Aneka Resep Menu Makan Siang Hemat & Bergizi

by Ummi on August 31, 2014

Menu sarapan pagi simpel & bergizi memang tidak terlalu membutuhkan biaya yang cukup mahal, beda dengan menu makan siang yang biasanya pengennya macem-macem, jadi butuh merogoh kocek lebih dalem. Tapi,  apabila anggaran makan siang kamu sedang mepet, mulailah beralih ke pilihan menu sayuran, tahu, tempe dan ikan. Untuk minuman jangan tergoda dengan menu jus buah atau es campur yang begitu menggiurkan. Pilih saja air putih, es teh tawar yang lebih ekonomis serta lebih menyehatkan karena bebas dari gula.

menu sayur bening

Sementara untuk buah-buahan, kamu bisa mengkonsumsi jeruk, pisang dan pepaya yang harganya lebih merakyat. Dengan pilihan menu yang mengandung protein nabati lantaran lebih banyak sayur dan buah-buahan segar akan membuat tubuh sehat dan tentunya dompet kamu tidak kempes.

Menu makan siang yang hemat dan bergizi sangatlah mudah kamu racik sendiri, ataupun jika tidak sempat memasak, kamu juga bisa menjumpai makanan-makanan sederhana itu di warung-warung nasi. Menu-menu makanan itu antara lain;

  • Sayur bening

Bahan; 1 ikat bayam, 2 buah oyong/ gambas, 2 buah wortel, 2 buah temu kunci, 5 lembar daun salam, ½ sdm garam, jagung muda, 1 sdm gula pasir (bisa diganti dengan 2 sdm parutan gula merah) dan 700 ml air. Bumbu iris; bawang merah dan bawang putih

Cara membuat; bersihkan bayam, pisahkan daun bayam dari batangnya, kemudian sisihkan. Bersihkan oyong kemudian potong-potong dan sisihkan. Bersihkan wortel lalu potong-potong dan sisihkan.  Didihkan air, masukkan wortel, bumbu iris, daun salam dan temu kunci, masak hingga setengah matang. Masukkan oyong, rebus sebentar. Masukkan bayam, garam, dan gula. Masak hingga bayam layu dan cukup matang. Siap disajikan.

Manfaat sayur bayam; khasiat bayam dalam sayur bening ini dapat menjaga kesehatan mata, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah anemia dan khususnya bagi ibu hamil, sayur ini berkhasiat mencegah anak terlahir cacat.

  • Tumis kangkung

Bahan; 2 ikat kangkung, 2 lembar daun salam, 4 cabai merah. Bumbu halus; 5 butir bawang merah, 4 butir bawang putih, 4 butir kemiri, 1 cm jahe, 2 cm lengkuas, ½ sdm terasi, 1 sdm gula merah, 1 sdm garam.

Cara membuat; tumis bumbu sampai harum. Masukkan irisan cabai merah dan daun salam. Masukkan kangkung, kemudian aduk sampai bumbu merata dan biarkan sampai kankung matang.

Khasiat sayur kangkung; kangkung kaya akan kandungan mineral dan serat, terutama pada bagian batangnya sehingga baik untuk mengatasi sembelit. Selain itu, kangkung juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan sulit tidur, mimisan, dan keracunan makanan.

  • Orek tempe

Bahan; tempe 300 gr yang sudah dipotong kecil-kecil, 3 siung bawang putih, iris halus. 7 buah cabai hijau besar, iris kasar. Petai, iris tipis-tipis. 2 lembar daun salam. 1 ruas lengkuas, 250 cc air, 8 sdm kecap, garam dan gula secukupnya. Minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat; tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai, salam, lengkuas, dan petai lalu aduk rata. Masukkan potongan tempe, aduk rata lalu tambahkan air dan kecap. Biarkan hingga mendidih. Kecilkan api kemudian tambahkan garam dan gula secukupnya. Masak hingga air susut. Angkat dan sajikan hangat.

Manfaat orek tempe; khasiat dari makanan yang dibuat dari bahan dasar tempe tak lepas dari gizi yang terkandung dari tempe itu sendiri. Tempe termasuk bahan makanan yang mengandung vitamin B kompleks, di antaranya vitamin B12 yang berguna untuk pembentukan butir-butir darah merah. Tak hanya itu aja, tempe juga bisa menormalkan kadar kolesterol dalam darah..