Antioksidan Terbaik Untuk Kesehatan Kulitmu

by Ummi on May 27, 2015

Proses oksidasi alami dari tubuh kita akan menciptakan yang namanya ‘radikal bebas’. Dan seiring bertambahnya usia, molekul ini akan semakin merusak dan terkadang membunuh sel-sel tubuh dengan cara mengambil elektron dari sel, sehingga mengubah struktur dan fungsi dari sel tadi. Antioksidan berfungsi untuk melawan kerusakan sel dengan cara memberikan elektron kepada radikal bebas.

manfaat antioksidan untuk kulit

Selain kamu bisa menggunakan suplemen atau produk tertentu yang mengandung antioksidan, kamu juga bisa mendapatkan sumber antioksidan terbaik dari makanan. The National Center for Complementary and Alternative Medicine di Amerika menhimbau agar kita hati-hati dalam menggunakan antioksidan sintetis (tidak alami). Studi yang lebih dalam masih perlu dilakukan berkaitan dengan tingkat keberhasilannya, dan apa pengaruhnya jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan.

Maka dari itu, lebih baik konsumsilah makanan alami yang mengadnung antioksida untuk memperoleh manfaat antioksidan yang lebih optimal dan aman dari efek samping. Berikut adalah beberapa sumber antioksidan terbaik untuk kesehatan kulitmu :

Beta-Karoten dan Vitamin A

Saat sudah berada di dalam tubuh, beta karoten akan dirubah menjadi vitamin A, yang sangat penting untuk menjaga membran mucus dan kulit tetap sehat. Universitas Maryland Medical Center menduga bahwa beta karoten adalah sumber vitamin A yang aman, karena tubuh akan berhenti merubah beta-karoten dengan sendirinya saat tubuh sudah tidak membutuhkan vitamin A lagi. Meminum vitamin A dalam bentuk suplemen bisa menyebabkan konsekuensi negatif karena tubuhmu mungkin akan menerima lebih banyak vitamin diatas jumlah aman yang bisa ditangani.

Buah dan sayur berwarna kuning dan oranye seperti wortel, blewah, dan labu kuning adalah contoh sumber yang baik dari beta karoten. Berdasarkan situs dari University of Michigan Health System, beta-karoten yang didapat dari sumber alami akan jauh lebih efektif dalam melindungi kulit, khususnya dari sengatan sinar matahari. Ahli kulit biasanya akan meresepkan vitamin A turunan dalam bentuk oles yang disebut Retinoid untuk mengobati jerawat. Retinoid juga bisa berguna dalam mengobati tanda-tanda penuaan dini dan kulit yang rusak akibat sinar matahari. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahawa vitamin A bisa merangsang produksi kolagen dan mengurangi Metalloproteinase matriks yang disebabkan oleh penuaan alami dan kerusakan akibat sinar matahari. Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi keamanan vitamin A dan beta karoten, serta pengaruhnya pada kulit.

Selenium

Selenium adalah mineral dan antioksidam yang akan bekerja secara optimal saat dikombinasikan dengan vitamin E. Selenium dalam kadar tinggi bisa ditemukan di kacang Brazil, hati, kerang, tuna, gandum, dan ragi. Namun, hati-hatilah saat memakai suplemen selenium. Universitas Maryland Medical Center memperingatkan bahwa hal tersebut bisa saja meningkatkan resikomu terserang Diabetes. Selenium juga tersedia sebagai obat oles yang dapat melindungi kulitmu dari kerusakan akibat matahari dan kerutan. Salah satu bentuk lain, yakni selenium sulfide hadir dalam bentuk losion atau krim. Ini biasanya digunakan dalam mengobati panu, semacam jamur yang mempengaruhi tampilan kulit. Dalam bentuk shampoo, selenium berguna untuk melawan ketombe dan seborrheic dermatitis, suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi mengelupas dan bersisik di daerah yang berminyak.

Vitamin C

Vitamin yang larut dalam air yang berbasis tumbuhan ini penting untuk tubuh agar bisa memproduksi kolagen dan memperbaiki jaringan kulit. Vitamin C sangat berguna karena penurunan produksi kolagen dikaitkan dengan kulit yang mulai menua. Kekurangan vitamin C akan menghasilkan kulit yang kering, kasar dan mudah memar. Kamu bisa meminum suplemen vitamin C atau mendapatkannya dari memakan blueberry, tomat, stroberi, jeruk, nanas, cranberry, kentang, dan brokoli. Sebuah studi yang terbit dalam Journal of the American Academy of Journalism menyimpulkan bahwa vitamin C oles juga bisa memberikan perlindungan dari penuaan kulit. ini biasanya akan lebih efektif saat dikombinasikan dengan vitamin E.