≡ Menu
werno-werno.com

Antioksidan VS Radikal Bebas

Antioksidan akan menghisap radikal bebas. Mereka melakukannya dengan menetralisir pengisian elektronik radikal bebas. Radikal bebas bisa membahayakan tubuhmu, dengan membuat sel-sel tubuh menjadi kurang stabil. Dengan cara tersebut, radikal bebas membuat tubuhmu ‘menua’. Bahkan mereka juga berperan penting dalam berbagai jenis gangguan yang berbeda, mulai dari Alzheimer hingga katarak. Antioksidan akan memerangi radikal bebas agar tetap menjaga zat yang berbahaya ini menjauh dari tubuhmu sebisa mungkin. Lalu apa sebenarnya radikal bebas itu ? apa pula antioksidan ? dan bagaimana cara kerja antioksidan? berikut ulasan lengkapnya:

fungsi antioksidan

Radikal bebas

Radikal bebas bisa dengan mudah bereaksi dengan molekul lain di dalam tubuh karena mereka terdiri dari elektron yang tidak berpasangan. Bayangkan saja setiap elektron yang tidak berpasangan tersebut sebagai lem yang lengket dan siap untuk menempel serta berhubungan dengan zat lain. Karena sifat reaktif mereka ini, radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh dengan cara bereaksi dengan molekul dalam membran sel. Radikal bebas yang berbasis oksigen (udara) bisa  menyebabkan bahaya yang terbesar. Selain itu, molekul ini juga berasal dari sumber yang bercakupan luas, mulai dari makanan yang digoreng hingga polusi udara. Bahkan, proses metabolisme tubuhmu sendiri juga bisa menciptakan radikal bebas.

Antioksidan

Istilah antioksidan bisa berlaku untuk berbagai macam zat, termasuk beberapa jenis vitamin dan mineral. Zat-zat ini akan menetralisir radikal bebas dari tubuh. Sebenarnya tubuh kita juga memproduksi antioksidan, namun kamu juga bisa meningkatkan jumlahnya dalam system tubuhmu melalui makanan yang kamu makan. Antioksidan meliputi vitamin C dan mineral Selenium. Namun, menurut Human Nutrition Center on Aging di Tufts University, menuturkan bahwa dua jenis antioksidan terkuat adalah Flavonoid dan Karotenoid. Senyawa ini bisa terdapat pada beragam makanan seperti coklat pekat dan wortel.

Cara kerja Antioksidan melawan radikal bebas

Antioksidan memerangi radikal bebas dengan cara memberikan radikal bebas elektron antioksidan sendiri. Proses ini akan menetralisir molekul radikal bebas. Jadi, saat radikal bebas masuk melalui tubuh, mereka tidak akan lagi mencoba untuk memasangkan atau berhubungan dengan molekul lain dalam membran sel, sehingga sel tubuh tidak akan rusak dan tetap utuh. Tidak seperti radikal bebas, ketika sebuah molekul antioksidan kehilangan elektronnya(karena diberikan pada radikal bebas), mereka tidak akan mencoba mengais elektron dari molekul sekitarnya yang ada dalam tubuh. Hal inilah yang membuat antuoksidan sebagai zat yang tidak berbahaya dan  tidak reaktif.

Bahan pertimbangan

Jenis antioksidan yang berbeda, akan membantu memerangi berbagai bentuk radikal bebas. Jadi, tidak ada yang namanya satu jenis antioksidan saja mampu melawan semua radikal bebas sendirian, walaupun itu adalah klaim dari beberapa perusahaan makanan kesehatan. Ini salah satu alasan mengapa kamu harus makan berbagai buah dan sayur dengan jenis dan warna yang berbeda. Contohnya saja, sayuran berwarna oranye seperti wortel cenderung mengandung antioksidan jenis karotenoid. Disisi lain, antioksidan jenis Lutein dengan konsentrasi yang tinggi terdapat  pada sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam. Jadi, ada banyak jenis antioksidan yang bisa digunakan untuk melawan radikal bebas.

3 comments… add one

Leave a Comment