradisional, karena mereka dimaksudkan untuk menghaluskan dan meratakan kuku, bukan hanya menghapus volume seperti pengikir kuku biasanya.

Clipper (pemotong kuku)

Pemotong kuku adalah peralatan kuku yang paling mendasar yang harus dimiliki setiap orang. Simpan selalu satu buah clipper untuk memotong kuku yang memanjang, dan simpan satu di tasmu untuk jaga-jaga jika terjadi hangnail (kulit di tepi kuku yang tersiat sedikit), karena clipper bisa dengan mudah memotong kulit yang tersiat tanpa harus merobek atau menariknya.

Cuticle nipper (penjentik kutikula)

Sebuah nipper kutikula adalah alat yang dirancang untuk memotong kelebihan kulit di sekitar kutikula. Setelah kamu mendorong kembali kutikula, maka akan mudah untuk melihat di mana kulit ekstra melebar. Dengan menggunakan tekanan ringan, cukup tempatkan nipper kutikula di sepanjang kulit kutikula dan remas pegangannya untuk mengambil kelebihan kutikula, hati-hati untuk tidak menerapkan terlalu banyak tekanan.

Cuticle pusher (pendorong kutikula)

Entah kamu memilih untuk menggunakan stik kayu atau stik logam, pendorong kutikula adalah alat penting untuk mendorong kembali kutikula, yang terus tumbuh di atas kuku. Akan lebih baik jika kamu membasahi dan melembutkan kutikula sebelum mendorong mereka kembali, karena ini akan membuatnya lebih mudah. Gunakan tepi yang rata dari stik dengan lembut untuk mendorong kutikula kembali ke pangkal kukumu.

Cuticle remover (penghilang kutikula)

Penghilang kutikula adalah gel kimia yang membantu melarutkan kelebihan kulit. Umumnya, mereka diterapkan hanya di sepanjang kutikula selama 1-5 menit, tergantung pada formulanya, dan kemudian dibilas. Kamu juga dapat menerapkan remover kutikula dan kemudian merendam tanganmu ke dalam air hangat sementara kamu menunggu.

Polish (cat kuku / kutek)

Ini merupakan produk industri kuku yang paling penuh warna, menyenangkan, dan menjadi pokok. Cat kuku telah melalui banyak update dan perubahan, mulai dari warna yang tidak pernah  kamu bayangkan bahwa itu akan ada hingga formula yang akan merubah caramu dalam mengoleskan cat kuku pada umumnya.

Polish remover (penghilang cat kuku)

Nail polish remover hadir baik dalam formula yang berbasis aseton ataupun non-aseton. Keduanya bekerja dengan cara yang sama, yakni dengan melarutkan cat kuku sehingga bisa dihapus. Jika kamu mau menghilangkan cat kuku bentuk gel, kamu harus menggunakan aseton murni (tanpa dicampur) dalam rangka untuk menghilangkannya , namun cat kuku biasa bisa dihilangkan dengan remover jenis apapun.

Top coat (lapisan atas)

Top coat akan mengunci cat kukumu dan menambahkan sentuhan akhir yang berkilau. Jenis top coat bervariasi, mulai dari yang tipis, bertekstur hampir seperti minyak, hingga yang memberi sentuhan akhir yang tebal dan seperti gel.